Cara Mudah Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Secara Gratis

Windows 11

Beberapa bulan yang lalu, Microsoft Resmi Mengumumkan kehadiran Windows 11, sistem operasi teranyar penerus Windows 10. Dan akhirnya pada 5 Oktober 2021 kemarin, menjadi tonggak sejarah Windows karena Microsoft resmi meluncurkan Windows 11 untuk beberapa pengguna melalui upgrade sistem secara gratis.

Dilansir dari halaman Blog Microsoft, mulai 5 Oktober kemarin perangkat yang sebelumnya membawa Windows 10 secara default akan menjadi yang pertama mendapatkan notifikasi upgrade ke Windows 11. Selain itu, sejumlah perangkat baru yang akan dijual di pasaran juga akan menggunakan Windows 11.

Untuk pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan upgrade Windows 11 akan muncul di menu Windows Update. Jika di perangkatmu update belum tersedia, kemungkinan update ini digulirkan secara bertahap.

Namun sebelum kamu mengecek update untuk Windows 11, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar bisa menginstal Windows 11.

Beberapa minimum syarat yang diperlukan tersebut diantaranya PC memiliki CPU 64-bit dual-core dengan kecepatan minimal 1 GHz. Perangkat juga harus memiliki RAM minimal 4GB dan ruang penyimpanan minimal 64GB, serta mendukung modul Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Baca juga:

Perlu diperhatikan, PC dengan CPU lama yang tidak lolos uji pembaruan secara resmi melalui update OTA atau Windows Update, bisa menginstal Windows 11 secara manual lewat file ISO Windows 11 selama memenuhi syarat minimum yang diperlukan.

Namun, jika komputer lama yang tidak memenuhi syarat minimum tapi tetap memaksa upgrade ke Windows 11, maka kedepannya perangkat tidak mendapatkan akses ke pembaruan Windows atau patch keamanan.

Cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 secara gratis:

  • Pertama, buka menu Settings melalui perangkat komputer kamu (PC Desktop atau Laptop).
  • Kemudian, pilih Update Windows.
  • Selanjutnya, klik Check for updates.
  • Jika update tersedia, maka kamu akan melihat banner notifikasi Upgrade to Windows 11 is ready.
  • Untuk mengunduh update Windows 11, klik Download and Install pada menu yang tersedia.
  • Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi Windows 11 selesai.
Cara Mudah Upgrade Windows 10 ke Windows 11 Secara Gratis

Sebagai informasi Windows 11 ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Perubahan yang paling menarik perhatian terlihat pada bagian taskbar, Start Menu dan icon shortcut pada Taskbar yang kini tidak lagi ada pojok kiri, Microsoft menggesernya ke tengah sehingga mirip seperti di antarmuka MacOS.

Perubahan antarmuka juga terlihat pada icon pack yang baru untuk sistem yang dibuat lebih menarik, serta dukungan tema baru, widget baru, tampilan Settings baru, layout Snap Window baru, dan membawa desain transparansi pada jendela program yang lebih menarik dan menyatu kedalam sistem operasi.

Selain itu, tampilan antarmuka Windows Store juga dirombak agar tampil lebih menarik serta dukungan aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store yang nantinya dapat langsung dijalankan di Windows 11 tanpa perlu menggunakan emulator khusus.

Baca juga:
Post a Comment (0)