--> Skip to main content

Windows 11 Resmi Diperkenalkan, Tampil dengan Desain Baru yang Lebih Segar


Windows 11

Beberapa hari lalu dunia maya sempat dihebohkan dengan beredarnya bocoran file installer ISO Windows 11 dan bebarapa pengguna ada yang sudah mencobanya.

Kini, akhirnya Microsoft benar-benar resmi merilis Windows 11 dalam “What’s next for Windows” Event yang digelar tadi malam secara virtual.

Perombakan besar-besaran diusung sistem operasi penerus dari Windows 10 ini. Ya, Windows 11 kini tampil dengan desain yang lebih segar dan bersih. Selain itu, pembaruan juga terlihat pada fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, serta kini akhirnya Windows mendukung penuh aplikasi Android.

Perubahan yang paling menarik perhatian terlihat pada bagian antarmuka. Terutama di bagian taskbar, Start Menu dan icon shortcut pada Taskbar yang kini tidak lagi ada pojok kiri, Microsoft menggesernya ke sisi tengah sehingga mirip seperti di antarmuka MacOS.

Windows 11

Selain itu, perubahan antarmuka juga terlihat pada icon pack yang baru untuk sistem yang dibuat lebih cantik, dukungan tema baru, widget baru, tampilan Settings baru, volume bar baru, dan sejumlah perubahan tampilan termasuk membawa desain transparansi pada jendela program yang lebih menarik dan menyatu kedalam sistem operasi.

Windows 11

Windows 11 juga membawa fitur Snap untuk Window dengan pilihan beberapa layout yang akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela program dan mengaksesnya lebih cepat saat sedang melakukan multitasking.

Windows 11

Tak ketinggalan juga, tampilan toko aplikasi Windows Store. Tampilan Windows Store menjadi lebih bersih dan menarik dengan icon yang lebih minimalis dari versi sebelumnya.

Dukungan untuk Aplikasi Android

Dan yang paling ditunggu, akhirnya Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store.

Menariknya, aplikasi Android tersebut, seperti aplikasi media sosial dan game akan bisa langsung berjalan di Windows 11 tanpa perlu emulator khusus.

Windows 11

Selain itu, aplikasi Android tersebut nantinya akan bisa disimpan secara lokal, dimana kamu nantinya bisa Pin to taskbar atau di Start Menu untuk membukanya yang lebih cepat.

Kabarnya, Windows 11 hanya support untuk perangkat 64-bit saja, jadi besar kemungkinan Windows 11 sudah tidak lagi mendukung perangkat lama dengan arsitektur 32-bit.

Microsoft belum mengumumkan kapan Windows 11 akan dirilis. Sebab, Versi beta publik akan dirilis lebih dulu minggu depan.

Dan kabar baik bagi pengguna Windows 10 dengan lisensi resmi saat ini, Microsoft menjanjikan update Windows 11 akan tersedia gratis nantinya.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.