--> Skip to main content

Cara Cek Komputer yang Mendukung Windows 11


Windows 11

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas soal spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan Windows 11 karena memang versi Windows terbaru ini sangat berbeda dengan Windows 10 dalam masalah kompatibilitas perangkat.

Microsoft sendiri menjanjikan Windows 11 akan gratis bagi pengguna yang tentunya sudah memiliki lisensi resmi.

Dan kabarnya, Windows 11 diperkirakan akan mulai digulirkan untuk konsumen sekitar bulan November atau Desember 2021, dan akan berlanjut hingga awal tahun 2022.

Nah oleh karena itu, Jika nantinya kamu tertarik untuk upgrade Windows 11, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah komputer, baik laptop atau dekstop milikmu kompatibel atau bisa menjalankan Windows 11 atau tidak.

Untuk dapat mengecek kompatibilitas komputer yang dapat menjalankan Windows 11, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi gratis buatan developer rcmaehl bernama WhyNotWin11.

Aplikasi WhyNotWin11 merupakan tool sederhana untuk menganalisa apakah komputermu sudah mendukung Windows 11 atau tidak.

Meski begitu, informasi yang diberikan didalam aplikasi WhyNotWin11 ini cukup detail, sehingga nantinya kamu bisa mengetahui apa saja yang menyebabkan perangkatmu tidak mendukung Windows 11.

Oke langsung saja, pertama silakan download terlebih dahulu aplikasi WhyNotWin11 di Github melalui link berikut ini (pilih WhyNotWin11.exe). Oh ya, ukuran aplikasi WhyNotWin11 ini hanya sekitar 1 MB saja.

Setelah itu, silakan instal aplikasinya, dan sesaat setelah dibuka, aplikasi WhyNotWin11 akan menganalisa perangkat kamu, apakah sudah kompatibel dengan Windows 11 atau tidak, dan berikut adalah contoh hasilnya jika perangkatmu kompatibel.

WhyNotWin11

Dan berikut ini contohnya jika perangkatmu tidak kompatibel dengan Windows 11. Lengkap dengan detail informasi yang menjelaskan mengapa tidak kompatibel dengan Windows 11.

WhyNotWin11

Bagaimana? Sangat mudah bukan. Untuk detail informasi mengenai spesifikasi yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan Windows 11, kamu bisa membacanya di artikel Inilah Spesifikasi Minimum untuk Menjalankan Windows 11

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.