05 July 2018

Cara Simpan Status Foto dan Video WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan


Status Foto dan Video WhatsApp

Sejak dirilis pertama kali pada awal 2017 lalu, fitur Status di WhatsApp semakin banyak peminatnya. Hal tersebut karena seperti yang kita tahu, fitur yang sebenarnya "mengadopsi" fitur Stories milik Snapchat tersebut memungkinkan pengguna untuk dapat membagikan foto ataupun video singkat dan akan otomatis akan hilang setelah 24 jam.

Nah.. Agar status WhatsApp milik teman kita dapat kita lihat kembali sepuasnya di lain waktu, maka kita perlu menyimpan status WhatsApp di smartphone kita.

Dan di artikel kali ini, aku akan sedikit berbagi tips cara menyimpan status foto dan video WhatsApp tanpa aplikasi tambahan. Tentunya cara ini akan lebih menghemat memori internal karena kita tak perlu menginstal aplikasi tambahan.

Oke langsung saja, berikut ini caranya:

Pertama, tentu saja kamu harus melihat terlebih dahulu status WhatsApp temanmu hingga selesai.

Setelah itu, silakan buka aplikasi File Manager bawaan smartphone kamu. Dan pastikan aplikasi File Manager yang kamu gunakan dapat menampilkan file atau berkas tersembunyi.

Pada tutorial ini, aku menggunakan aplikasi File Manager bawaan MIUI dari smartphone Xiaomi. Jika kamu menggunakan aplikasi File Manager lainnya, kamu bisa cari opsi untuk menampilkan file tersembunyi melalui menu pengaturan.

Dan jika kebetulan kamu menggunakan aplikasi File Manager yang sama seperti yang aku pakai, silakan buka Setelan lalu aktifkan opsi “Tampil berkas tersembunyi” agar dapat menampilkan file status yang disembunyikan oleh WhatsApp.

MIUI File Manager

Selanjutnya, masuk ke root penyimpanan internal kemudian pilih folder WhatsApp -> Media.

Simpan Status Foto dan Video WhatsApp

Lalu pilih folder .Statuses. Nah, di dalam folder “.Statuses” inilah semua file status WhatsApp temanmu yang berupa foto maupun video berada.

Simpan Status Foto dan Video WhatsApp

Perlu diperhatikan, sebaiknya segera copy file status WhatsApp milik temanmu yang kamu inginkan ke lokasi atau folder lainnya agar dapat kamu lihat kembali sepuasnya di lain waktu. Karena jika status WhatsApp temanmu telah lebih dari 24 jam, maka file status yang ada didalam folder “.Statuses” juga otomatis akan hilang.

Selamat mencoba! ;)