20 January 2018

WhatsApp Business Resmi Dirilis di Indonesia — Inilah Berbagai Fitur Menariknya


WhatsApp Business

WhatsApp baru saja resmi merilis aplikasi pesan instan terbarunya yang bernama WhatsApp Business bagi pengguna Android di Indonesia. Selain Indonesia sebagai negara pertama di Asia, ada empat negara lainnya yang sudah bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Business ini, yaitu Italia, Inggris, Meksiko, dan Amerika Serikat. Sementara negara-negara lainnya segera menyusul dalam beberapa pekan ke depan.

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business lebih dikhususkan bagi para pebisnis yang bergerak di bidang UKM (Usaha Kecil dan Menengah) maupun perusahaan besar. WhatsApp Business dihadirkan agar lebih memudahkan komunikasi antara pebisnis dengan para konsumennya.

Baca juga:
WhatsApp Business memiliki icon yang berbeda dibanding WhatsApp versi reguler yang dikenal dengan icon "telepon". Pada WhatsApp Business ini, memiliki icon dengan huruf "B" kapital.

Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki berbagai fitur yang lebih menarik jika dibandingkan dengan WhatsApp versi reguler. Salah satunya seperti pengguna tetap bisa menginstal WhatsApp Business dalam satu perangkat, meskipun telah menggunakan WhatsApp versi reguler. Namun, pengguna harus mendaftarkan nomor yang berbeda untuk bisa menggunakan WhatsApp Business.

Nah, menariknya, pengguna bisa mendaftarkan nomor telepon rumah, kantor, maupun juga nomor ponsel di WhatsApp Business untuk keperluan verifikasi. Tentu, ini sangat berbeda dengan WhatsApp versi reguler yang hanya bisa menggunakan nomor ponsel untuk proses pendaftaran.

Lebih lanjut, pada WhatsApp Business ini, pengguna bisa memasukkan berbagai informasi tentang bisnisnya, seperti jam operasional, situs, lokasi, kategori bisnis, serta deskripsi singkat dari bisnis yang di kelola. Pengguna juga bisa membalas pesan secara otomatis dan dapat diatur untuk menyambut konsumen baru.

WhatsApp Business

Ada pula fitur bernama Labels, fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengkategorikan pesan masuk sehingga komunikasi dengan konsumen dapat lebih terorganisir. Pengguna pun juga bisa melihat statistik interaksi dengan konsumen.

Sama seperti di Twitter dan Instagram, akun yang telah terverifikasi di WhatsApp Business juga akan mendapatkan centang berwarna hijau yang tersemat di nama bisnis pengguna untuk menandakan jika bahwa benar-benar milik pengguna bisnis terkait.

Nah, bagi kamu yang ingin menggunakan WhatsApp Business untuk menunjang kegiatan bisnismu, WhatsApp Business dapat di unduh secara gratis di Google Play Store.