Skip to main content

Dukungan Windows 7 Berakhir Hari Ini, Begini Cara Upgrade ke Windows 10 Gratis!


Windows 10

Tepat pada hari ini, 14 Januari 2020, dukungan terhadap OS Windows 7 resmi dihentikan. Ya, Microsoft telah menghentikan pembaruan keamanan dan dukungan teknisnya terhadap sistem operasi yang pertama kali dirilis pada 22 Oktober 2009 silam tersebut.

Memang, meskipun telah dihentikan dukungannya, pengguna masih bisa menggunakan Windows 7 seperti biasanya. Namun untuk kedepannya, Windows 7 akan sangat rentan terhadap bug dan celah keamanan.

Microsoft sendiri sangat menyarankan agar pengguna Windows 7 untuk segera upgrade ke versi Windows paling mutakhir saat ini, yakni Windows 10. Dan kabar baiknya, Microsoft masih menawarkan upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Baca juga:
Nah, jika kamu yang kebetulan sampai sekarang masih menggunakan Windows 7, sebaiknya agar kamu segera upgrade ke Windows 10.

Namun perlu diperhatikan, upgrade gratis ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang memiliki lisensi Windows Original, baik itu Windows 7 maupun Windows 8.1. Jika kamu telah memilikinya, silakan simak tutorialnya berikut ini.

Cara upgrade ke Windows 10 secara gratis:

#1. Pertama, silakan download aplikasi Windows 10 Media Creation Tool melalui tautan ini, lalu klik tombol Download tool now.

Windows 10 Media Creation Tool

#2. Kemudian jalankan aplikasi Windows 10 Media Creations Tool, lalu klik Accept untuk menyetujui terms-nya. Selanjutnya pilih “Upgrade this PC now” dan klik Next.

Cara upgrade ke Windows 10

#3. Lalu Pilih "Keep personal files and apps" agar data pribadimu tidak hilang saat upgrade berlangsung, dan selanjutnya klik Install.

Cara upgrade ke Windows 10

Biasanya pada langkah ini akan sedikit lama, karena harus mendownload semua komponen yang diperlukan. Oleh karena itu, pastikan koneksi internet stabil serta kuota yang melimpah untuk memastikan proses upgrade berhasil.

Setelah proses download selesai, aplikasi Windows Media Creation Tool tersebut kemudian akan menginstal Windows 10 secara otomatis. Dalam proses ini, komputer kamu akan restart beberapa kali. Hal tersebut memang wajar, jadi jangan khawatir.

Cara upgrade ke Windows 10

Saat proses instalasi selesai, maka kamu akan dihadapkan dengan tampilan Windows 10. Dan selanjutnya, kamu perlu mengaktivasi ulang Wndows 10 dengan lisensi yang kamu miliki sebelumnya.

Caranya, buka menu "Settings" > "Update & Security" > "Activation". Lalu masukkan serial number Windows milikmu.

Itulah cara upgrade Windows 7 ke Windows 10 secara gratis. Jika kamu masih menggunakan Windows 7 Original, segaralah upgrade ke Windows 10. Mumpung masih ada kesempatan gratis!
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

Buka Kolom Komentar
Tutup Kolom Komentar