16 February 2019

Cara Ampuh Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Permanen


Cara Ampuh Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Permanen

Seperti yang telah kita ketahui, Windows 10 merupakan versi Windows termutakhir dengan segudang fitur terbaru didalamnya. Selain itu, sejak pertama kali dirilis hingga saat ini, Windows 10 sangat sering mendapatkan update untuk peningkatan keamanan, perbaikan bug, hingga penambahan fitur baru.

Namun disisi lain, seringnya mendapatkan update pada Windows 10 ini justru malah dikeluhkan bagi sebagian pengguna karena fitur Automatic Update di Windows 10 secara default tidak bisa dimatikan secara permanen seperti halnya di versi Windows sebelumnya.

Hal ini tentu saja mengakibatkan cukup banyak memakan kuota internet, apalagi bagi pengguna yang hanya mengandalkan paket internet berbasis kuota yang pas-pasan seperti aku ini. Hehehe.. 😂

Nah.. oleh karena itu, jika kamu kebetulan mengeluhkan hal yang sama, pada artikel ini aku akan memberikan tutorial bagaimana cara mematikan "paksa" fitur Automatic Update di Windows 10 secara permanen.

Di tutorial ini, kita akan menggunakan setting Disable Windows Update seperti yang ada di versi Windows sebelumnya dengan memunculkannya kembali melalui Registry Editor. Dengan begitu, maka kita dapat mematikan Automatic Update di Windows 10 secara permanen.

O,iya.. Cara ini bisa diterapkan di semua edisi Windows 10, mulai dari Home, Professional, Enterprise, hingga Education.

Oke langsung saja, berikut ini caranya:

Pertama, buka Registry Editor melalui tombol Win + R, lalu ketik regedit, kemudian tekan Enter.

Cara Ampuh Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Permanen

Selanjutnya buka key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows.

Di key Windows, klik kanan -> New -> Key -> lalu beri nama WindowsUpdate.

Pada key WindowsUpdate, klik kanan lagi -> New -> Key -> beri nama AU.

Kemudian klik kanan pada key AU -> New -> DWROD (32-bit Value) -> lalu beri nama NoAutoUpdate.

Selanjutnya double klik NoAutoUpdate, lalu ubah value menjadi 1. Kemudian klik OK.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan urutan hasilnya seperti screenshot di bawah ini. (Klik gambar untuk memperbesar tampilan):

Cara Ampuh Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Permanen

Sekarang untuk memastikannya, tutup Registry Editor lalu matikan terlebih dahulu koneksi internet kamu.

Selanjutnya buka Settings -> Update & Security -> Windows Update. Kemudian klik tombol Check for updates agar modifikasi registry tadi bisa langsung diterapkan.

Jika berhasil, maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini:

Cara Ampuh Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Permanen

Untuk mengembalikan agar Automatic Update Windows 10 dapat aktif kembali, silakan buka kembali Registry Editor, lalu hapus key WindowsUpdate.

Nah, itulah cara mematikan Automatic Update di Windows 10 secara permanen. Perlu diketahui, mematikan Automatic Update ini sebenarnya sangat tidak direkomendasikan.

Sebab, update rutin yang dirilis oleh Microsoft bertujuan agar Windows 10 tetap selalu mendapatkan dukungan penuh berupa jaminan keamanan, perbaikan performa, hingga peningkatan fitur untuk Windows 10 itu sendiri.

Oleh karena itu, jika memang tidak karena terpaksa atau dengan kata lain kuota yang memang sangat terbatas, maka sebaiknya jangan matikan Automatic Update Windows 10 ini. 😉