06 February 2019

Cara Install .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) di Windows 10 Secara Offline


.NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0)

Beberapa waktu lalu setelah menginstal Windows 10, aku sempat dikejutkan dengan munculnya pesan yang memberitahukan jika Windows 10 memerlukan .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) agar beberapa aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Dan sedikit informasi, Microsoft .NET Framework (dibaca Microsoft Dot Net Framework) merupakan sebuah software kerangka kerja untuk beberapa aplikasi baru yang berjalan pada sistem operasi Windows. .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam paket instalasi Windows, mulai dari Windows Server 2003 hingga versi Windows yang terbaru saat ini.

Oke, kita kembali ke topik. Sebenarnya Pada windows 10 memang sudah terinstall .NET Framework yang lebih baru, yakni versi 4.5. Meskipun begitu, ada beberapa aplikasi yang masih membutuhkan .NET Framework 3.5 ataupun versi dibawahnya.

Umumnya untuk mengatasi pesan .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) di Windows 10, kita harus mendownload terlebih dahulu file installer .NET Framework 3.5 di situs resmi Microsoft. Karena jika kita mengklik tombol "Download and install this feature" pada pesan yang muncul, yang ada malah terjadi error seperti gambar di bawah ini.

.NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0)

Nah, jika kamu kebetulan mengalami hal yang sama, jangan bingung dulu, karena masih ada cara lain untuk mengatasi pesan .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) di Windows 10 ini, yaitu dengan menginstalnya secara offline melalui CD instalasi Windows 10 ataupun dengan file ISO Windows 10. Berikut ini caranya:

Pertama, silakan masukkan CD instalasi Windows 10 ataupun dengan mount file ISO Windows 10 melalui virtual drive. Selain itu, kamu juga bisa mencolokkan USB flashdisk jika kamu menggunakan file ISO Windows 10 sebagai bootable USB flashdisk.

Kemudian silakan lihat drive letter CD / virtual drive / bootable USB flashdisk kamu. Sebagai contoh, dalam tutorial ini aku menjadikan file ISO Windows 10 sebagai bootable USB flashdisk dengan drive letter G:, seperti gambar di bawah ini:

This PC Windows 10

Selanjutnya, silakan buka Command Prompt. Dengan cara buka Start Menu, ketik cmd lalu buka lewat Run as administrator.

Command Prompt Windows 10

Setelah jendela Command Prompt terbuka, lalu copy perintah di bawah ini:

DISM.exe /Online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:G:\sources\sxs /LimitAccess

Perhatikan tulisan G:, silakan sesuaikan dengan drive letter CD / virtual drive / bootable USB flashdisk kamu.

Kemudian tekan Enter untuk memulai proses instalasi .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0). Silakan tunggu beberapa saat. Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul keterangan "The operation completed successfully" seperti gambar di bawah ini:

Install .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) di Windows 10 Secara Offline

Dan untuk memastikan bahwa .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) berhasil terinstal, silakan lihat melalui Control Panel > Programs > Turn Windows features on or off. Pada jendela Windows Features, kamu bisa lihat tanda checkbox berwarna hitam pada tulisan .NET Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0) yang menandakan sudah berhasil terinstal.

Install .NET Framework 3.5 (Includes 2.0 and 3.0) di Windows 10