07 November 2019

Xiaomi Mi Watch Resmi Dirilis, Desain Mirip Apple Watch dengan Harga Lebih Murah


Xiaomi Mi Watch

Bersamaan dengan Mi CC9 Pro, Xiaomi juga memperkenalkan perangkat wearable terbarunya yakni Mi Watch dalam sebuah acara di Beijing, Cina. Mi Watch sendiri sekaligus menandai kehadiran smartwatch pertama dari Xiaomi, setelah sebelumnya telah meluncurkan empat generasi perangkat gelang pintar Mi Band.

Bila kita lihat dari segi desain, nampaknya desain Mi Watch sangat mirip dengan desain Apple Watch.

Mi Watch hadir dengan layar sentuh berbentuk persegi yang dilindungi kaca safir dengan panel layarnya menggunakan AMOLED berukuran 1,78 inchi dengan tingkat kerapatan pixel hingga 326 ppi. Selain itu, bagian belakang smartwatch ini terbuat dari keramik.

Bodi Mi Watch memiliki perpaduan alumunium dengan lapisan matte. Diatas layar terdapat roda pemutar untuk berpindah dari interface, serta disampingnya terdapat tombol multifungsi dan juga mikrofon di sisi kanan. Sedangkan di sebelah kiri, terdapat lubang mikrofon lainnya bersama dengan lubang speaker.

Untuk bagian tali alias strap, Xiaomi menawarkan tali yang dapat dilepas dan terbuat dari karet fluoro yang diklaim ramah kulit dan anti-alergi. Ada beberapa pilihan warna strap yang ditawarkan, diantaranya warna Putih, Biru, Perak, dan Hitam.

Nah kita beralih ke bagian jeroannya. Mi Watch ditenagai oleh prosesor Snapdragon Wear 3100 4G yang punya empat core Cortex-A7 dan memiliki clockspeed 1,2 GHz. Kapasitas baterai smartwatch ini tergolong cukup besar, yakni sebesar 570 mAh.

Xiaomi Mi Watch

Xiaomi sendiri berani mengklaim bahwa Mi Watch dapat bertahan hingga 36 jam atau hingga dua hari dengan sekali pengisian daya.

Mi Watch sendiri berjalan pada sistem operasi WearOS besutan Google yang telah dikustomisasi dengan antarmuka khas Xiaomi, yakni MIUI. Selain itu, Xiaomi juga telah menyediakan berbagai pilihan watch face yang bisa dipilih oleh pengguna.

Untuk fitur pendukung lainnya, Mi Watch dilengkapi dengan dukungan eSIM, NFC, Bluetooth 4.2, Wi-Fi (n), GPS, motor getaran, speaker yang cukup besar, sensor detak jantung, VO2 Max, pemantauan tidur dan sensor energi di dalam tubuh. Selain itu, Mi Watch juga diklaim aman dipakai untuk berenang.

Penasaran dengan harganya? Xiaomi membanderol Mi Watch ini seharga 1.299 Yuan atau sekitar Rp 2,6 jutaan dan telah dijual perdana di China.

Selain itu, ada pula Mi Watch edisi eksklusif dengan layar kaca safir, bodi dari stainless steel dan tali juga terbuat dari stainless steel. Edisi eksklusif ini akan dijual seharga 1.999 Yuan atau sekitar Rp 4 jutaan.