08 November 2019

Layanan Streaming YouTube Music Resmi Hadir di Indonesia


YouTube Music

YouTube akhirnya baru saja resmi menghadirkan layanan streaming YouTube Music di Indonesia setelah sebelumnya telah meluncur di beberapa negara.

Indonesia pun menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang beruntung kebagian aplikasi YouTube Music lantaran industri musik di Indonesia, khususnya untuk ranah streaming cukup potensial.

Untuk kamu yang mungkin belum tahu, YouTube Music sendiri merupakan aplikasi streaming musik yang mirip seperti Joox maupun Spotify. Pengguna pun bisa streaming musim lewat aplikasi YouTube Music secara gratis, namun diselingi dengan iklan. Tapi jika tidak ingin mendengar iklan, mereka bisa membayar biaya langganan.

Bedanya dengan layanan streaming music lainnya, YouTube music dilengkapi dengan fitur pencarian ala Google, yang memungkinkan penggunanya mencari konten musik lewat kata kunci apapun di aplikasi tersebut.

Pengguna pun juga bisa mencari musik hanya dengan mengetikkan kata kunci berupa lirik lagu dari lagu yang diinginkan.

YouTube Music

Selain mendengarkan musik, pengguna juga bisa menonton video klip dari lagu yang sedang diputar langsung di aplikasi YouTube Music. Dan, ada pula fitur "Video Hotlist" yang bisa pengguna gunakan untuk menelusuri lagu apa yang sedang banyak diputar di internet.

Aplikasi YouTube Music sendiri sudah tersedia secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store di wilayah Indonesia sejak 7 November kemarin.

Untuk masa promo (7 November - 26 November), Google menawarkan gratis akses YouTube Music Premium selama 3 bulan bagi pengguna yang telah mendownload aplikasi YouTube Music.

Dan selain YouTube Music, Google juga membuka layanan berlangganan YouTube Premium di Indonesia dengan biaya berlangganan sebesar Rp 59.000 / bulan.

Melalui YouTube Premium, pengguna bisa bebas menonton video tanpa iklan, dapat memutar video di luar aplikasi YouTube dengan mekanisme picture-in-picture (PiP), dan mendownload video untuk ditonton secara offline.

Menariknya, Jika pengguna berlangganan YouTube Premium, maka otomatis pengguna juga telah berlangganan YouTube Music secara gratis.

Baca juga: