08 June 2018

iOS 12 Resmi Diperkenalkan, Inilah Berbagai Fitur Terbarunya


iOS 12

Dalam ajang Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018, Apple resmi memperkenalkan versi terbaru dari sistem operasi untuk perangkat iPhone dan iPad mereka, yaitu iOS 12. Dan kabar baiknya, semua perangkat lawas maupun baru yang sebelumnya telah menjalankan iOS 11, bakal kebagian update iOS 12 ini.

Itu artinya, mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X, dan juga perangkat iPad yang dirilis sejak tahun 2013 pun, semua bakal kebagian update iOS 12 ini.

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja fitur-fitur terbaru yang hadir di iOS 12 ini? Berikut ulasan selengkapnya:

➤ Dari sektor performa, Apple mengklaim pada iOS 12 dapat membuka aplikasi 40% lebih cepat dari versi iOS sebelumnya, memotret 70% lebih cepat, dan pengetikan via keyboard 50% lebih cepat.

➤ Sektor notifikasi pada iOS 12 juga dirombak. Kini notifikasi pada iOS 12 akan ditampilkan bentuk grup dalam satu aplikasi dan tidak lagi berbaris kebawah.
iOS 12 Group Notifications
Group Notifications
➤ Dukungan video call untuk FaceTime kini bisa dilakukan hingga 32 orang sekaligus. Selain itu, pengguna juga dapat memakai karakter Animoji dan Memoji saat FaceTime.

➤ Asisten virtual Siri juga mendapatkan pembaruan. Pada iOS 12, Siri kini dapat diperintahkan untuk membuka aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Ada juga fitur Shorcuts, yang memungkinkan pengguna memerintahkan Siri dengan lebih cepat melalui shorcuts.

➤ Di aplikasi Photos pada iOS 12 akan otomatis menawarkan anda foto-foto kenangan pengguna melalui album "For You" yang menampilkan kurasi foto berdasarkan tempat, waktu, atau moment. Kemudian ada fitur Share Suggestion yang menyarankan pengguna untuk membagikan foto ke teman yang ada di foto.
iOS 12 FaceTime, Siri, Photos
FaceTime, Siri, Photos
➤ Fitur Animoji juga ditingkatkan kemampuannya. Animoji di iOS 12 kini dibekali kemampuan untuk mampu mendeteksi lidah. Jadi misalnya saat pengguna menjulurkan lidah, maka tampilan Animoji juga bisa menjulurkan lidah.

Selain itu, pada iOS 12, Apple juga menghadirkan Memoji seperti AR Emoji di Samsung Galaxy S9 yang dibekali kemampuan untuk mendeteksi ekspresi wajah, bentuk mata, bentuk telinga, dan lain sebagainya. Sehingga pengguna bisa membuat emoji yang mirip wajahnya sendiri dengan lebih sempurna.
iOS 12 Animoji, Memoji
Animoji, Memoji
➤ Aplikasi iBooks di iOS 12 sekarang diubah namanya menjadi Apple Books dengan tampilan dan store baru. Begitupun juga Apple News juga mengalami pembaruan tampilan.

Serta Voice Memo sekarang tersedia di iPad dan menambahkan dukungan iCloud untuk mensinkronkan rekaman dan pengeditan di seluruh perangkat.

Stocks App baru juga hadir di iOS 12 yang memudahkan para pengguna terutama investor atau pemilik saham untuk memantau pasar dan memberikan berbagai berita yang relevan seputar bisnis.
iOS 12 Apple Books, Apple News, Stock App
Apple Books, Apple News, Stock App
➤ iOS 12 membawa fitur pengukuran benda berbasis ARKit 2, yang dapat digunakan untuk mengukur objek-objek seperti meja dan lain sebagainya dengan hanya menggerakkan smarphone dari satu titik ke titik lain.

Selain itu, iOS 12 juga mendukung format file baru khusus Augmented Reality (AR) yang bernama USDZ. Sehingga pengguna akan dapat membuka gambar animasi maupun grafis 3D berformat USDZ dalam perspektif 3D.

➤ Terakhir, iOS 12 dilengkapi beberapa fitur baru untuk mengatasi masalah kecanduan smartphone. Seperti fitur Screen Time, melalui fitur ini, pengguna akan diberikan laporan berapa lama mereka menghabiskan waktu untuk kategori aplikasi tertentu seperti game, sosial media, dan aplikasi lainnya.

Lalu ada juga fitur Downtime yang dapat digunakan untuk mengatur batas masa aktif aplikasi yang digunakan. Dan fitur App Limits, untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi.
iOS 12 Screen Time, Downtime, App Limits
Screen Time, Downtime, App Limits
Itulah beberapa fitur terbaru yang hadir di iOS 12. Perlu diketahui, bahwa versi iOS 12 ini masih dalam versi Beta Developer. Sedangkan untuk versi finalnya dijadwalkan akan dirilis September 2018 mendatang.

Dan berikut adalah daftar perangkat yang akan mendapatkan update iOS 12:
  • iPhone 5S, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X.
  • iPad Mini 2, iPad Mini 3, iPad Mini 4, iPad Air, iPad Air 2, iPad (generasi ke-5 dan ke-6), iPad Pro 9.7 inchi, iPad Pro 10.5 inchi, iPad Pro 12.9 inchi.

UPDATE: Akhirnya Apple resmi meluncurkan versi final dari iOS 12. Baca artikel selengkapnya disini.