Skip to main content

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya


Samsung Galaxy S9

Setelah sekian lama rumornya terus bermunculan, akhirnya Samsung resmi merilis duo smartphone flagship teranyarnya yakni Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dalam acara bertajuk "Galaxy Unpacked 2018" yang bertepatan dengan ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Bacelona, Spanyol.

Dari segi desain, Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus memiliki tampilan hampir serupa dengan seri flagship Samsung pendahulunya. Desain bodinya dari bahan logam yang dilapisi kaca dibagian belakangnya. Sedangkan layarnya masih mengusung bezel-less "Infinity Display" dengan lekungan di sisi kiri dan kanan layar.

Sementara dibagian belakangnya, sensor sidik jari pada duo smartphone ini kini dipindahkan ke bagian bawah kamera agar pengguna lebih mudah menggapainya.

Samsung Galaxy S9

Galaxy S9 memiliki layar seluas 5,8 inchi sedangkan Galaxy S9 Plus memiliki layar seluas 6,2 inchi. Kedua layar smartphone ini sama-sama menggunakan panel Super AMOLED beresolusi Quad HD+ dengan aspek rasio 18:9 dan kaca pelindung Gorilla Glass.

Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus ditenagai oleh dua varian processor yakni (Snapdragon 845 + GPU Adreno 630 untuk pasar Amerika) dan (Exynos 9810 + GPU Mali-G72 untuk pasar global). Pada Galaxy S9 dibekali RAM 4GB, memori internal 64GB + slot microSD, dan baterai 3000 mAh.

Sedangkan untuk Galaxy S9 Plus dibekali RAM 6GB, memori internal 128GB / 256GB + slot microSD, dan baterai 3500 mAh. Keduanya sama-sama menjalankan OS Android 8.0 Oreo.

Kemampuan kamera juga lebih ditingkatkan yang diklaim seperti layaknya kamera profesional. Kamera pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus dibekali fitur super slow-motion pada frame 960 fps beresolusi 1080p. Galaxy S9 dibekali satu buah kamera belakang beresolusi 12 MP. Sedangkan Galaxy S9 Plus memiliki dual-camera belakang beresolusi 12 MP dengan dual-aperture f/1.5 + f/2.4, PDAF, dual-OIS, LED Flash, dan video 4K.

Untuk kegiatan selfie, Galaxy S9 memiliki kamera depan beresolusi 8 MP dengan aperture f/1.7, dan Galaxy S9 Plus memiliki dual-camera depan beresolusi 12 MP dengan kombinasi lensa (Wide-angle, dual-aperture f/1.7 dan f/2.4) dan (Telephoto, aperture f/2.4), Dual Pixel, Autofocus, dan Face Detection.

Fitur andalan lainnya dari Galaxy S9 dan S9 Plus ini meliputi sensor sidik jari, iris scanner, face recognition atau pengenal wajah, stereo speaker dari AKG, asisten virtual Bixby, fast charging, wireless charging, sertifikasi IP68 (tahan air dan debu), jack audio 3.5mm, USB Type-C, dan fitur AR Emoji yang mirip seperti Animoji di iPhone X.

Di Indonesia, Samsung menjual kedua smartphone ini dengan harga yang cukup tinggi. Untuk Galaxy S9 akan dijual seharga Rp 11,4 jutaan. Sedangkan untuk Galaxy S9 Plus varian RAM 6GB / internal 128GB akan dijual seharga Rp 12,9 jutaan dan varian RAM 6GB / internal 256GB dijual seharga Rp 14,9 jutaan.

Baik Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sama-sama memiliki 4 pilihan warna, yakni Midnight Black, Titanium Gray, Coral Blue, dan Lilac Purple.
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.