07 June 2018

ASUS ZenBook Pro Diperkenalkan dengan ScreenPad yang Cerdas


ASUS ZenBook Pro

Dalam event Computex 2018 yang berlangsung di Taipei, Taiwan, selain memperkenalkan konsep laptop layar ganda Project Precog, ASUS juga resmi meluncurkan ASUS ZenBook Pro dengan dukungan ScreenPad yang diklaim sebagai laptop pertama dengan TouchPad yang cerdas.

Adapun ScreenPad pada ZenBook Pro ini berupa layar sentuh Super IPS+ seluas 5,5 inchi beresolusi Full HD (1920 x 1080 pixel) dengan teknologi wide-view yang terletak di bagian TouchPad.

Tak cuma berfungsi sebagai TouchPad saja, berkat dukungan Windows Precision TouchPad, ScreenPad ini juga dapat beradaptasi dengan cerdas untuk menyesuaikan gesture apapun yang dilakukan oleh pengguna. Selain itu, ScreenPad ini dapat digunakan sebagai shortcut untuk membuka aplikasi tertentu, seperti Ms. Edge, Ms. PowerPoint, hingga Notepad.

ASUS ZenBook Pro

Dan di dalam ScreenPad itu sendiri, sudah dilengkapi beberapa aplikasi khusus, seperti Calculator, Music Player, dan NumKey. Semua aplikasi tersebut dapat dijalankan sendiri oleh pengguna didalam area ScreenPad.

Ada juga mode Screen Extender, mode ini menjadikan ScreenPad bisa menjadi layar sekunder dan memungkinkan pengguna untuk "memperluas" tampilan dari layar laptop ke ScreenPad guna menunjang multitasking serta produktivitas pengguna lebih lanjut.


Dari segi spesifikasi, ZenBook Pro mengusung layar NanoEdge Ultra HD dengan bezel ultra-tipis yang telah divalidasi dengan akurasi warna bawaan (100% Adobe RGB) sehingga sangat cocok digunakan oleh para videografer dan editor foto profesional.

ZenBook Pro tersedia dalam dua varian, yakni varian dengan layar berukuran 15 inchi (ZenBook Pro 15) dan varian dengan layar berukuran 14 inchi (ZenBook Pro 14).

ASUS ZenBook Pro

ZenBook Pro 15 menggunakan prosesor Intel Core i9 Hexa-core, kartu grafis GPU GeForce GTX 1050Ti, penyimpanan SSD 1TB PCIe x4, USB Type-C, 3x port USB Thunderbolt 3. Sedangkan untuk ZenBook Pro 14, varian ini menggunakan prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 yang dipadukan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 MAX-Q, RAM 16GB, penyimpanan SSD 1TB PCIe x4, dan Intel Optane.

Baik ZenBook Pro 15 maupun ZenBook Pro 14 juga sama-sama telah menjalankan sistem operasi Windows 10 dan dukungan sistem pengenalan wajah lewat Windows Hello.

Sayang sekali, ASUS masih belum mengumumkan harga dan ketersediaan ZenBook Pro di pasaran.