05 June 2018

ASUS ROG Phone Resmi Diperkenalkan, Smartphone Gaming dengan Prosesor Tercepat Untuk Saat ini


ASUS ROG Phone

Dalam ajang Computex 2018 yang digelar di Taipei, Taiwan, ASUS akhirnya resmi memperkenalkan smartphone gaming pertamanya dari seri ROG (Republic of Gamers) yang bernama ASUS ROG Phone. Smartphone gaming besutan ASUS ini nantinya akan bersaing dengan Razer Phone, Xiaomi Black Shark, dan Nubia Red Magic.

Hadir sebagai smartphone khusus bagi para gamers, tentunya ASUS ROG Phone dibekali spesifikasi yang sangat gahar. Dan tak hanya itu, ROG Phone juga memiliki desain menarik yang pastinya khas perangkat gaming.

Ya, desain ASUS ROG Phone bisa dikatakan sangat keren, ini bisa dilihat dari bagian belakang yang didesain dengan aksen seperti potongan diagonal dan juga ada dua buah lubang ventilasi pendingin. Selain itu, ASUS juga melengkapi ROG Phone dengan RGB Light yang tersemat di logo ASUS ROG dibagian belakang yang dapat diprogram untuk menampilkan warna apa pun dalam pola yang berbeda.

ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone mengusung layar AMOLED seluas 6,0 inchi beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 18:9. Selain itu, layar smartphone ini memiliki refresh rate hingga 90 Hz dengan response time 1 ms dan menawarkan 108% DCI-P3 color gamut dengan contrast ratio 10.000:1 serta dukungan HDR.

Untuk kinerjanya, ASUS ROG Phone ditenagai dengan prosesor Snapdragon 845 Octa-core "edisi eksklusif" dan sekaligus menjadi smartphone pertama dengan clockspeed tercepat untuk saat ini, yakni hingga 2,96 GHz!

Prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 630, RAM sebesar 8GB, pilihan memori internal sebesar 128GB / 512GB, OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ROG Gaming UI, dan baterai berkapasitas 4000 mAh yang didukung pengisian daya cepat ASUS HyperCharge 20W.

Agar suhu smartphone tetap stabil saat digunakan bermain game dalam waktu yang lama, ASUS juga melengkapi ROG Phone dengan sistem pendingin bernama 3D Vapor Chamber. Teknologi ini menggunakan sistem pendingin dengan carbon cooling dan copper heat, sama seperti sistem pendingin pada laptop ASUS ROG series.

Selain itu, ada pula sebuah aksesoris tambahan bernama Aeroactive Cooler untuk menambah kemampuan pendinginan agar suhu pada smartphone akan selalu berada dalam kondisi optimal.

ASUS ROG Phone

Dan untuk mendukung pengguna saat bermaiin game, ASUS juga menghadirkan beberapa aksesoris tambahan berupa TwinView Dock yang membuat ROG Phone menjadi seperti konsol game layaknya Nintendo 3DS, ada juga Gamevice Controller & Wigig Dock yang membuat smartphone bakal memiliki sebuah controller dan dapat dimainkan di layar yang lebih besar melalui konektivitas Wi-Fi.

Dan terakhir, ada Mobile Desktop Dock yang akan membuat pegguna dapat menghubungkan ROG Phone dengan desktop PC. Jadi, pengguna dapat bermain game mobile melalui monitor dengan mouse dan keyboard sebagai controllernya sehingga seperti sedang bermain game di PC.

ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone


Berikut spesifikasi lengkap dari ASUS ROG Phone:
  • Dimensi: 158,83 x 76,16 x 8,65 mm.
  • Berat: 200 gram.
  • Layar: AMOLED 6,0 inchi Full HD+ (2160 ×1080 pixel), ~402 ppi, aspect ratio 18:9, HDR Display, 108.6% DCI-P3 color gamut, refresh rate 90 Hz (1ms response rate), contrast ratio 10.000:1, pelindung Corning Gorilla Glass 6.
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core 2,96 GHz (Clockspeed tertinggi dan eksklusif di ASUS ROG Phone).
  • GPU: Adreno 630.
  • RAM: 8GB LPDDR4X.
  • Memori Internal: 128GB / 512GB UFS 2.1, tanpa slot microSD.
  • Sistem Operasi: Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ROG Gaming UI.
  • Kamera Belakang: Dual-Camera (12 Megapixel, aperture f/1.8, sensor Sony IMX363) + (8 Megapixel, wide-angle 120°), PDAF, 4-axis OIS, EIS, Dual-LED (dual-tone) Flash, video 4K @60fps.
  • Kamera Depan: 8 Megapixel, aperture f/2.2.
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual-SIM (Nano-SIM), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 ad, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, NFC, USB Type-C, jack audio 3.5mm.
  • Sensor: Fingerprint, Proximity, Accelerometer, Gyroscope, Ambient Light, E-Compass, Hall sensor, Ultrasonic sensor.
  • Fitur Lain: Dual front-facing stereo speaker, DTS Headphone: X 7.1 virtual surround-sound, 3D Vapor Chamber & AeroActive Cooler cooling system, AirTriggers, X Mode, RGB Light di logo ASUS ROG, sertifikasi IP68 (tahan air dan debu).
  • Baterai: 4000 mAh (non-removable), support Fast Charging (ASUS HyperCharge 20W.).
  • Pilihan Warna: Black.


Nah, bicara soal harga, sayangnya ASUS masih belum mengumumkan berapa harga resmi dari ROG Phone ini. Namun kabar baiknya, kemungkinan besar ASUS juga bakal menghadirkan smartphone gaming ini ke Indonesia sekitar kuartal keempat tahun 2018 ini. Jadi, kita tunggu saja kehadirannya di Tanah Air. ;)

UPDATE:
  • (11/12/2018) - ASUS ROG Phone resmi hadir di Indonesia. Baca artikel selengkapnya disini.
  • (14/09/2018) - ASUS ROG Phone mulai dijual. Cek harganya di artikel ini.