06 June 2018

Inilah 5 Fitur Keren ASUS ROG Phone — Smartphone Gaming Terbaik Tahun Ini!


ASUS ROG Phone

Seperti yang telah kita ketahui, ASUS telah resmi memperkenalkan smartphone gaming pertamanya dari seri ROG (Republic of Gamers) yang bernama ASUS ROG Phone. (Baca juga: ASUS ROG Phone Resmi Diperkenalkan, Smartphone Gaming dengan Prosesor Tercepat Untuk Saat ini)

Smartphone ini digadang-gadang menjadi smartphone gaming terbaik di tahun 2018 ini. Karena tidak hanya mengusung spesifikasi tinggi, namun juga memiliki berbagai fitur keren didalamnya yang akan meningkatkan pengalaman pengguna dalam bermain game mobile.

Nah, buat kamu yang masih penasaran dengan fitur keren apa saja yang dimiliki ASUS ROG Phone? Berikut ini adalah rangkuman tentang 5 fitur keren yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone:

#1. Desain Futuristik

ASUS ROG Phone

ASUS ROG Phone memiliki desain yang sangat keren dan futuristik, terutama bagian belakang yang didesain dengan aksen seperti potongan diagonal dan juga ada dua buah lubang ventilasi pendingin. Selain itu, terdapat pula modul dual-camera serta logo ASUS ROG.

Menariknya, pada logo ASUS ROG ini juga dilengkapi dengan lampu RGB dan dapat diprogram untuk menampilkan warna apa pun dalam pola yang berbeda.

Sedangkan untuk bagian depannya, ASUS ROG Phone mengusung layar AMOLED seluas 6,0 inchi beresolusi Full HD+ (2160 x 1080 pixel) dengan aspek rasio 18:9 serta memiliki refresh rate hingga 90 Hz dengan response time 1 ms dan mendukung 10 point multitouch.

Layar smartphone gaming ini menawarkan 108.6% DCI-P3 color gamut dengan rasio kontras 10.000:1 dan dilengapi dedicated image processing chip untuk memproses game HDR. Selain itu, terdapat pula speaker stereo di bagian atas dan bawah layar.

Agar terlihat lebih premium, pada bagian depan dan belakang ROG Phone telah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass dan juga telah lulus uji sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu.

#2. Performa Garang

Qualcomm Snapdragon 845

Sebagai salah satu vendor PC gaming ternama, yakni lini ASUS ROG (Republic of Gamers) series, tentunya ASUS juga membekali smartphone gaming pertamanya, ROG Phone, dengan spesifikasi yang memiliki performa tak kalah garangnya.

Ya, ROG Phone juga dibekali dengan spesifikasi hardware terbaik untuk saat ini. Bagaimana tidak, ROG Phone menggunakan prosesor Snapdragon 845 "edisi eksklusif" yang telah ditingkatkan clockspeed-nya oleh Qualcomm menjadi 2,96 GHz, dan ROG Phone menjadi smartphone pertama yang menggunakan Snapdragon 845 "edisi eksklusif" dengan clockspeed tercepat untuk saat ini.

Selain itu, prosesor tersebut dipadukan dengan GPU Adreno 630 yang juga telah dioptimalkan untuk mempermulus performa gaming, serta RAM 8GB dengan pilihan memori internal 128GB / 512GB, OS Android 8.1 Oreo dengan antarmuka ROG Gaming UI, dan baterai berkapasitas 4000 mAh dengan dukung fast charging ASUS HyperCharge 20W.

#3. Sistem Pendingin Paling Canggih

ASUS ROG Phone AeroActive Cooler

Hadir sebagai smartphone gaming dari keluarga ASUS ROG series, tentunya ASUS melengkapi ROG Phone dengan sistem pendingin yang berbeda dengan smartphone gaming lainnya. Adapun sistem pendingin yang ditanamkan dalam ROG Phone ini bernama 3D Vapor Chamber, sama seperti sistem pendingin pada laptop ASUS ROG series.

Teknologi sistem pendingin tersebut menggunakan kombinasi carbon cooling dan copper heat yang diklaim mampu meningkatkan efisiensi pendinginan CPU pada ROG Phone hingga 60%.

Selain itu, ada pula sebuah aksesoris tambahan berupa kipas bernama Aeroactive Cooler yang dapat dipasang di tengah-tengah body belakang ROG Phone untuk menambah kemampuan pendinginan.

Tidak cuma itu, jika aksesoris AeroActive Cooler dipasangkan, maka otomatis juga berfungsi sebagai port tambahan untuk jack audio 3,5mm dan USB-Type C. Sehingga, saat bermain game, tangan pengguna tidak akan terganggu dengan kabel-kabel yang terhubung.

#4. Dukungan Penuh untuk Gaming Mode Landscape

ASUS ROG Phone AirTriggers

ASUS melengkapi ROG Phone dengan berbagai fitur pendukung untuk memberikan pengalaman terbaik saat pengguna bermain game dalam mode landscape.

ROG Phone memiliki fitur bernama AirTriggers yang berfungsi sebagai "tombol virtual" yang terletak di kiri dan kanan atas dalam mode landscape. Fitur ini sebenarnya tidak berupa tombok fisik, melainkan menggunakan sensor ultrasonic untuk mendeteksinya dan pengguna dapat mengatur AirTriggers ke fungsi apapun didalam game yang dimainkannya.

Selain itu, ada juga fitur bernama X Mode. Fitur juga menggunakan sensor ultrasonic yang otomatis akan aktif jika body ROG Phone diremas. X Mode akan memprioritaskan RAM dengan mematikan berbagai tugas di latar belakang untuk keperluan gaming, serta mematikan notifikasi saat pengguna sedang bermain game.

#5. Punya Beragam Aksesoris Gaming Tambahan

ASUS ROG Phone TwinView Dock

Selain kipas tambahan bernama AeroActive Cooler, ASUS juga menghadirkan beberapa aksesoris tambahan lainnya untuk ROG Phone.

Diantaranya ada TwinView Dock yang membuat ROG Phone menjadi seperti konsol game layaknya Nintendo 3DS yang bagian bawahnya juga ada layar kedua. Lalu ada Gamevice Controller & Wigig Dock, yang membuat smartphone bakal memiliki sebuah controller dan dapat dimainkan di layar yang lebih besar melalui konektivitas Wi-Fi.

Dan terakhir, ada Mobile Desktop Dock yang akan membuat pegguna dapat menghubungkan ROG Phone dengan desktop PC. Jadi, pengguna dapat bermain game mobile melalui monitor dengan mouse dan keyboard sebagai controllernya sehingga seperti sedang bermain game di PC.

Nah, itulah 5 fitur keren yang dimiliki ASUS ROG Phone ini. Maka tidak salah jika ROG Phone cukup pantas dinobatkan sebagai smartphone gaming terbaik di tahun 2018 ini.

Tapi sayangnya, meski sudah resmi diperkenalkan, namun ASUS masih belum mengumumkan berapa harga resmi dari ROG Phone ini. Dan kabar baiknya, kemungkinan besar ASUS juga bakal menghadirkan smartphone gaming ini ke Indonesia sekitar kuartal keempat tahun 2018 ini.

Jadi, apa kamu tertarik untuk membeli ROG Phone ini jika seandainya sudah resmi hadir di Tanah Air? :D

UPDATE: ASUS ROG Phone resmi hadir di Indonesia. Baca artikel selengkapnya disini.