14 April 2018

Xiaomi Black Shark Resmi Meluncur, Harganya Mulai Dari Rp 6,5 Jutaan!


Xiaomi Black Shark

Beberapa hari lalu, Xiaomi bekerja sama dengan Black Shark Technology Co.Ltd dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone gaming Xiaomi Black Shark pada tanggal 13 April. (Baca: Catat! Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark Akan Meluncur 13 April Mendatang)

Dan benar saja, akhirnya Xiaomi telah resmi memperkenalkan smartphone gaming pertamanya tersebut pada Jumat kemarin (13/04/2018) dalam sebuah acara peluncuran yang digelar di Beijing, China.

Desain dari Black Shark ini tak berbeda jauh dengan beberapa bocoran yang sempat beredar. Smartphone gaming ini hadir dengan desain yang sangat menarik, terutama pada bagian belakang body yang dibuat dengan kontur berbentuk X, menjadikannya nyaman digenggam dan memberikan grip yang cukup baik sehingga tidak mudah untuk jatuh dari genggaman.

Xiaomi Black Shark

Tidak cuma itu saja, Xiaomi juga menyediakan aksesoris tambahan untuk Black Shark berupa Gamepad Controller yang nantinya akan dijual secara terpisah dengan harga CNY 179 atau sekitar Rp 400 ribuan.

Xiaomi Black Shark

Black Shark mengusung layar IPS LCD seluas 5,99 inchi beresolusi Full HD+ dan memiliki aspek rasio 18:9. Sayangnya, tidak seperti yang dirumorkan, layar smartphone ini tidak memiliki refresh rate 120 Hz, seperti layar milik smartphone gaming Razer Phone.

Untuk menunjang performanya, Black Shark benar-benar dibekali dengan spesifikasi hardware yang sangat powerfull, sama seperti yang telah dikabarkan sebelumnya. Smartphone ini ditenagai dengan prosesor Snapdragon 845 Octa-core berkecepatan 2,8 GHz yang dipadukan dengan pengolah grafis Adreno 630.

Black Shark dilengkapi dengan sistem pendingin Liquid cooling system untuk meminimalisir suhu panas yang dihasilkan oleh komponen yang ada di dalam perangkat.

Xiaomi Black Shark

Black Shark berjalan pada sistem operasi Android 8.0 Oreo dengan antarmuka JOY UI serta hadir dalam dua varian memori, yakni RAM 6GB + internal 64GB dan RAM 8GB + internal 128GB. Lagi-lagi sangat disayangkan, smartphone gaming ini tidak dilengkapi dengan dukungan slot microSD dan juga tidak ada port jack audio 3.5mm.

Berikut beberapa spesifikasi dari Xiaomi Black Shark:
  • Dimensi: 161,6 x 75,4 x 9,3 mm.
  • Berat: 190 gram.
  • Layar: IPS LCD 5,99 inchi Full HD+ (2160 x 1080 pixel), ~403 ppi, aspect ratio 18:9.
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 845 Octa-core 2,8 GHz.
  • GPU: Adreno 630.
  • RAM: 6GB / 8GB.
  • Memori Internal: 64GB / 128GB, tidak ada slot microSD.
  • Sistem Operasi: Android 8.0 Oreo dengan antarmuka JOY UI.
  • Kamera Belakang: Dual-Camera (12 Megapixel, aperture f/1.75) + (20 Megapixel, aperture f/1.75), PDAF, 2x optical zoom, Dual-LED (dual-tone) Flash, video 4K @30fps.
  • Kamera Depan: 20 Megapixel, aperture f/2.2.
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual-SIM, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, GLONASS, USB Type-C.
  • Sensor: Fingerprint, Accelerometer, Proximity, Gyroscope.
  • Fitur Lain: Liquid cooling system.
  • Baterai: 4000 mAh (non-removable), support Fast Charging 9V/2A (Quick Charge 3.0).
  • Pilihan Warna: Polar Night Black, Sky Gray.
Dan untuk harganya, seperti biasa, Xiaomi selalu membanderol smartphone besutannya dengan harga yang cukup membuat bahagia karena sangat ramah dikantong, begitupun juga harga yang ditawarkan untuk Black Shark ini.

Xiaomi Black Shark

Untuk Black Shark varian RAM 6GB + internal 64GB akan dijual seharga CNY 2999 atau sekitar Rp 6,5 jutaan. Sedangkan untuk varian RAM 8GB + internal 128GB akan dijual seharga CNY 3499 atau sekitar Rp 7,6 jutaan. Tentu, harga tersebut bisa dikatakan cukup terjangkau untuk sekelas smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon 845.

Kabarnya, untuk saat ini Xiaomi hanya akan menjual Black Shark di wilayah China saja, dan sesi pre-order Black Shark akan mulai dibuka pada 20 April mendatang di situs JD.com. Belum ada informasi lebih lanjut kapan smartphone ini akan dijual secara global.