28 February 2018

Nokia 8 Sirocco, Smartphone Android One dengan Desain Mewah Berlapis Kaca


Nokia 8 Sirocco

Selain memperkenalkan Nokia 1, Nokia 7 Plus, dan Nokia 8110 atau Nokia "Pisang", ternyata HMD Global masih mempunyai satu lagi jagoan yang dirilis di ajang MWC 2018, yaitu Nokia 8 Sirocco. Nokia 8 Sirocco sejatinya merupakan versi premium dari seri Nokia 8 dengan berbagai peningkatan, baik dari spesifikasi maupun desain yang lebih menarik.

Berbeda dengan smartphone Android Nokia lainnya, Nokia 8 Sirocco ini tampil dengan desain yang sangat mewah, karena body smartphone ini hampir 95 persen berlapis kaca. Layarnya menggunakan panel pOLED seluas 5,5 inchi beresolusi Quad HD (1440p) dengan desain fullscreen bezel-less. Selain itu, sisi kiri dan kanan layarnya juga dibuat melengkung dengan aspek rasio layar 18:9 serta dilapisi kaca anti gores Gorilla Glass 3.

Nokia 8 Sirocco ditenagai dengan processor Snapdragon 835 yang dipadukan dengan GPU Adreno 530, RAM 6GB, memori internal 128GB, dan baterai berkapasitas 3260 mAh yang mendukung fitur wireless charging. Nokia 8 Sirocco termasuk dalam jajaran smartphone Android One yang telah berjalan pada sistem operasi Android 8.0 Oreo (stock Android).

Nokia 8 Sirocco

Beralih ke sektor fotografi, Nokia 8 Sirocco dibekali dengan dual-camera bagian belakang yang menggunakan lensa Carl Zeiss. Masing-masing lensa tersebut memiliki konfigurasi lensa utama 12 MP dengan aperture f/1.75 dan lensa telephoto 13 MP dengan aperture f/2.6, dual-camera ini juga dilengkapi dengan PDAF, OIS, dan LED Flash.

Di bagian depannya memiliki kamera beresolusi 5 MP wide-angle 84 derajat. Ada pula fitur Bothie (menjepret objek dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan) dan mode Pro Camera yang sebelumnya sudah ada di seri Nokia Lumia.

Sebagai pelengkap, Nokia 8 Sirocco juga telah mengantongi sertifikasi IP67, yang artinya, smartphone ini akan tahan terhadap air dan debu, serta ada pula port USB Type-C. Sayangnya smartphone ini tidak memiliki port jack audio 3.5mm, dan sebagai gantinya, pengguna dapat menggunakan koneksi Bluetooth untuk menyambungkan headset dengan perangkat.

Untuk harganya, Nokia 8 Sirocco akan dibanderol seharga USD 920 atau sekitar Rp 12,5 jutaan dan direncanakan akan mulai tersedia di pasaran pada April 2018 mendatang.