08 March 2018

Cara Menggunakan Fitur Face Unlock di Semua Smartphone Android


Face Unlock

Bagi kamu pengguna Android, tentunya sudah mengetahui jika sistem operasi mobile ini telah dilengkapi beberapa fitur keamanan yang dapat digunakan untuk mengunci perangkat, diantaranya, pattern, PIN, password, hingga fingerprint. Selain itu, masih ada satu lagi fitur keamanan di Android yang saat ini sedang populer, yaitu face unlock atau sistem pengenalan wajah.

Fitur face unlock ini memungkinkan pengguna dapat membuka kunci smartphone Android hanya dengan mengarahkan wajah pengguna ke kamera depan. Sebenarnya, teknologi keamanan biometrik ini sudah lama ada sejak zaman versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Namun sayangnya, tidak semua smartphone Android dilengkapi dengan fitur face unlock ini. Kebanyakan di pasaran hanya smartphone kelas menengah hingga flagship saja yang memilikinya.

Baca juga:
Nah, jika smartphone Android milikmu tidak ada fitur face unlock, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk dapat menikmati fitur ini.

Caranya, silahkan unduh aplikasi IObit Applock di Google Play Store. Saat pertama kali membuka aplikasi tersebut, kamu akan terlebih dulu diminta untuk membuat kunci pattern, PIN, atau password.

IObit Applock, Face Unlock

Jika sudah, tap tombol menu lalu pilih Face Lock dan arahkan wajah kamu ke kamera depan agar aplikasi dapat merekam wajahmu. Setelah itu, pilih salah satu aplikasi yang ingin dikunci dengan face unlock, kemudian tap tombol wajah di sebelahnya. Jadi, saat kamu membuka aplikasi yang dikunci, kamu akan diminta untuk menunjukkan wajah untuk membuka kuncinya.

Dan bila kamu ingin mengunci smartphone Android milikmu dengan face unlock, silahkan tap tombol berbentuk wajah pada pilihan Screen Lock.

IObit Applock, Face Unlock

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Itulah cara menggunakan fitur face unlock di semua smartphone Android. Selamat mencoba!