27 February 2018

Nokia 1 Resmi Dirilis, Smartphone Murah dengan OS Android Oreo (Go Edition)


Nokia 1

Sepertinya smartphone murah berbasis Android Oreo (Go Edition) kini mulai bermunculan. Setelah Alcatel 1X sebagai smartphone pertama dengan sistem operasi tersebut, kini di ajang MWC 2018, HMD Global juga turut meresmikan Nokia 1 yang juga termasuk ke dalam jajaran smartphone Android Go.

Karena telah berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo (Go Edition), tentunya Nokia 1 juga telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi Google versi "Go", seperti YouTube Go, Google Go, Gmail Go, dan kawan-kawannya.

Baca juga: Nokia 7 Plus Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan harganya

Nokia 1 termasuk smartphone entry-level yang mengusung layar IPS seluas 4,5 inchi dengan resolusi FWVGA. Bodinya terbuat dari bahan polycarbonate dan telah dilengkapi dengan lapisan proteksi bersertifikasi IP52 agar tahan terhadap percikan air dan debu. Menariknya, casing Nokia 1 bisa di bongkar pasang, sehingga bisa diganti-ganti dengan aksesoris Xpress-On Cover dengan berbagai macam pilihan warna.

Nokia 1

Nokia 1 telah ditenagai oleh processor MediaTek 6737M Quad-core 1,1 GHz, GPU Mali-T270, RAM 1GB, memori internal 8GB, dukungan slot microSD hingga 128GB, dan baterai 2150 mAh yang diklaim memiliki waktu stand-by hingga 15 jam.

Di sektor kamera, Nokia 1 dibekali dengan kamera belakang beresolusi 5 MP, autofocus, dan LED Flash. Sementara kamera depannya beresolusi 2 MP dengan kemampuan fixed focus.

Kabarnya HMD Global akan menjual Nokia 1 dengan harga yang sangat ramah dikantong, yakni seharga USD 85 atau sekitar Rp 1 jutaan.

Nantinya smartphone 4G LTE murah meriah ini akan mulai dijual pada awal April 2018 mendatang di pasar Eropa dan India. Belum ada kabar apakah Nokia 1 ini juga akan hadir di Indonesia atau tidak.