26 February 2018

Alcatel 1X, Smartphone Pertama dengan Sistem Operasi Android Oreo (Go Edition)


Alcatel 1X

Pada akhir tahun 2017 lalu, Google resmi memperkenalkan Android Oreo (Go Edition) yang mana sistem operasi ini khusus dioptimalkan untuk smartphone dengan spesifikasi rendah. Dan belum lama ini, Alcatel merilis smartphone pertama yang memakai Android Oreo (Go Edition).

Karena masuk dalam jajaran Android Oreo (Go Edition), maka smartphone yang bernama Alcatel 1X ini juga berjalan pada sistem operasi Android 8.1 Oreo dan dilengkapi dengan berbagai aplikasi Google versi "Go" seperti Google Go, Gmail Go, YouTube Go, Maps Go, dan masih banyak lagi.

Untuk spesifikasinya, Alcatel 1X mengusung layar seluas 5,3 inchi beresolusi 960 x 480 pixel dan memiliki aspek rasio 18:9. Dapur pacunya ditenagai oleh processor MediaTek Quad-core 1,28 GHz, RAM 1GB / 2GB, memori internal 16GB, dukungan slot microSD, dan baterai 2460 mAh. Alcatel 1X juga telah mendukung konektivitas 4G LTE.

Alcatel 1X

Untuk sektor fotografi, Alcatel 1X dibekali kamera belakang beresolusi 13 MP (varian RAM 2GB) atau 8 MP (varian RAM 1GB) dan LED Flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5 MP dan LED Flash. Menariknya, Alcatel 1X telah dilengkapi fitur keamanan berupa face unlock yang memungkinkan pengguna dapat membuka kunci smartphone dengan wajah dan untuk varian RAM 2GB, juga dilengkapi dengan sensor fingerprint di bagian belakang body.

Bicara soal harga, karena Alcatel 1X termasuk smartphone kelas entry-level, maka smartphone ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni seharga 100 Euro atau sekitar Rp 1,6 jutaan untuk versi single-SIM dan 110 Euro atau Rp 1,8 jutaan untuk versi dual-SIM. Nantinya, smartphone ini akan mulai dijual pada bulan April 2018 mendatang.