Catat! Upgrade Gratis Windows 10 Akan Berakhir Pada Akhir Tahun 2017 Ini


Windows 10

Sejak diluncurkan pada Juli 2015 lalu, Microsoft telah mengumumkan akan memberikan batas waktu upgrade ke Windows 10 secara gratis bagi pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 hingga sampai 29 Juli 2016 lalu. Namun, jika kamu yang belum sempat atau ketinggalan untuk mengupgrade sistem operasi Windows di PC milikmu, jangan bingung dulu, sebab, ternyata kamu masih bisa upgrade gratis ke sistem operasi termutakhir dari Microsoft tersebut hingga akhir tahun 2017 ini.

Sebenarnya, Microsoft memberikan masa upgrade ke Windows 10 secara gratis ini khusus untuk pengguna Assistive Technologies, yakni pengguna komputer yang memiliki kebutuhan khusus agar tetap bisa menggunakan Windows 10 dengan bantuan fitur dan perangkat tambahan dari pihak ketiga.

Namun saat pengguna umum akan mengupgrade Windows miliknya, tidak ada pengecekan terlebih dulu apakah fitur tersebut digunakan oleh pengguna atau tidak. Jadi dengan demikian, kamu yang bukan pengguna Assistive Technologies pun tetap bisa melakukan upgrade gratis ke Windows 10.

Baca juga:
Nah,, sebelum kamu akan mengupgrade Windows 7 atau Windows 8.1 ke Windows 10, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya:
  • Windows 7 atau Windows 8.1 milikmu harus sudah teraktivasi dengan lisensi genuine yang asli atau resmi.
  • Windows 7 dan Windows 8.1 milikmu harus sudah dalam versi update terbaru. Jika belum, silahkan lakukan update terlebih dahulu melalui Windows Update dan instal semua update yang telah tersedia.
  • Dan terakhir, pastikan kamu terhubung dengan koneksi internet yang cukup stabil dan kencang, serta memiliki cukup kuota, atau paling tidak kuota milikmu minimal masih ada 5GB.
Jika beberapa hal diatas telah terpenuhi, maka selanjutnya silahkan kunjungi halaman Microsoft ini, lalu klik tombol Upgrade Now. Maka tool Windows 10 Update Assistant akan langsung terunduh.

Upgrade Gratis Windows 10

Kemudian, buka dan jalankan tool tersebut, lalu ikuti saja wizard nya, dan proses download Windows 10 bakal langsung berjalan. Proses tersebut akan langsung diikuti dengan proses setup dan instalasi, jadi harap bersabar. Jika sudah selesai, maka versi Windows milikmu sudah berhasil diupgrade ke Windows 10.

Lisensi Windows 10 yang akan kamu dapatkan dari proses upgrade gratis ini adalah Digital Entitlement, yang artinya, lisensi ini bisa kamu gunakan selamanya. Jadi, misalkan di kemudian hari kamu clean instal Windows 10 di PC milikmu, maka Windows 10 akan otomatis teraktivasi setelah kamu login ke Microsoft Account, jadi, pastikan juga kamu sudah memiliki Microsoft Account.

Penting untuk kamu ketahui, masa upgrade gratis ke Windows 10 ini hanya berlaku hingga 31 Desember 2017 saja. Dan jika masa tersebut berakhir, maka pengguna harus membayar sebesar Rp1,6 juta hingga Rp2,7 juta, tergantung edisi Windows 10 yang dipilih pengguna pada saat melakukan upgrade.

Jadi mumpung masih ada waktu sekitar 2 bulan ini, silahkan segera upgrade Windows milikmu. ;)

Sumber: WinPoin
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »