Microsoft Mengumumkan 6 Edisi untuk Windows 10


   Tidak lama lagi Windows 10 akan segera bisa dicoba di 190 negara dengan 111 bahasa. OS terbaru dari Microsoft ini direncanakan akan menghadirkan pengalaman yang sudah dioptimalkan untuk berbagai jenis perangkat, tetapi tetap familiar untuk semuanya. Windows 10 juga akan memfasilitasi berbagai macam perangkat. Diantaranya PC, tablet, smartphone, Xbox One, Microsoft HoloLens, dan Surface Hub. Windows 10 juga mendukung program Internet of Things, ATM, hingga perangkat pengukur denyut jantung, dan lain sebagainya.

Microsoft Mengumumkan 6 Edisi untuk Windows 10

   Seperti yang dikutip dari blog Windows, Rabu (13/05/2015) Tony Prophet, Corporate Vice President Windows and Search Marketing Microsoft menjelaskan ada 6 edisi Windows 10 yang akan dirilis pada pertengahan tahun nanti, lengkap dengan berbagai fitur beserta kegunaannya. Berikut ini daftar keenam edisi Windows 10 tersebut:

#1. Windows 10 Home

Edisi ini dibuat untuk pengguna rumahan yang menggunakan PC dan tablet untuk keperluan sehari-hari. Pada edisi ini kamu bisa melakukan semua aktivitas komputing sehari-hari seperti mengerjakan tugas, mengolah dokumen, bermain game, browsing, dan lain sebagainya. Windows 10 Home juga sudah dilengkapi dengan fitur personal assistant Cortana, browser Microsoft Edge, Continuum, Windows Hello face-recognition, login dengan hanya menggunakan scan mata dan sidik jari, serta berbagai Universal Apps seperti Photos, Maps, Calendar, Office, Mail, Music, dan Video.

Perlu diketahui, Continuum adalah jembatan antara mode desktop dan mode tablet, yang menghubungkan antara keyboard + mouse friendly dengan touch friendly. Dengan adanya fitur Continuum ini, memungkinkan pengguna tablet (touchscreen) bisa nyaman menggunakan Windows 10, begitu juga pengguna desktop (mouse  + keyboard) juga tetap nyaman menggunakannya. Continuum bekerja secara otomatis. Jika devic hybrid (laptop + tablet), ketika dock keyboard terpasang, maka mode desktop akan langsung aktif.

Selain itu, di edisi Windows 10 Home ini kamu juga bisa Xbox gaming experience di Windows 10, sehingga kamu bisa langsung memainkan game Xbox One melalui PC Windows 10.

#2. Windows 10 Pro

Windows 10 Pro memiliki semua fitur dari Windows 10 Home, hanya saja pada edisi ini disediakan fitur tambahan untuk mendukung berbagai kebutuhan lain. Misalkan, untuk keperluan usaha kecil dan menengah. Windows 10 Pro dilengkapi dengan fitur untuk mengatur device dan berbagai apps secara efisien, melindungi data sensitif, serta mendukung produktivitas mobile secara remote melalui cloud, dan sebagainya.
Selain itu, Windows 10 Pro ini juga mendukung CYOD (Choose Your Own Device) serta memungkinkan kamu untuk mendapatkan manfaat dari Windows Update for Business yang akan menghemat biaya manajemen usaha, juga mendapatkan update fitur dan security yang lebih cepat dari Microsoft.

#3. Windows 10 Enterprise

Windows 10 Enterprise digunakan untuk perusahaan kelas menengah keatas. Karena sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan kemampuan untuk melindungi perusahaan dari berbagai serangan yang menargetkan device, indentitas, dokumen penting, data privasi, serta aplikasi perusahaan.
Windows 10 Enterprise mendukung deployment OS, manajemen apps, dukungan range device yang lebih luas dan juga akan mendapatkan update fitur dan security dengan lebih cepat.

#4. Windows 10 Education

Windows 10 Education masih berbasiskan versi Enterprise, namun telah disesuaikan untuk keperluan sekolah dan edukasi. Baik untuk staff, administrator, guru, murid dan bidang lainnya yang membutuhkan fungsi serupa. Pada edisi ini juga menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan di dunia akademis. Bagi pengguna Windows 10 Home dan Pro, juga bisa melakukan upgrade ke versi Education ini.

#5. Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile merupakan versi Windows yang didesain khusus untuk smartphone dan tablet mini. Juga sekaligus sebagai nama baru dari Windows Phone.
Di Windows 10 Mobile ini kamu bisa menjalankan Universa Apps yang tersedia untuk Windows 10 versi desktop, lengkap dengan Office Universal Apps. Windows 10 Mobile juga support fitur Continuum for phone yang memungkinkan smartphone seperti sebuah PC saat dihubungkan ke layar monitor. Akan teetapi fitur ini hanya bisa dinikmati jika hardware smartphone mampu untuk menjalankannya.

#6. Windows 10 Mobile Enterprise

Windows 10 Mobile Enterprise dikhususkan untuk karyawan ataupun pebisnis. Sama seperti  Windows 10 Enterprise, pada edisi ini juga dilengkapi fitur security dan produktivitas ekstra. Serta bisa langsung menikmati update security dan berbagi macam fitur saat update telah tersedia.

Itulah 6 edisi Windows 10 yang kabarnya akan diluncurkan pertengahan tahun ini. Dengan diumumkannya berbagai macam edisi pada Windows 10, seolah mengingatkan kita kembali pada Windows 7 yang juga ada beberapa macam edisi untuk berbagai jenis keperluan.

Sumber: Blog Windows
Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »