Windows 10 S Resmi Diperkenalkan, Pesaing Chrome OS untuk Pelajar dan Sekolah


Windows 10 S

Microsoft baru saja resmi memperkenalkan versi Windows 10 terbaru yaitu Windows 10 S dalam event MicrosoftEDU. Windows 10 S merupakan versi Windows 10 yang dirancang dengan antarmuka lebih sederhana, ringan, aman dan hemat daya. Sistem operasi terbaru ini ditujukan untuk para pelajar dan sekolah, dimana inisial “S” dalam Windows 10 S ini memiliki arti "School".

Microsoft menghadirkan Windows 10 S adalah tidak lain untuk bersaing dengan laptop Chromebook dengan Chrome OS buatan Google yang mana perangkat tersebut sering menjadi pilihan bagi kalangan pelajar karena lebih simpel dan harganya yang murah. Tapi jika dibandingkan dengan Chrome OS, Windows 10 S memiliki beberapa kelebihan, diantaranya telah mendukung layar touchscreen dan pen stylus, gratis berlangganan Office 365 dan juga gratis berlangganan game Minecraft yang hingga kini cukup populer di kalangan pelajar.

Namun dengan berbagai kelebihan tersebut, sayangnya pengguna Windows 10 S tidak bisa menginstall aplikasi lain seperti di versi Windows pada umumnya. Jadi, meskipun pengguna mencoba mengunduh aplikasi lain lalu kemudian menginstallnya, hal tersebut tetap tidak akan berhasil. Karena nanti akan muncul notifikasi bahwa aplikasi tersebut tidak bisa di install di perangkat Windows 10 S.

Dan sebagai gantinya, pengguna bisa mencari aplikasi serupa di Windows Store. Karena memang hanya aplikasi dari Windows Store saja yang bisa di install di Windows 10 S. Itulah mengapa Windows 10 S menjadi versi Windows yangn sangat aman, karena aplikasi di Windows Store sudah diuji dan dipastikan benar-benar aman oleh Microsoft. Selain itu, Kelebihan lain dari Windows 10 S ini adalah waktu login yang lebih cepat, jika dibandingkan dengan Windows 10 Pro, maka waktu login Windows 10 S ini sekitar 15 detik lebih cepat.

Surface Laptop Windows 10 S
Surface Laptop dengan OS Windows 10 S

Kabarnya, perangkat laptop dengan sistem operasi Windows 10 S ini bakal mulai tersedia sekitar pertengahan tahun ini dan dibanderol dengan harga paling murah US$ 189 atau sekitar Rp. 2,5 jutaan. Adapun perangkat-perangkat laptop murah tersebut akan dibuat oleh beberapa partner Microsoft yaitu Asus, Acer, HP, Samsung, Dell, Fujitsu dan lainnya.

Sumber: Winpoin | Kompas Tekno

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »