11 November 2017

Aplikasi File Manager Buatan Google, Files Go "Versi Beta" Resmi Tersedia di Play Store



Google Files Go Beta

Google memang dikabarkan akan segera merilis aplikasi file manager terbaru yang bernama Files Go. Tapi sebelum tanggal perilisannya tiba, entah kenapa beberapa hari yang lalu aplikasi tersebut malah sempat muncul lebih dulu di Google Play Store dan bisa dicoba oleh beberapa pengguna. Namun setelah itu, Google segera menarik kembali aplikasi tersebut di Play Store karena mungkin mereka tidak sengaja membocorkannya.

Dan tak perlu menunggu lama, akhirnya kini aplikasi Files Go secara resmi telah hadir di Google Play Store dan sudah bisa diunduh oleh semua pengguna Android. Tapi meskipun telah resmi dirilis, namun aplikasi tersebut masih berstatus Beta atau masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut.

UPDATE: Aplikasi Files Go sudah tersedia versi finalnya, dan dapat kamu unduh secara gratis di Google Play Store.

Files Go merupakan aplikasi file manager yang akan membantu pengguna dalam mengorganisir berbagai file yang ada pada penyimpanan internal dan memori kartu MicroSD. Tak cuma itu saja, Files Go juga dapat meningkatkan performa smartphone Android. Karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembersih file sampah dan berbagai fitur optimalisasi lainnya.

Selain itu, Files Go juga dilengkapi fitur sharing file secara offline antar perangkat. Aktivitas transfer file ini sangat aman, karena telah melalui proses enkripsi. Selain itu, kecepatan transfernya juga cukup cepat, yakni hingga 125 Mbps. Tentunya dengan adanya fitur ini akan semakin memudahkan pengguna dalam berbagi file dengan pengguna lain.

Aplikasi Files Go ini sebenarnya merupakan salah satu aplikasi yang termasuk kedalam proyek Android Go yang diperkenalkan di event Google I/O 2017 pada pertengahan Mei 2017 lalu.

Android Go sendiri merupakan sebuah proyek Google dalam membuat smartphone murah dengan versi Android yang telah dioptimalkan agar tetap memiliki performa yang baik, meskipun smartphone Android Go memiliki spesifikasi rendah. (Baca juga: Google Rilis Android Go, Versi Android untuk Smartphone dengan Spesifikasi Rendah)