Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya


Google Pixel 2

Beberapa waktu lalu, Google telah resmi meluncurkan duo smartphone terbaru jagoan mereka, yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kedua smartphone ini merupakan penerus seri Google Pixel serta dibekali dengan spesifikasi khas smartphone flagship kekinian.

Dari segi desain, baik Pixel 2 maupun Pixel 2 XL sama-sama memiliki desain unibody dengan dibalut material aluminium, namun tampak sedikit berbeda dibandingkan pendahulunya, dimana duo smartphone ini memiliki dua speaker yang masing-masing berada di bagain atas dan bawah. Sensor fingerprint kini juga berada dibawah area kaca bagian belakang.

Pixel 2 mengusung layar AMOLED seluas 5 inchi beresolusi Full HD (1080p), sedangkan Pixel 2 XL memiliki layar P-OLED seluas 6 inchi beresolusi Quad HD (1440p) dengan desain bezel-less dan memiliki aspek rasio 18:9. Kedua layar smartphone ini sama-sama diproteksi dengan lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 5. Namun bedanya, pada layar Pixel 2 XL memiliki desain kaca lengkung 2.5D.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Untuk urusan fotografi, baik Pixel 2 maupun juga Pixel 2 XL hanya dibekali kamera tunggal dibagian belakang beresolusi 12 MP dengan aperture f/1.8 serta didukung fitur OIS (Optical Image Stabilization), EIS (Electronic Image Stabilization), Dual-pixel Autofocus, PDAF, HDR+, Portrait Mode dan Dual-Tone LED Flash.

Meskipun tidak mengusung dual-camera, namun Pixel 2 dan Pixel 2 XL ini diklaim menjadi smartphone dengan kamera terbaik berdasarkan skor hasil pengujian dari DxOMark. Bahkan disebut-sebut mampu mengalahkan kamera iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Sedangkan kamera depan, Pixel 2 dan Pixel 2 XL dibekali kamera beresolusi bresolusi 8 MP dengan aperture f/2.4. Selain itu, Kamera Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga dilengkapi dengan fitur Google Lens, yakni salah satu bagian dari fitur Google Assistant yang memungkinkan pengguna dapat bertanya mengenai informasi lebih lengkap ke Google Lens dari suatu objek yang dijepret dengan kamera.

Untuk menunjang performanya, Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama-sama ditenagai dengan processor Qualcomm Snapdragon 835 2,35 GHz, RAM 4 GB, pilihan memori internal 64 GB atau 128 GB dan sistem operasi Android 8.0 Oreo. Sedangkan untuk pasokan dayanya, Pixel 2 memiliki baterai berkapasitas 2700 mAh dan Pixel 2 XL memiliki baterai berkapasitas 3250 mAh.

Google Pixel 2

Fitur lain pada Pixel 2 dan Pixel 2 XL antara lain 4G LTE, Bluetooth 5.0, Wi-Fi, Wi-Fi Direct, USB Type-C, USB On-The-Go, dukungan Google Daydream VR terbaru, music recognition untuk mengidentifikasi judul lagu dan penyanyinya saat mendengar musik, Android Sensor Hub, Advanced x-axis haptics, Always-on display, dan sertifikasi IP67 (tahan air). namun sayangnya, di Pixel 2 dan Pixel 2 XL ini tidak dilengkapi jack audio 3,5 mm.

Satu hal yang paling menarik, Pixel 2 dan Pixel 2 XL menjadi smartphone pertama yang mendukung teknologi eSIM. Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat berkomunikasi menggunakan smartphone Pixel 2 tanpa harus memasang kartu SIM. Sebagai gantinya, pengguna harus mendaftarkan diri sebagai pelanggan Project Fi untuk memverifikasi akun seluler pengguna.

Dikutip dari situs KompasTekno, Project Fi merupakan sebuah proyek mobile virtual network operator (MVNO) dari Google yang menyediakan layanan telepon, SMS dan internet. Layanan tersebut dibuat berkat kerjasama antara Google dengan berbagai operator seluler di seluruh dunia. Meskipun demikian, pengguna masih bisa pakai kartu SIM konvensional karena juga telah disertakan sebuah slot nano-SIM di kedua smartphone ini.

Google Pixel 2

Bicara soal harga, Pixel 2 varian penyimpanan 64 GB dibanderol seharga USD649 atau Rp8,7 jutaan, sedangkan penyimpanan 128 GB dibanderol seharga USD949 atau sekitar Rp12,8 jutaan. Smartphone ini akan tersedia di beberapa negara pada 19 November 2017 dan hadir dalam tiga pilihan warna yakni Just Black, Clearly White dan Kinda Blue.

Sementara untuk Pixel 2 XL varian penyimpanan 64 GB dibanderol seharga USD849 atau sekitar Rp11,4 jutaan, sedangkan penyimpanan 128 GB dibanderol seharga USD949 atau sekitar Rp12,8 jutaan. Smartphone ini akan tersedia di beberapa negara pada 15 November 2017 dan hadir dalam dua pilihan warna yakni Just Black serta Black & White.

Bagaimana? apa kamu tertarik untuk membeli smartphone keren dengan kamera terbaik ini? :D
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »