Samsung Galaxy Note 8 Resmi Dirilis, Inilah Spesifikasi dan Harganya


Samsung Galaxy Note 8

Samsung akhirnya resmi merilis phablet flagship terbaru mereka yaitu Galaxy Note 8 dalam acara yang digelar di Park Armory Avenue, New York, Amerika Serikat, pada Rabu kemarin (23/8/2017). Sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, Galaxy Note 8 hadir dengan berbagai peningkatan spesifikasi dan fitur-fitur terbaru.

Galaxy Note 8 memiliki desain yang mirip seperti seri Galaxy S8. Layar Galaxy Note 8 menggunakan panel Super AMOLED berukuran 6,3 inchi dengan resolusi Quad HD+ (1440p), Layarnya juga mengusung desain bezel-less yang disebut "Infinity Display", dimana layarnya hampir memenuhi bagian depan dengan sisi kiri dan kanan melengkung serta memiliki aspek rasio 18,5:9.

Baca juga: Samsung Rilis Galaxy S8 Active, Smartphone Tahan Banting Bersertifikasi Militer

Menariknya, Galaxy Note 8 adalah smartphone pertama yang dibekali dengan fitur kamera serba ganda yakni dual-camera di bagian belakang, dual-pixel, dual-lensa (lensa telephoto + lensa wide-angle) dan dual-OIS. Kamera ganda pada Galaxy Note 8 memiliki fitur Live Focus, yang memungkinkan pengguna bisa mengatur titik fokus, kedalaman bidang dan tingkat blur pada efek bokeh saat akan menjepret sebuah objek.

Samsung Galaxy Note 8

Untuk menunjang performanya, Galaxy Note 8 memiliki dua varian processor dan GPU tergantung pasar, pertama adalah Exynos 8895 dengan GPU Mali-G71 dan kedua adalah Snapdragon 835 dengan GPU Adreno 540, kedua varian tersebut sama-sama disandingkan dengan RAM 6 GB, pilihan memori internal 64 GB / 128 GB / 256 GB serta dukungan slot microSD dan OS Android 7.1 Nougat dengan antarmuka Samsung UX.

Pena S-Pen di Galaxy Note 8 kini dibuat menjadi berukuran 0,7 mm dengan ujung pena mengecil. Aplikasi Air Command yang bisa dibuka oleh S-Pen juga bertambah, dari yang sebelumnya hanya 6 aplikasi kini menjadi 10 aplikasi. Selain itu, Samsung juga membekali Galaxy Note 8 dan pena S-Pen dengan sertifikasi IP68 sehingga memililiki kemampuan anti-air dan debu.

Ada pula fitur baru bernama Apps Pair, fitur ini memungkinkan pengguna bisa memasangkan dua aplikasi dan ditampilkan bersamaan secara split-screen pada bagian atas dan bawah layar smartphone. Fitur Screen Off Memo (menulis catatan dalam keadaan layar mati) juga mendapatkan pembaruan, sekarang pengguna bisa menyimpan catatan hingga 100 halaman (sebelumnya hanya satu halaman saja). Baca selengkapnya tentang fitur keren Galaxy Note 8 lainnya disini.

Berikut beberapa spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 8:
  • Dimensi: 162,5 x 74,8 x 8,6 mm.
  • Berat: 195 gram.
  • Layar: Super AMOLED 6,3 inchi Quad HD+ (2960 × 1440 pixel), 521 ppi, 18,5:9 aspect ratio, pelindung Corning Gorilla Glass 5, Mobile HDR Premium, Always-on display.
  • Processor: Exynos 8895 Octa-core 1,7 GHz / Qualcomm Snapdragon 835 Octa-core 2,35 GHz.
  • GPU: Mali-G71 MP20 / Adreno 540.
  • RAM: 6 GB.
  • Memori Internal: 64 GB / 128 GB / 256 GB, slot MicroSD hingga 256 GB (dedicated slot).
  • Sistem Operasi: Android 7.1 Nougat dengan antarmuka Samsung UX.
  • Kamera Belakang: Dual-Camera 12 Megapixel (Telephoto, aperture f/2.4 + Wide-angle, aperture f/1.7), Dual-Pixel, 2x Optical Zoom, 10x Digital Zoom, Dual-OIS, PDAF, Dual-LED Flash, Live Focus, video 4K.
  • Kamera Depan: 8 Megapixel, aperture f/1.7, Autofocus.
  • Konektivitas: 4G LTE, Dual SIM, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, USB type-C, NFC, ANT+, jack audio 3.5mm.
  • Sensor: Fingerprint, Iris Scanner, Face Recognition, Proximity, Accelerometer, Gyroscope, Heart Rate Sensor, RGB Light, Pressure Sensor.
  • Fitur Lain: Apps Pair, IP68 (tahan air dan debu), Samsung KNOX, Samsung DeX, Samsung Pay, Bixby Virtual Assistant, New S-Pen stylus.
  • Baterai: 3300 mAh (non-removable), support wireless charging dan fast charging.
  • Pilihan Warna: Midnight Black, Orchid Gray, Deepsea Blue, Maple Gold.
Kabarnya, Galaxy Note 8 akan mulai dijual secara global pada 15 September mendatang dan dibanderol dengan harga mulai dari USD960 atau sekitar Rp.12,8 jutaan. Sedangkan di Indonesia, dikutip dari Kompas Tekno, Galaxy Note 8 bisa dipesan di situs Galaxy Unpacked mulai tanggal 8 September 2017 mendatang.

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »