Pixel dan Pixel XL Resmi Dirilis, Smartphone Baru Google Pengganti Nexus


Google baru saja merilis dua smartphone terbarunya dalam sebuah event yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat pada Rabu dini hari tadi (05/10/2016). Kedua smartphone tersebut diberi nama Pixel dan Pixel XL, sekaligus menggantikan lini Nexus yang selama ini digunakan oleh Google sebagai nama brand untuk smartphone Android mereka.

Untuk desainnya, Google menghadirkan smartphone Pixel dan Pixel XL ini dengan bahan yang terbuat dari aluminium, lengkap dengan kaca pelapis pada bagian depan dan sebagian panel belakang. Di bagian belakang terdapat kamera utama yang terlihat rata dengan body smartphone dan juga fitur pemindai sidik jari atau fingerprint yang diberi nama Pixel Imprint. Tidak ketinggalan Google juga menempatkan huruf “G” di bagian belakang bawah smartphone sebagai logo branding.

Baca juga: Pixel Launcher: Launcher Android Nougat Terbaru dari Google

Pixel dan Pixel XL ini hadir dengan spesifikasi yang hampir sama. Hanya saja yang membedakan dari kedua smartphone yang dilabeli dengan “Made by Google” tersebut adalah ukuran layar dan kapasitas baterai yang digunakan. Pixel mengusung layar AMOLED 5 inchi beresolusi Full HD 1080x1920 pixel 441 ppi, sedangkan Pixel XL mengusung layar AMOLED 5,5 inchi Quad HD beresolusi 1440x2560 pixel 534 ppi. Layar dari kedua smartphone tersebut sama-sama telah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 4.

Google Pixel

Untuk spesifikasi lainnya, Pixel dan Pixel XL sama-sama menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 821 octa-core 64 bit 2.15 GHz, RAM 4 GB, memori internal 32 GB atau 128 GB, sistem operasi Android 7.1 Nougat yang telah mendukung Daydream VR, USB Type-C, kamera belakang 12.3 megapixel dengan aperture f/2.0, 1.55 um, sensor Sony IMX378, kamera depan 8 megapixel. Kamera dari kedua smartphone tersebut diklam jadi yang terbaik, karena memiliki skor 89 dari hasil tes DxOMark. Untuk kapasitas baterai, Pixel menggunakan baterai sebesar 2770 mAh, sedangkan Pixel XL menggunakan baterai sebesar 3450 mAh, keduanya juga telah dilengkapi dengan fitur fast charging.

Menariknya, Pixel dan Pixel XL sama-sama dilengkapi dengan Google Assistant, yang merupakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh Google, dan Google juga memberikan layanan cloud storage tanpa batas. Sehingga foto atau video yang dihasilkan Pixel dan disimpan di cloud storage tetap dalam ukuran aslinya atau tidak akan di kompres.

Bicara soal harga, Pixel dan Pixel XL nantinya akan dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Untuk varian Pixel dengan memori internal 32 GB akan dijual dengan harga $649 atau sekitar Rp. 8,5 juta dan untuk memori internal 128 GB akan dijual dengan harga $749 atau sekitar Rp. 9,8 juta. Sedangkan untuk varian Pixel XL dengan memori internal 32 GB akan dijual dengan harga $769 atau sekitar Rp. 10 juta dan untuk memori internal 128 GB akan dijual dengan harga $869 atau sekitar Rp. 11,3 juta. Kedua smartphone tersebut akan hadir dengan tiga varian warna, yakni Quite Black, Very Silver dan Really Blue.

Bagaimana? Apa kamu berminat untuk memboyong smartphone dari sang empunya Android ini?

Bagikan artikel ini:
Next Page
« Next Page
Previous Page
Previous Page »