Google Umumkan Android 8.0 Oreo Sebagai Nama Resmi Android O


Android 8.0 Oreo

Akhirnya Google telah mengumumkan nama resmi Android O adalah Android 8.0 Oreo. Nama resmi untuk Android berikutnya tersebut diumumkan pada acara yang digelar oleh Google bertepatan dengan fenomena Gerhana Matahari Total yang terjadi di belahan Bumi bagian Amerika Serikat pada Senin malam (21/8/2017).

Android 8.0 Oreo hadir dengan membawa banyak sekali perbaikan dan fitur menarik, diantaranya Picture-in-Picture, Notification Dots, Autofill with Google, Smart Text Selection, Google Play Protect, Background limits, Adaptive icons, AAudio API for Pro, Audio WebView enhancements, dan Java 8 Language APIs and runtime optimizations. Semua perbaikan dan fitur baru tersebut bisa kamu baca ulasan selengkapnya melalui artikel dibawah ini:
Selain itu, Android 8.0 Oreo juga masih membawa beberapa fitur menarik lainnya seperti desain emoji baru, Fluid Experiences, Project Treble dan lain-lain.


Kabarnya, update Android 8.0 Oreo akan pertama digulirkan secara OTA (Over The Air) untuk perangkat buatan Google, yaitu Nexus dan Pixel. Sementara itu, Google menjanjikan update Android 8.0 Oreo akan tersedia untuk perangkat buatan vendor lain pada akhir 2017 ini.

Sebelumnya, penggunaan nama biskuit "Oreo" sebagai nama resmi Android O memang sudah banyak yang menduga sejak Android O resmi dirilis pertama kali di event Google I/O 2017 pada Mei 2017 lalu. Hal tersebut karena sudah menjadi kebiasaan Google yang memang selalu menggunakan nama camilan manis pada setiap versi Android yang telah diluncurkan.

Dan jika kita ingat kembali, sebenarnya ini bukan kali pertama Google bermitra dengan perusahaan makanan ringan terkenal untuk penggunaan nama Android. Karena pada tahun 2013 lalu, Google juga pernah menggunakan nama sebuah coklat batangan yaitu "KitKat" sebagai nama resmi untuk Android 4.4.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Sebelumnya
« Sebelumnya
Selanjutnya
Selanjutnya »