Skip to main content

6 Faktor Pengajuan Kartu Kredit Ditolak dan Cara Mengatasinya

pengajuan kartu kredit ditolak
Kartu kredit (image: pexels.com)

Di era modern seperti sekarang ini transaksi keuangan dengan memakai kartu kredit sudah menjadi hal yang biasa. Sebab banyak orang yang memilih untuk melakukan pembayaran belanja, tagihan sampai dengan cicilan pakai kartu kredit karena memang dikenal mudah serta jauh lebih aman dibandingkan dengan transaksi memakai uang secara langsung atau tunai.

Saat ini pun, tidak sedikit diantara masyarakat Indonesia yang mengajukan atau membuat kartu kredit, dikarenakan memang butuh dan ingin memakainya. Namun jika dibandingkan dengan pengajuan yang approve atau diterima, lebih banyak diantaranya pengajuan kartu kredit ditolak oleh bank karena berbagai kebijakan dan syarat dari bank yang bersangkutan.

Penyebab Pengajuan Kartu Kredit Ditolak

Berikut beberapa faktor yang membuat pengajuan kartu kredit ditolak oleh bank:

1. Penghasilan Tidak Mencukupi

Salah satu syarat penting saat membuat kartu kredit adalah secara keuangan kamu harus mampu, karena jika tidak mampu atau layak, maka otomatis bank sendiri akan menolak permintaan pembuatan tersebut.

Jadi jika secara umum penghasilan kamu masih ada di bawah syarat pengajuan, tentunya bank akan menolaknya, karena ditakutkan tidak mampu membayar kewajiban atas tagihan.

2. Dokumen Tidak Lengkap

Kelengkapan dokumen ini kerab kali disepelekan saat mengajukan kartu kredit, padahal termasuk dalam bagian utama serta penting yang nantinya akan dinilai oleh bank. Yaitu untuk memastikan bahwa calon nasabah tersebut telah memenuhi syarat yang diminta oleh pihak bank, serta dinilai memang layak untuk diapprove atau disetujui permintaannya.

Jadi jika ada satu saja dokumen yang kurang otomatis akan mempengaruhi prosesnya, serta bisa menyebabkan pengajuan kartu kredit ditolak.

3. Gagal Dalam Proses Verifikasi

Jika bank gagal dalam melakukan verifikasi kepada nasabah, maka nantinya akan menurunkan kepercayaan bank kepada kamu. Verifikasi ini sendiri dilakukan guna memastikan bahwa data yang diberikan benar, nomor juga dapat dihubungi, sehingga dapat digunakan untuk meminimalisir risiko yang tidak diinginkan oleh bank tersebut.

4. Data yang Mencurigakan

Jika ada indikasi bahwa kamu melakukan pemalsuan data, kondisi ini bisa dengan mudah dicek oleh bank. Kecurangan dalam pemberian data yang dilakukan oleh calon nasabah ini bisa berdampak fatal, karena akan menurunkan kepercayaan bank kepada kamu. Sehingga pada akhirnya nanti permintaan pengajuan kartu kredit ditolak oleh bank.

5. Punya Riwayat Kredit yang Buruk

Selanjutnya bank juga akan menilai bagaimana riwayat kredit kamu melalui SLIK OJK, ketika ditemukan bahwa riwayat kredit buruk, seperti diantaranya adalah banyak memiliki hutang yang belum diselesaikan. Hal ini secara otomatis akan berdampak terhadap permintaan pengajuan kartu kredit kamu yang sudah pasti nantinya akan ditolak.

6. Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Memang ada banyak orang yang punya lebih dari satu kartu kredit. Tapi tidak akan menjadi masalah bagi sebagian bank asalkan nasabah dapat membayar tagihan kartu kredit dengan lancar.

Namun jika seandainya sudah terlihat bahwa kamu punya banyak hutang kartu kredit serta memaksakan diri untuk membuat lagi yang baru, maka harus siap bahwa nantinya permintaan pengajuan atau pembuatan tersebut sudah pasti akan ditolak oleh bank, karena bank juga tidak mau mengambil risiko.

Baca juga:

Cara Mengatasi Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Bank

pengajuan kartu kredit
Pengajuan kartu kredit (image: freepik.com)

Jika seandainya pengajuan kartu kredit yang kamu lakukan tersebut sudah ditolak oleh bank, maka jangan bingung dulu, karena ada beberapa langkah atau alternatif yang dilakukan untuk mengatasinya, yaitu:

1. Memperbaiki Riwayat Kredit

Riwayat kredit yang buruk masih tetap bisa kamu perbaiki, caranya adalah dengan menutup hutang yang dimiliki hingga lunas, karena dengan hutang yang dilunasi maka nantinya skor kredit yang dimiliki juga meningkat. Sehingga otomatis permintaan pengajuan juga akan diterima.

2. Pilih Kartu Kredit yang Sesuai Dengan Kemampuan Keuangan

Jika gaji kamu tidak terlalu besar, maka jangan memaksakan diri ambil kartu kredit yang nilai limitnya di luar kemampuan, kamu dapat menyiasatinya yaitu dengan memilih produk kartu kredit yang sesuai kemampuan keuangan, apalagi sebenarnya bank sendiri menawarkan banyak pilihan produk kartu kredit terbaik untuk kamu.

3. Melengkapi Semua Dokumen yang Diminta Oleh Bank

Pengajuan kartu kredit ditolak karena dokumen yang kurang lengkap juga masih bisa diperbaiki, karena pada dasarnya bank sendiri akan meminta kamu untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang masih ada. Sehingga nantinya ketika dokumen tersebut sudah lengkap, maka perusahaan atau bank bisa segera memproses permintaan kamu.

Nah itulah beberapa faktor pengajuan kartu kredit ditolak dan cara mengatasinya. Pengajuan kartu kredit akan jadi lebih mudah dengan adanya layanan pembuatan berbasis online, seperti yang ditawarkan oleh bank BCA.

Selain dari segi pembuatannya yang mudah, kartu kredit yang dikeluarkan oleh BCA ini juga punya banyak kelebihan jika dibandingkan dengan perbankan yang lainnya, mulai dari segi bunga yang ringan, serta tingkat kepercayaan atau reputasi perbankan tersebut. Pengajuan kartu kredit secara online dapat kamu lakukan melalui layanan dari KlikBCA.

Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.