Skip to main content

9 Rekomendasi Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

aplikasi wajib dimiliki mahasiswa
Ilustrasi kegiatan mahasiswa (image: pexels.com)

Menjadi seorang mahasiswa tentunya akan dihadapkan dengan jadwal kuliah yang padat, tugas yang menumpuk, hingga berbagai kegiatan keorganisasian. Oleh karena itu, perlunya berbagai aplikasi wajib untuk mahasiswa yang bisa membantu agar semua kegiatan dan tugas-tugas kampus dapat lebih terorganisir dan lebih efisien sehingga akan meningkatkan produktivitas mahasiswa selama kegiatan akademik.

9 Aplikasi yang Wajib Dimiliki Mahasiswa

Berikut beberapa aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa bisa diakses menggunakan smartphone ataupun laptop kapan pun dan di mana pun, sehingga akan sangat menunjang kegiatan akademik mahasiswa.

1. Microsoft Office 365

Sebagai mahasiswa, kamu pasti sering berurusan dengan berbagai dokumen, presentasi, dan spreadsheet. Oleh karena itu, Microsoft Office 365 menyediakan berbagai paket aplikasi untuk produktivitas, salah satunya yang sering digunakan yaitu Word, Excel, dan PowerPoint yang sangat membantu menyelesaikan tugas, membuat presentasi dan mengelola data dengan efisien.

Salah satu kelebihan Microsoft Office 365 ini dapat di akses secara online dan dokumen dapat tersimpan di cloud yang terhubung dengan akun Outlook. Selain itu, ada pula fitur kolaborasi yang memungkinkan untuk berbagi dokumen dengan teman sekelas.

2. Evernote

Evernote adalah aplikasi catatan yang memungkinkan mahasiswa untuk untuk mengorganisir segala informasi yang dimiliki. Seperti menyimpan ide, mengelola catatan dan proyek kuliah, hingga menyimpan artikel penting dari website.

Aplikasi Evernote menjadi salah aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa karena tersedia di berbagai platform, seperti di Windows, Android, dan iOS. Selain itu, berbagai catatanmu yang tersimpan di Evernote juga dapat diakses langsung dengan login di website resminya.

3. Trello

Trello adalah aplikasi manajemen proyek yang didesain dengan antarmuka seperti papan. Melalui aplikasi ini, mahasiswa dapat mengatur jadwal tugas, mengelompokkan tugas dan memantau perkembangan pekerjaan mereka dengan lebih terstruktur.

4. Aruna AI

Aruna AI

Aruna AI adalah platform chatbot AI yang dibangun menggunakan teknologi ChatGPT yang merupakan teknologi Artificial Intelligence (AI) terdepan besutan OpenAI.

Sebagai chatbot AI yang informatif, Aruna AI juga dapat membantu mahasiswa mengatasi berbagai tantangan akademik yang dihadapi. Seperti membantu mahasiswa memahami materi perkuliahan yang sulit dengan memberikan penjelasan konsep dan contoh yang mudah dimengerti sehingga mahasiswa dapat lebih menguasai materi tersebut.

Selain itu, Aruna AI juga dapat memberikan saran dan tips untuk mengerjakan berbagai tugas kuliah, seperti makalah, presentasi, laporan penelitian, hingga membantu mengerjakan skripsi. Tak hanya itu, Aruna AI juga dapat merekomendasikan sumber belajar berkualitas seperti buku, jurnal, website, atau video tutorial yang relevan dengan mata kuliah yang sedang ditempuh mahasiswa. Hal ini akan sangat membantu memperkaya materi referensi mahasiswa.

Perlu diperhatikan, meskipun sangat membantu menunjang kegiatan akademik mahasiswa, namun sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan Aruna AI untuk mengerjakan tugas skripsi secara keseluruhan. Sebab, Aruna AI hanya dapat membantu berbagai tahapan pengerjaan skripsi, seperti menyusun outline, kerangka, dan menyarankan struktur penulisan yang baik, seperti tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan pada draft tugas agar tugas skripsi dapat diselesaikan dengan maksimal.

Selain dapat membantu mahasiswa di bidang akademik, Aruna AI juga dapat memberikan rekomendasi tempat hangout yang cocok dengan budget mahasiswa, hingga merekomendasikan daftar film dan hiburan di kala mereka sedang gabut.

Chatbot Aruna AI dapat diakses melalui WhatsApp dengan biaya berlangganan yang cukup terjangkau, mulai dari Rp10.000 dengan pilihan paket harian, mingguan, hingga bulanan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjugi websitenya di https://rupa.ai/aruna-ai/.

5. Google Calendar

aplikasi untuk mahasiswa

Google Calendar dapat membantu mahasiswa untuk membuat jadwal dengan mudah, mengatur pengingat, dan membagikan jadwal acara dengan teman atau keluarga. Selain itu, Google Calendar ini juga dapat sinkronisasi jadwal antar perangkat dan terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti Google Meet, sehingga mahasiswa dapat langsung mengakses jadwal pertemuan online dari Google Calendar.

6. Grammarly

Grammarly merupakan sebuah alat pengecekan tata bahasa dan ejaan yang sangat berguna bagi mahasiswa saat menulis tugas, esai, atau makalah. Grammarly menjadi rekomendasi aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa karena dapat membantu mahasiswa dalam memperbaiki kesalahan tata bahasa dan ejaan serta memberikan saran untuk penulisan dengan baik dan benar.

Baca juga:

7. Duolingo

Bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing, Duolingo menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini menawarkan berbagai kursus bahasa dengan metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Belajar bahasa asing bisa menjadi lebih mudah dan efektif dengan latihan harian yang diberikan Duolingo.

8. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi dari Indonesia milik Perpustakaan Nasional (Perpusnas). iPusnas juga menjadi aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa karena memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi dari perpustakaan digital yang tersedia di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga bisa mencari jurnal, tesis, dan ebook dari berbagai universitas di Indonesia.

9. Google Drive

Sering kali kita jumpai masalah draft tugas dari mahasiswa yang disimpan di laptop hilang karena perangkat rusak. Oleh karena itu, penting sekali memanfaatkan layanan cloud storage seperti Google Drive untuk membackup berbagai dokumen, seperti tugas skripsi, foto dukumentasi, dan berbagai file penting lainnya.

Kelebihan layanan cloud storage seperti Google Drive ini kamu dapat mengakses kembali file kamu di berbagai perangkat kapan pun dan di mana pun, serta dukungan berbagi file dengan teman dengan mudah.

Nah itulah beberapa aplikasi yang wajib dimiliki mahasiswa. Penting bagi mahasiswa untuk memilih dan menggunakan berbagai aplikasi di atas dengan bijak agar kegiatan akademik tetap berjalan dengan lebih terorganisir dan lebih efisien.

Indra DP
Indra DP
Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.