Skip to main content

Kenali Ciri-ciri Skin Barrier Rusak dan Cara Mengatasinya

skin barrier
skin barrier (image: freepik.com)

Pernahkah kamu mengalami kulit wajah menjadi kemerahan saat terlalu lama terpapar sinar matahari? Jika iya, kemungkinan kulit wajah kamu mengalami masalah, dimana hal tersebut adalah salah satu tanda jika skin barrier wajahmu yang mulai rusak.

Apa Itu Skin Barrier?

Skin barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi melindungi kulit dari efek paparan radikal bebas yang masuk ke dalam kulit yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Selain itu, skin barrier ini juga berfungsi untuk menjaga kelembapan alami pada kulit dan mencegah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet, polusi, kuman dan bakteri, hingga zat kimia.

Dikarenakan memiliki peran yang sangat penting, jika skin barrier rusak maka akan memicu berbagai masalah kulit yang tentunya akan mengganggu kenyamanan seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri ciri skin barrier rusak dan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Skin Barrier yang Rusak

Kerusakan pada skin barrier dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

  • Faktor lingkungan yang lembab atau kering
  • Pola hidup yang kurang sehat
  • Penggunaan produk skincare yang tidak cocok dengan kulit
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Sering terkena paparan sinar UV
  • Terkena zat alergen yang bisa memicu munculnya reaksi alergi
  • Terkena paparan zat kimia
  • Stres yang tidak dikelola dengan baik
  • Proses penuaan

Ciri-ciri Skin Barrier yang Rusak dan Cara Mengatasinya

Skin barrier yang rusak akan menimbulkan beberapa gejala yang dapat diketahui dengan mudah. Berikut ciri-ciri skin barrier rusak yang penting kamu ketahui dan cara mengatasinya:

1. Kulit Terlihat Kusam

Ciri-ciri skin barrier rusak yang pertama dapat dilihat dengan kulit, terutama bagian wajah yang terlihat kusam. Hal tersebut dikarenakan kulit yang kehilangan kelembapannya dan akan terlihat kusam kering, dan kadang bersisik.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga skin barrier kulit sekaligus kelembaban alaminya dengan menggunakan Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum 35ml. Ini merupakan serum wajah khusus pria yang dapat menyegarkan dengan bekerja secara ganda untuk melawan tampilan wajah kusam dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

kahf skin barrier

Kandungan Alpha Arbutin dan Niacinamide 7% di dalam Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum 35ml ini dapat menyamarkan noda hitam dan meratakan pigmen wajah sehingga wajah tampak cerah kembali.

2. Kulit Mudah Iritasi

Skin barrier yang sehat, dapat menjaga kelembaban kulit dan melindungi paparan partikel dan zat yang berbahaya yang masuk ke dalam kulit. Jika skin barrier rusak, maka kulit menjadi lebih rentan terhadap iritasi dan masalah kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk selektif dalam memilih produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit kamu.

3. Wajah Mudah Berjerawat

Kerusakan pada skin barrier juga memicu timbulnya jerawat pada wajah. Hal tersebut karena skin barrier yang rusak tidak dapat melindungi kulit dari bakteri serta menyebabkan produksi minyak alami kulit yang berlebihan.

Untuk mencegah jerawat yang muncul akibat skin barrier yang rusak, rajin bersihkan wajah dengan teratur, dan gunakan produk Kahf Face Wash Triple Action Oil and Comedo Defense yang bekerja mengangkat komedo dan minyak berlebih penyebab jerawat.

4. Kulit Terlihat Kemerahan

Ciri-ciri skin barrier rusak selanjutnya yaitu kulit yang mudah meradang cenderung tampak kemerahan dan terasa tidak nyaman. Kemerahan pada kulit ini seringkali muncul pada wajah, hidung, dahi, dan pipi karena paparan sinar matahari atau reaksi alergi tertentu.

Kemerahan pada kulit ini dapat bersifat sementara atau menjadi masalah kulit yang lebih parah tergantung tingkat kerusakan skin barrier dan faktor lainnya. Untuk mengatasi kulit yang kemerahan, pastikan untuk selalu menggunakan skincare yang cocok untuk kulit sensitif kamu.

Baca juga:

5. Kulit Terasa Kasar

Kulit terasa kasar atau tidak halus juga salah satu ciri-ciri skin barrier rusak. Ciri-ciri tersebut sering kali muncul pada area wajah, lengan dan kaki. Jika kamu mengalami tekstur kulit yang kasar, bisa gunakan produk Kahf Brightening and Texture Refining Face Serum 35ml yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit yang kasar dengan memberikan kelembaban maksimal agar kulit kembali sehat dan cerah.

6. Kulit Terasa Kering dan Dehidrasi

Skin barrier yang rusak juga dapat mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap minyak alami kulit yang akan membuat kulit akan lebih terasa kering dan dehidrasi.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan produk Kahf All-in-One Power Toning Face Spray 100 ml yang merupakan face spray gel-to-mist khusus pria yang membantu kulit wajah agar selalu dalam kondisi terbaik. Kombinasi Encapsulated Swiss Glacial Water dan ekstrak Arctic Marine Algae dapat membantu menyegarkan dan menghidrasi kulit.

7. Munculnya Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi dimana terjadi peningkatan produksi pigmen melanin yang memicu munculnya bercak atau daerah gelap di area tertentu pada kulit, seperti wajah. Selain itu, adanya penumpukan sel kulit mati dapat menghambat regenerasi kulit yang juga menyebabkan bercak hiperpigmentasi.

Untuk mengatasi Hiperpigmentasi ini, usahakan tidak sering terpapar sinar matahari secara langsung serta gunakan produk sunscreen, mengonsumsi vitamin, dan menggunakan krim kulit sesuai resep dokter.

Nah itulah beberapa ciri-ciri skin barrier rusak dan cara mengatasinya. Menjaga kesehatan skin barrier adalah kunci untuk memiliki kulit yang sehat. Namun, jika kamu mengalami masalah skin barrier di atas, maka segeralah memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan khusus kamu.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.