Cara Menghilangkan Memar dengan Bahan Rumahan

ilustrasi memar

Memar di bagian tubuh aktif seperti tangan dan kaki, pastinya membuat kita kesulitan untuk bergerak. Selain menimbulkan jejak biru yang disertai dengan rasa nyeri, memar juga berpengaruh pada penampilan kita. Untuk itu, agar luka memar dapat memudar, dibutuhkan cara menghilangkan memar yang efektif, serta mudah dicari di sekitar tempat tinggal kita.

Timbulnya memar di tubuh kita, tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya melakukan olahraga berat, keseleo, terbentur benda berat, terjatuh dan masih banyak lagi. Memar sendiri merupakan kondisi dimana darah di bawah kulit terperangkap, karena kerusakan pada pembuluh darah. Kemudian darah yang terperangkap kembali diserap oleh tubuh, sehingga timbul biru-biru di kulit kita.

Adapun memar yang timbul di tubuh kita umumnya bertahan cukup lama, sekitar 2-3 minggu atau bahkan lebih dari itu. Cara menghilangkan memar yang bisa kita lakukan pun beragam. Kita bisa menggunakan bahan rumahan untuk memudarkan serta menghilangkan memar di tubuh kita. Berikut ini beberapa bahan rumahan yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan memar:

{tocify} $title={Daftar Bacaan:}

Mengompres dengan Es

Dengan mengompres es di area memar sedini mungkin, dapat mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan di sekitarnya. Cara ini dapat membuat memar yang timbul di permukaan kulit nampak samar dan mengurangi pembengkakan.

Caranya pun sederhana yaitu dengan membalut es ke dalam kain ataupun handuk. Lalu meletakkannya pada area memar selama 10 menit. Kemudian ulangi langkah tersebut setelah 20 menit berlalu.

Mengompres dengan Air Hangat

Setelah beberapa kali kamu mengompres luka memar dengan es, berikutnya lakukanlah aktivitas mengompres ini dengan menggunakan air hangat. Hal ini berguna agar meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, sehingga berguna membersihkan darah yang terperangkap pada memar.

Selain itu, mengompres dengan menggunakan air hangat dapat melonggarkan otot yang tegang dan meredakan rasa sakit. Untuk mengompres dengan menggunakan air hangat, kamu perlu menunggu sampai 2 hari setelah memar tersebut muncul.

Memakai Bromelain

Bromelain merupakan percampuran enzim yang ada di dalam buah nanas. Enzim ini memiliki kandungan anti peradangan, sehingga dapat membantu mengurangi memar ataupun bengkak di kulit. Penggunaannya pun cukup dengan mengoleskannya sebanyak 2-3 kali sehari.

Kandungan enzim bromelain ini, terkadang juga direkomendasikan untuk cara menghilangkan memar setelah operasi. Namun penggunaannya perlu mendapat saran dari dokter, dan pastikan penggunanya tidak memiliki alergi terhadap buah nanas.

Mengoleskan Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang memiliki sejuta manfaat. Ini pun juga berlaku untuk menghilangkan ataupun memudarkan luka memar di kulit kita. Untuk hasil yang lebih baik lagi, pastikan kalau gel lidah buaya yang kalian gunakan adalah asli. Bacalah terlebih dahulu kandungan lidah buaya yang ada di kemasan, serta gunakan sesuai panduan yang telah tertera di sana.

Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C memiliki kandungan anti peradangan, yang dapat membantu menyembuhkan luka. Vitamin ini memiliki bentuk dan jenis yang beragam, misalnya krim, gel, serum, dan masih banyak lagi. Vitamin C menjadi rekomendasi obat menyamarkan atau menghilangkan memar di kulit kita secara efektif.

Kita pun juga bisa mengkonsumsi vitamin C yang berbentuk suplemen. Ataupun memakan buah dan sayuran yang mengandung vitamin C. Secara keseluruhan vitamin C memiliki kandungan yang berguna untuk menjadi cara menghilangkan memar paling efektif.

Pada umumnya, luka memar yang ada di kulit kita, akan memudar dengan sendirinya. Tapi, jika luka memar tak kunjung membaik, bahkan menimbulkan gejala lain yang tidak nyaman. Kamu pun perlu untuk pergi ke dokter, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Artikel selengkapnya kamu bisa lihat di sumber nya, dan mengenai informasi artikel lainnya kamu bisa kunjungi situs IndoZone.

Post a Comment (0)