Skip to main content

Cegah Kolam Ikan Bocor dengan PRO-X Pelapis Kolam Anti Bocor

pelapis kolam ikan anti bocor
Kolam ikan (image: pro-xhome.com)

Memiliki kolam ikan sendiri di rumah tentu menambah nilai estetika tersendiri karena menjadi elemen dekoratif yang menarik dan juga dipercaya dapat memberikan nuansa relaksasi untuk penghuninya. Agar kolam ikan tetap bersih, aman, dan terhindar dari kebocoran, dalam pembuatan kolam ikan memerlukan perhatian khusus tersendiri, terutama dalam memilih pelapis kolam anti bocor.

Selain pemilihan material bangunan yang bagus, pembuatan kolam ikan juga membutuhkan pelapis kolam anti bocor yang tepat agar volume airnya tetap terkontrol. Sebab jika tidak diberi lapisan, air bisa saja merembes dan menyebabkan beberapa masalah lain seperti kolam berlumut hingga menyebabkan kondisi dinding kolam semakin rapuh.

Perlu diketahui, pelapis kolam anti bocor adalah lapisan kedap air yang diaplikasikan pada permukaan kolam untuk mencegah kebocoran. Biasanya, produk ini terbuat dari berbagai bahan seperti semen, polimer dengan campuran bahan aditif khusus yang menjadikan pelapis ini dapat lebih elastis, kuat, dan tahan air.

Jenis Pelapis Kolam Anti Bocor

Di pasaran, terdapat beragam jenis pelapis kolam anti bocor, setiap jenisnya memiliki karakteristik dan keunggulan unik. Berikut beberapa jenis pelapis anti bocor yang biasa digunakan:

1. Pelapis Geomembran HDPE

Geomembran HDPE (High-Density Polyethylene) adalah jenis pelapis anti bocor yang terbuat dari Polyethylene dengan kepadatan yang tinggi serta memiliki struktur yang fleksibel dan juga kedap air.

Kelebihan pelapis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap sinar UV serta bahan kimia, mudah dipasang dan memiliki masa pakai yang panjang sehingga menjadi pilihan yang ideal untuk kolam ikan skala besar.

2. Pelapis EPDM Rubber

Pelapis EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) Rubber terbuat dari karet sintetis yang elastis dan tidak mengandung bahan berbahaya bagi ikan, sehingga aman digunakan untuk kolam ikan yang sensitif.

Kelebihan dari jenis pelapis kolam anti bocor ini adalah tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, sangat fleksibel, dan tidak mudah robek sehingga memiliki umur pakai yang cukup lama.

3. Pelapis Semen Polimer

Pelapis semen polimer merupakan pelapis kolam anti bocor yang terbuat dari campuran semen dan polimer. Pelapis jenis ini juga paling banyak digunakan karena mudah diaplikasikan, sebab penggunaannya seperti semen pada umumnya. Biasanya pelapis jenis ini digunakan dalam pemasangan keramik pada kolam.

PRO-X, Rekomendasi Pelapis Kolam Anti Bocor

pelapis anti bocor pro-x

PRO-X adalah salah satu rekomendasi pelapis anti bocor yang terbuat dari bahan dasar semen yang dikombinasikan dengan filler, zat aditif dan akrilik polimer yang diformulasikan agar memberikan daya kedap air yang tinggi dan mudah untuk diaplikasikan.

Dengan produknya bernama PRO-X 207, pelapis anti bocor ini sangat mudah diaplikasikan untuk beragam area baik eksterior maupun interior seperti, kolam ikan, kolam renang, kamar mandi, balkon, bak beton, dan berbagai area terendam lainnya seperti ground water tank hingga basement.

Pelapis anti bocor PRO-X merupakan produk hasil kolaborasi dari dua brand ternama, yaitu Avian Brands dengan teknologi anti bocor yang ada di produk No Drop dan Mortar Utama dengan teknologi semen instannya yang memberikan solusi waterproofing untuk segala konstruksi bangunan, seperti salah satunya sebagai pelapis pada dinding kolam ikan.

Adanya kandungan Acrylic Copolymer berkualitas tinggi pada pelapis kolam anti bocor PRO-X memberikan daya rekat yang kuat dan tahan air dua kali lipat dari produk lain, sehingga efektif mencegah kebocoran pada berbagai jenis kolam, seperti kolam ikan.

Selain itu, produk PRO-X juga ramah lingkungan dan tidak mengandung racun, jadi sangat aman digunakan pada kolam ikan, kolam renang, atau area penampungan air.

Produk pelapis anti bocor PRO-X tersedia berbagai kemasan sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, baik untuk kolam ikan berukuran kecil maupun besar.

Dengan memilih pelapis kolam anti bocor yang tepat, kamu dapat memastikan kolam ikan tetap bersih, aman, dan terhindar dari kebocoran yang dapat merusak dinding kolam ikan. Jadi, pastikan kamu memilih produk pelapis kolam anti bocor PRO-X untuk melindungi kolam ikanmu dari risiko kebocoran!

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.