Skip to main content

Mengenal Privy, Penyelenggara Sertifikat Elektronik Terpercaya

sertifikat elektronik
image: privy.id

Memasuki era yang serba digital saat ini, kebutuhan akan keamanan data dan identitas digital semakin meningkat. Salah satu cara dalam menjaga keamanan dokumen adalah dengan menggunakan sertifikat elektronik sehingga kamu tidak perlu lagi memberikan tanda tangan basah di sebuah dokumen. Jenis sertifikat ini biasanya dikeluarkan secara resmi oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE).

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) ini memegang peran penting dalam mendukung ekosistem digital, seperti memvalidasi keaslian dan integritas dokumen serta transaksi digital.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) dan keuntungan menggunakan sertifikat elektronik:

Mengenal Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE)

Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) merupakan badan hukum yang dipercaya menyelenggarakan proses sertifikasi elektronik. Adapun peran utama PSrE ini diantaranya memastikan keamanan dan keandalan identitas digital, penandatanganan elektronik, dan penyediaan sertifikat digital.

Penyelenggara Sertifikat Elektronik sendiri diatur oleh Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), yang kemudian diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016. Peraturan ini memberikan landasan hukum yang mengatur pembentukan serta fungsi PSrE dalam lingkungan transaksi elektronik.

PSrE berperan sebagai entitas yang independen dan terpercaya dalam menerbitkan hingga mengaudit sertifikat elektronik. PSrE bertanggungjawab penuh dalam proses verifikasi identitas digital dari pihak yang terlibat langsung seperti individu, perusahaan, atau lembaga dalam transaksi elektronik. Dengan demikian, PSrE berperan penting dalam membangun kepercayaan di antara pelaku bisnis dan konsumen.

Keuntungan Menggunakan Sertifikat Elektronik

Menggunakan sertifikat elektronik memiliki beragam keuntungan di era digital seperti saat ini. Sebab, sertifikat elektronik dalam dunia digital umumnya digunakan untuk memvalidasi transaksi yang dilakukan secara online. Berikut beberapa keuntungan menggunakan sertifikat elektronik:

1. Jaminan Validitas Informasi

Dokumen yang bersertifikat elektronik atau digital akan dienkripsi dengan teknologi kriptografi unuk menjamin validitas atas informasi di dalamnya. Jadi perubahan sekecil apa pun yang dilakukan pada dokumen yang mengandung sertifikat elektronik setelah dokumen tersebut ditandatangani akan dengan mudah diketahui.

Tentunya ini untuk menghindari modifikasi informasi dan konten dalam suatu dokumen dan membuat kedudukan informasi dalam dokumen yang dibuat oleh penerbit sertifikat elektronik menjadi tidak dapat diganggu gugat.

2. Dapat Memverifikasi Identitas Digital

keuntungan sertifikat elektronik
image: privy.id

Seperti yang telah disebutkan di awal, Salah satu tugas Penyelenggara Sertifikat Elektronik adalah melakukan verifikasi identitas digital. Adapun proses verifikasi digital ini biasanya dilakukan melalui alamat email, nomor telepon, KTP, hingga sistem verifikasi biometrik seperti face recognition.

Proses verifikasi digital ini umumnya menggunakan sistem verifikasi berlapis guna memastikan bahwa informasi identitas yang didaftarkan memang valid dan meminimalisir risiko penggunaan identitas palsu.

3. Memberikan Kekuatan Hukum

Sertifikat elektronik yang mengandung tanda tangan digital jenis ini dilindungi dengan enkripsi tingkat tinggi serta kriptografi asimetris sehingga memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah no. 82 tahun 2012 dan UU ITE tahun 2008, Tanda tangan digital di dokumen yang sudah bersertifikat elektronik memiliki kekuatan hukum setara dengan tanda tangan non elektronik.

4. Mempermudah Transaksi Digital

Transaksi digital seperti perbankan akan lebih mudah dengan adanya tanda tangan digital yang bersertifikat elektronik. Jadi proses verifikasi identitas nasabah tidak perlu dilakukan berulang kali, sebab penerbit sertifikat elektronik hanya akan menerbitkan sertifikat elektronik bagi penduduk yang sudah pernah diverifikasi identitasnya.

Dengan demikian, maka calon nasabah yang sudah memiliki sertifikat elektronik tidak perlu mengulangi kembali proses verifikasi identitas yang biasanya akan memakan waktu.

Privy Sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik Terpercaya

penerbit sertifikat elektronik
image: privy.id

Setelah mengetahui apa itu sertifikat elektronik dan keuntungan menggunakannya, perlu diingat kembali bahwa jenis sertifikat ini hanya dapat dikeluarkan oleh Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) sebagai lembaga yang dipercaya untuk menerbitkan sertifikat elektronik.

Dan salah satu Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) terpercaya yang ada di Indonesia adalah Privy yang memiliki izin resmi di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyedia layanan digital certificate issuance.

Privy menawarkan solusi lengkap dengan jaminan keamanan yang terbaik untuk semua kebutuhan administrasi digital kamu, mulai dari identitas digital, tanda tangan digital, hingga pengelolaan dan penerbitan sertifikat elektronik.

Dengan Privy, kamu dapat dengan mudah mendapatkan sertifikat elektronik melalui proses verifikasi KTP serta teknologi canggih seperti teknologi biometrik pengenalan wajah dan teknologi Pengenalan Teks Otomatis (OCR).

Teknologi Pengenalan Teks Otomatis (OCR) dari Privy memiliki kemampuan mengekstrak teks dari gambar dengan tingkat akurasi yang tinggi untuk memastikan identitas terverifikasi dengan cepat dan akurat.

Selain mengamankan identitas digital pengguna, Privy juga menggunakan teknologi deteksi liveness yaitu kemampuan deteksi penipuan online dan pencurian identitas.

Lebih lanjut, Privy bekerja sama dengan database Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil) untuk menerbitkan Sertifikat Elektronik Level 4 yang mana memberikan jaminan keamanan dan keandalan identitas digital.

Sebagai penerbit sertifikat elektronik, Privy berkomitmen penuh untuk menjaga keamanan informasi dan identitas pengguna untuk berbagai keperluan administrasi. Jadi, dapatkan keamanan dan keandalan sertifikat elektronik yang kamu butuhkan dengan Privy!

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.