Skip to main content

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Kolam Renang di Rumah

kolam renang di rumah
Kolam renang di rumah. (image: ruangarsitek.id)

Memiliki kolam renang di rumah menjadi impian banyak orang. Terlebih jika memang kamu memiliki hobi berenang, menghabiskan waktu dengan berenang di kolam renang pribadi tentunya menjadi kenyamanan tersendiri. Selain itu, memiliki kolam renang di rumah juga meningkatkan nilai properti, menambah nilai estetika pada lingkungan dan memberikan kesan mewah suatu rumah.

Tips Persiapan Membuat Kolam Renang Pribadi Di Rumah

Membuat kolam renang di rumah tentunya memerlukan beberapa persiapan yang harus dipertimbangkan terkait pembangunan kolam renang, mulai dari biaya, konstruksi hingga estetika kolam renang itu sendiri agar nantinya kolam renang yang sudah dibangun dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, Berikut adalah beberapa tips yang harus kamu siapkan saat membangun kolam renang di rumah:

1. Pertimbangkan ketersediaan lahan

Hal penting pertama yang harus diperhatikan saat berencana membuat kolam renang di rumah tentu adalah ketersediaan lahan. Idealnya, ukuran kolam renang untuk rumahan adalah sekitar 3 x 7 meter. Jika kamu memiliki lahan terbatas, paling tidak kamu masih perlu area seluas 2 x 8 m untuk membuat kolam renang agar tetap nyaman digunakan.

Selain itu, tingkat kemiringan lahan dan akses untuk menuju lokasi kolam renang juga perlu dipertimbangkan karena berpengaruh pada konstruksi. Sebab, jika lahan milikmu memiliki kemiringan, maka perlu dilakukan perataan yang tentunya akan ada anggaran tambahan.

2. Rencanakan Desain Kolam Renang

Desain kolam juga bagian yang juga perlu diperhatikan saat akan membuat kolam renang di rumah. Desain kolam ini juga harus dipertimbangkan secara matang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, ketersediaan lahan. Umumnya, para kontraktor kolam merekomendasikan desain kolam renang berbentuk persegi panjang karena cocok diterapkan di berbagai hunian dan tentunya dapat menghemat anggaran.

Selain itu, pertimbangkan pula beberapa elemen pendukung kolam renang lainya, seperti vegetasi tanaman sekitar kolam sebagai penyejuk hingga area pool deck untuk beristirahat.

3. Tentukan Anggaran Pembangunan

Setelah mempertimbangkan ketersediaan lahan dan desain kolam renang, hal penting selanjutnya yang diperhatikan saat akan membuat kolam renang di rumah adalah menentukan anggaran untuk pembangunannya. Kamu perlu persiapkan perencanaan biaya untuk konstruksi, peralatan tambahan yang mungkin diperlukan, hingga biaya sewa kontraktor kolam renang.

4. Pertimbangkan Biaya Perawatan

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan biaya perawatan kolam renang tersebut nantinya. Desain dan konstruksi yang kamu pilih sangat memengaruhi biaya perawatan kolam renang. Untuk poin ini, nantinya kamu bisa meminta saran pemeliharaan dan perawatan dari kontraktor mengenai panduan tentang penggunaan sistem filtrasi, perawatan air, dan pembersihan rutin yang diperlukan agar menjaga kolam renang tetap dalam kondisi yang baik.

5. Pilih Kontraktor yang Profesional

Membuat kolam renang di rumah tentunya memerlukan perencanaan yang matang dan keahlian yang tepat. Nah jika kamu berada di area Bandung dan sekitarnya, kamu bisa menggunakan jasa kontraktor kolam renang dari Raga Pool.

Raga Pool adalah kontraktor kolam renang Bandung terbaik yang siap membantu dalam membuat kolam renang pribadi yang indah dan berkualitas sesuai dengan impian kamu.

Kolam renang buatan Raga Pool ini mengutamakan kekuatan dan keamanan struktur kolam renang karena menggunakan beton K350 yang merupakan jenis beton memiliki kekuatan tinggi dan daya tahan yang luar biasa. Dengan menggunakan beton jenis ini, maka kolam renang pribadi dijamin anti bocor dan tahan gempa.

Selain itu, Raga Pool juga menggunakan sistem plumbing yang tepat untuk kolam renang buatannya. Ini penting untuk menghasilkan sirkulasi air kolam yang sempurna, sehingga nantinya akan memudahkan perawatan kolam renang.

Tak perlu khawatir dengan biaya pembuatan, Raga Pool menawarkan harga yang kompetitif dan sesuai dengan kualitas diberikan. Tentu saja biaya jasa pembuatan kolam renang ini akan bervariasi tergantung pada ukuran kolam dan fitur yang kamu pilih.

Jadi, jika kamu sedang mencari jasa pembuatan kolam renang Bandung, percayakan saja pada Raga Pool. Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Raga Pool di www.ragapool.co.id.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.