Skip to main content

6 Rekomendasi Aplikasi Template Invoice Terbaik Agar Bisnis UMKM Makin Laris

invoice
Ilustrasi invoice. (image: freepik.com)

Perkembangan teknologi saat ini membawa kemudahan di berbagai sektor, termasuk sektor bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Berbagai kemudahan kini sudah hadir, salah satunya soal membuat invoice atau faktur. Jika sebelumnya mungkin kamu sering membuat invoice melalui Microsoft Words atau Excel yang cukup ribet, kini prosesnya bisa semakin mudah dengan aplikasi template invoice yang bisa digunakan dengan praktis.

Penggunaan aplikasi template invoice tentunya sangat meningkatkan efisiensi bisnis UMKM. Manfaat ini juga aku rasakan sendiri karena sebelumnya aku sering kerepotan dalam membuat invoice, seringkali membuat kesalahan dalam penulisan data, misalnya memasukkan data penerima pembayaran, daftar produk atau jasa yang dibeli, hingga memasukkan tanggal dan nomor invoice.

Jadi kehadiran aplikasi template invoice sangat membantu dalam mengelola cash flow bisnis UMKM. Karena semua informasi yang diperlukan terstruktur dengan rapi seperti nama customer, rincian pembayaran, tanggal jatuh tempo, dan banyak lagi.

Oleh karena itu, untuk semakin meningkatkan produktivitas bisnis UMKM, berikut ada 6 rekomendasi aplikasi template invoice terbaik yang bisa digunakan untuk desktop dan mobile.

1. Paper.id

template invoice
Aplikasi template invoice Paper.id (image: paper.id)

Paper.id adalah salah satu aplikasi invoice digital gratis terbaik di Indonesia. Dipercaya oleh lebih dari 330.000 pelaku bisnis, Paper.id menyediakan berbagai pilihan template invoice profesional yang siap kamu gunakan untuk mendukung operasional bisnis UMKM-mu.

Melalui Paper.id, kamu bisa membuat invoice digital dan dapat langsung mengirimkannya ke customer dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa membubuhkan e-meterai asli dari PERURI. Ini penting, karena Pemerintah sudah mewajibkan pebisnis untuk menggunakan e-Meterai untuk transaksi di atas Rp5.000.000 sesuai Undang Undang Bea Meterai nomor 10 tahun 2020.

Dan bagi kamu pelaku bisnis UMKM, kamu bisa membuat invoice online yang terintegrasi secara langsung dengan sistem pembayaran gateway melalui PaperPay In. Jadi, kamu tidak perlu lagi menyediakan metode pembayaran satu per satu karena Paper.id telah menyediakan beragam metode pembayaran, seperti Bank Transfer, Kartu Kredit, E-wallet, Tokopedia, Shopee dan Blibli.

Dalam bisnis UMKM, pencatatan jurnal keuangan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk mengetahui kinerja cash flow suatu bisnis, dan Paper.id akan memudahkan kamu dalam melakukan hal ini. Jadi saat kamu membuat invoice, pemasukan juga akan langsung dicatat dalam fitur penjurnalan yang ada di Paper.id, sehingga kamu tidak perlu repot mengumpulkan kwitansi untuk mencatat pengeluaran.

Paper.id juga dilengkapi dengan fitur invoice reminder dimana pebisnis tidak perlu repot mengingatkan customer untuk bayar. Sebab, fitur pengingat ini akan dikirimkan otomatis ke customer oleh sistem melalui WhatsApp, Email, maupun SMS.

Tak hanya mengatur keuangan saja, dalam bisnis UMKM, kamu juga harus memastikan stok barang yang tersedia digudang. Dengan menggunakan paper.id, pencatatan stok barang digudang tidak harus dicatat secara manual sehingga kamu bisa mengakses fitur pencatatan stok gudang ini kapan saja dan dimana saja.

Semua fitur yang ada di atas dapat kamu gunakan secara gratis. Tapi, Paper.id juga menyediakan paket berbayar, Paper+, dimana paket ini menyediakan beberapa tambahan untuk memudahkan transaksimu. Seperti, payment fee yang lebih rendah serta pengingat pembayaran yang lebih fleksibel.

Paper+ tersedia dengan harga Rp598.000 (Rp99.600/bulan) dan Rp1.080.000 (Rp90.000/bulan). Hanya dengan 4 gelas kopi saja, kamu sudah bisa menikmati semuanya. Tentunya ini sangat oke bagi business owner.

2. Invoice2go Apps

Aplikasi template Invoice selanjutnya adalah Invoice2go yang dapat di download secara gratis di perangkat Android, iPhone ataupun desktop. Fitur-fitur yang diusung oleh Invoice2go juga sangat membantu mengelola bisnis UMKM dengan lebih efisien.

Adapun beberapa fitur unggulan yang terdapat di Invoice2go antara lain pilihan berbagai template invoice yang bisa dikustomisasi, manajemen pembayaran, dan metode pembayaran yang mudah melalui fitur QR code. Selain itu, ada pula fitur pelacak pembayaran. Fitur ini memungkinkan pelaku bisnis dapat memantau status pembayaran invoice, sehingga dapat lebih mudah mengetahui apakah invoice sudah dibayar oleh customer atau belum.

3. Invoice Maker & Billing App

aplikasi template invoice
Invoice Maker & Billing App. (image: Google Play Store)

Invoice Maker & Billing App bisa dikatakan merupakan aplikasi template invoice dengan fitur yang cukup lengkap. Karena selain dapat membuat invoice, kamu juga bisa membuat struk pembelian, kwitansi, hingga mengubah struk tagihan menjadi PDF.

4. Billdu Apps

Billdu Apps juga merupakan aplikasi template invoice gratis yang bisa di download secara gratis di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini cocok digunakan oleh freelancer hingga pelaku bisnis UKM. Beberapa fitur unggulan Billdu Apps antara lain pembuatan invoice profesional, pelacak pengeluaran dan penerimaan, hingga dasbor laporan yang tersaji secara intuitif.

5. Zoho Invoice

Zoho Invoice juga merupakan aplikasi invoice yang cukup populer di kalangan pebisnis di perusahan maupun UMKM. Sama seperti Paper.id, Zoho Invoice juga menyediakan berbagai pilihan template invoice profesional yang siap untuk digunakan.

Beberapa fitur di Zoho Invoice dapat kamu gunakan untuk mengelola tagihan bisnis UMKM milikmu. Seperti diantaranya, jadwal invoice, tanda terima pembayaran, hingga pengaturan metode pembayaran otomatis.

6. FreshBooks

FreshBooks adalah aplikasi template invoice yang memiliki fitur andalan seperti pembuatan invoice secara offline. Jadi kamu masih bisa membuat invoice meski tanpa koneksi internet dan akan disinkronkan otomatis setelah terkoneksi kembali dengan internet.

Selain itu, FreshBooks juga menyediakan integrasi dengan aplikasi bisnis lainnya seperti aplikasi pembayaran luar negeri, seperti PayPal. Cocok untuk bisnis UMKM yang sering kirim barang ke luar negeri karena metode pembayaran tetap berjalan lancar.

Nah itulah 6 rekomendasi aplikasi template invoice terbaik. Pengelolaan invoice yang baik dan efiesien adalah komponen kunci dalam menjalankan bisnis UMKM dengan sukses. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada aspek strategis bisnismu dan membangun hubungan yang kuat dengan customer-mu.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.