Skip to main content

Ide Side Income di 2023 untuk Menambah Penghasilan

ide side job
Ide side income. (image: pixabay.com)

Belakangan ini hustle culture ramai menjadi perbincangan hangat di media sosial. Karena terbatasnya penghasilan dan banyaknya target yang ingin dicapai di usia muda, banyak orang kemudian mengambil side job (pekerjaan sampingan). Cara ini dilakukan untuk mendapatkan side income atau penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama.

Meski begitu, masih banyak orang yang kebingungan dalam mencari pekerjaan sampingan. Apalagi jika memikirkan apa side job yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Sebenarnya jawabannya mudah, yakni Kamu bisa menyalurkan bakat atau hobi Kamu untuk dijadikan sumber penghasilan tambahan. Selain itu, Kamu bisa memilih pekerjaan yang memiliki fleksibilitas tinggi, seperti menjadi freelancer.

Mencari kerja sampingan di era sekarang sangatlah mudah berkat adanya media digital. Banyak tawaran side job dengan sistem kerja remote atau dari jarak jauh. Selain itu, Kamu sebagai pekerja side job perlu memiliki rekening online sebagai alat transaksi dengan klien atau pemberi kerja. Selain sebagai alat transaksi, rekening online juga bisa membantu Kamu dalam mengelola keuangan.

Sudah tidak sabar ingin melakukan side job untuk menambah penghasilan? Ada beberapa ide side income yang bisa Kamu lakukan.

Ide Side Income di 2023

Memasuki tahun 2023, banyak orang ingin mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Berkat perkembangan teknologi digital, kini ada banyak peluang usaha baru yang menawarkan penghasilan tinggi. Berikut beberapa rekomendasi side job sebagai side income Kamu:

1. Content Creator

Salah satu ide side job yang diminati banyak orang adalah menjadi content creator. Pekerjaan satu ini bisa Kamu lakukan dari mana saja dan memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Kamu hanya perlu membuat konten yang Kamu sukai saja, bisa itu review gadget, beauty vlogger, hingga menjadi food blogger.

Apabila konten yang Kamu buat menarik perhatian banyak orang, Kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan endorse hingga monetasi. Dengan begitu Kamu dapat bisa memiliki penghasilan tambahan.

2. Freelancer

Ide side job lain yang bisa Kamu lakukan adalah menjadi freelancer atau pekerja lepas. Kamu bisa menjadi freelancer sesuai dengan keahlian Kamu. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan pekerjaan untuk Kamu yang mempunyai kemampuan menulis, desain, hingga programing.

Sebagai freelancer pemula, Kamu bisa fokus membuat portofolio dan personal branding lebih dulu. Langkah tersebut diperlukan agar klien lebih percaya dengan jasa yang Kamu tawarkan. Selanjutnya, Kamu bisa mematok harga sesuai tingkat kesulitan dan kebutuhan klien Kamu.

3. Jasa Titip

Bagi Kamu yang hobi jalan-jalan atau pekerjaan utama Kamu memungkinkan untuk pergi ke luar kota dan luar negeri, Kamu bisa membuka jasa titip. Kamu bisa menawarkan jasa titip membeli produk seperti skincare, pakaian, hingga oleh-oleh yang ada di sana. Dengan menentukan tarif sesuai target pasar, Kamu pasti mendapat keuntungan lebih banyak.

Tidak hanya membuka jastip saat traveling, Kamu bisa membuka jasa titip pembelian barang-barang branded di toko offline. Biasanya hal ini dibutuhkan bagi orang-orang yang sibuk dan tidak sempat belanja. Misalnya ketika ada program diskon dari berbagai merek atau brand.

4. Mentor Online

Mengajar adalah pekerjaan yang bisa dilakukan siapa saja yang memiliki wawasan atau pengetahuan. Bagi Kamu yang memiliki latar belakang pendidikan atau menyukai dunia anak-anak, Kamu bisa membuka les online untuk SD, SMP, hingga SMA. Kamu juga bisa mengajar mata pelajaran sesuai dengan kemampuan atau riwayat pendidikan Kamu. Misalnya, bahasa Inggris, matematika, atau IPA.

5. Royalti Buku

Kalau Kamu memiliki hobi menulis, Kamu bisa menerbitkan buku untuk mendapatkan side income. Kamu bisa menerbitkan buku fiksi maupun non fiksi, sesuai dengan minat Kamu. Nantinya, Kamu akan mendapat royalti dari penerbit buku sesuai kesepakatan.

6. Menjual Kelas Online

Kalau Kamu memiliki skill di bidang tertentu, Kamu bisa membagikan kemampuan Kamu dalam bentuk kelas online. Setiap bidang pastinya memiliki pasar atau orang yang berminat mempelajarinya. Misalnya Kamu membuka kursus online copywriting, fotografi, public speaking, programer, dan sebagainya. Dengan cara ini, Kamu bisa menambah penghasilan bulanan.

7. Membuka Online Shop

ide side income
Online shop. (image: pixabay.com)

Semakin berkembangnya teknologi, Kamu tidak perlu bingung lagi membuka usaha. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk menjual produk. Bahkan Kamu tidak perlu memproduksi atau memiliki produk sendiri. Kamu bisa berjualan dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.

Kamu bisa mencari produk-produk yang laku di pasaran atau sedang dibutuhkan banyak orang. Selanjutnya Kamu tinggal membuat akun toko online untuk menjual produk Kamu. Supaya toko Kamu lebih dikenal banyak orang, Kamu bisa memanfaatkan layanan iklan dan melakukan berbagai strategi marketing.

Baca juga:

8. Fotografer

Menawarkan bisnis fotografi juga termasuk ide bisnis side job yang bisa Kamu jalani. Saat ini ada banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi untuk mengabadikan momen penting seperti wedding, prewedding, gathering, dan sebagainya. Selain itu, Kamu juga bisa menjadi fotografer wisuda, foto produk, hingga foto model. Untuk menjadi seorang fotografer, Kamu hanya membutuhkan kamera dan perangkat pendukung lainnya.

9. Home Baked

Ada banyak orang yang suka mengonsumsi makanan manis, seperti brownies fudgy, cookies, hingga dessert. Kamu bisa membuka jasa home baked untuk mendapat penghasilan tambahan. Tak perlu memiliki toko offline, Kamu bisa membuka toko online di media sosial atau e-commerce. Untuk mengawali bisnis ini, Kamu bisa mulai dengan sistem pre-order.

Tabungan Online PermataME

Bagaimana, Kamu semakin optimis untuk memiliki side income? Supaya penghasilan tambahan Kamu tetap aman dan tidak terganggu, Kamu bisa membuka rekening online untuk menunjang keuangan pendapatan sampingan Kamu. Salah satu rekening online terbaik yang bisa Kamu pilih adalah PermataME.

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Tabungan online ini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa memudahkan Kamu dalam menabung. Pendaftaran PermataME bisa Kamu lakukan secara online melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Rekening online PermataME memiliki beberapa kelebihan, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Informasi lebih lengkap mengenai langkah-langkah dan syarat buka rekening online PermataME bisa Kamu baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.