Skip to main content

Mengenal Tes NIPT dan Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

apa itu Tes NIPT
Tes NIPT. (image: alodokter.com)

Memantau perkembangan kondisi janin serta memastikan bahwa semua organ yang dimilikinya berfungsi dengan baik dapat menjadi suatu kecemasan yang sering dialami calon orang tua. Oleh karena itu, melakukan tes NIPT atau Non-Invasive Prenatal Test menjadi langkah yang tepat untuk mengetahui kemungkinan beberapa kelainan bawaan yang bersifat genetik pada janin sejak dini.

Meski memiliki banyak manfaat untuk mengetahui adanya kelainan janin lebih dini, namun masih banyak ibu hamil yang cukup asing dengan istilah tes NIPT ini. Nah, oleh karena itu, berikut ini sedikit penjelasan mengenai apa itu tes NIPT hamil?

Apa Itu Tes NIPT ?

Tes NIPT adalah salah satu jenis tes yang penting dilakukan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kelainan pada janin sejak dalam kandungan. Tes ini terbukti cukup akurat untuk mengetahui apakah ditemukan ketidaknormalan pada kromosom janin saat sedang berkembang. Metode tes NIPT juga terbukti sangat aman, dan dapat dilakukan sejak usia kehamilan 10 – 14 minggu atau fase trimester pertama.

Proses Tes NIPT

Proses tes NIPT dilakukan dengan mengambil materi genetik yang berasal dari sampel darah ibu. Tes NIPT juga disebut dengan pemeriksaan non-invasif, karena prosedur ini tidak mengambil darah atau jaringan dari janin secara langsung, sehingga tidak ada resiko bagi janin.

Perlu diketahui, di dalam setiap sel tubuh manusia yang normal terdapat 23 pasang benang pembawa sifat atau kromosom. Kromosom ini tersusun oleh zat kimia yang bernama Deoxyribose Nucleic Acid (DNA).

Sedangkan untuk ibu hamil, di dalam peredaran darahnya terdapat fragmen DNA janin yang berasal dari plasenta. Namun, tidak seperti DNA yang ditemukan di dalam inti sel pada umumnya, fragmen ini bersifat mengambang bebas sehingga disebut dengan cell-free DNA (cfDNA).

Nah, cfDNA kromosom inilah yang akan menjadi materi genetik yang diperiksa untuk tes NIPT hamil. Hasil NIPT bisa diperoleh sekitar 1 – 2 minggu setelah tes NIPT hamil dilakukan. Metode tes NIPT ini juga diklaim memiliki tingkat akurasi sangat tinggi, yaitu mencapai 97 - 99 persen. Jika ditemukan adanya kondisi yang kurang baik, maka ibu bisa menentukan langkah terbaik terkait kehamilannya.

Baca juga:

Manfaat Tes NIPT

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa tes NIPT sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi kromosom pada janin. Sebab, secara normal, manusia memiliki 23 pasang kromosom. Kekurangan atau kelebihan dari jumlah tersebut berpotensi akan mengakibatkan kelainan genetik pada janin setelah lahir. Metode tes NIPT ini bisa mendeteksi tiga kelainan genetik, yaitu Down syndrome, Edward syndrome, dan Pata Syndrome.

Selain itu, masih ada manfaat lainnya dari tes NIPT ini, diantaranya dapat mengetahui jenis kelamin janin dengan sangat akurat.

Tes NIPT di TanyaDNA

Nah, sudah jelas kan mengenai apa itu tes NIPT, prosedur tes NIPT, hingga manfaat tes NIPT hamil ? Oleh karena itulah, melakukan tes NIPT sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengetahui kondisi janin sejak dini.

Untuk menjawab kekhawatiran calon orang tua serta banyaknya kasus mengenai kelainan janin ini, tanyaDNA hadir dengan memberikan layanan tes NIPT sebagai solusi untuk tes genetik guna meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

NIPT tanyaDNA memiliki bantuan teknologi sequencing, dimana dapat mengetahui lebih detail mengenai kesehatan anak dimulai sejak dari kandungan secara akurat.

Selain itu di tanyaDNA juga menyediakan sesi konsultasi gratis dengan para tenaga profesional yang siap memberikan solusi dan rekomendasi terbaik sesuai kebutuhan para calon ibu.

Jadi para ibu hamil tak perlu khawatir lagi, langsung saja kunjungi website tanyadna.id untuk menemukan solusi kesehatan yang personal dan sesuai kebutuhan.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.