Skip to main content

Lakukan 5 Hal Ini Agar Data Pribadi Aman di Internet

data pribadi aman di Internet

Internet telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian kita. Saat ini kita membutuhkan internet hampir di semua aspek. Tidak hanya untuk game dan hiburan, kita juga menggunakan internet untuk melakukan pembayaran tagihan, pembelian, hingga memesan makanan.

Namun seiring dengan meningkatnya penggunaan internet, kejahatan internet atau cyber crime juga semakin meningkat. Baru-baru ini kasus pencurian data pribadi semakin marak. Peretasan atau pencurian data pribadi akan menimbulkan kerugian bagi pemilik data tersebut.

Karena itu, sebagai pengguna internet kita harus selalu waspada dan hati-hati dalam berselancar di internet maupun bersosial media. Aktivitas internet memang dapat dengan mudah terekam. Informasi pribadi seperti nomor telepon, nomor kartu kredit dan lainnya dapat tersimpan dan dapat diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu selalu mengetahui perkembangan dunia digital dan perhatikan 5 hal berikut ini agar aktivitas internet Kamu lebih aman:

1. Pastikan keamanan situs yang diakses

Saat menggunakan internet pasti kita tidak lepas dari mengakses website. Baik itu saat ingin mengakses berita, mencari informasi tentang sesuatu, atau saat membuka situs untuk main game seperti di w88 login.

Membuka situs atau website harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi untuk situs yang melibatkan transaksi keuangan. Pastikan situs yang Kamu buka adalah situs yang terpercaya dan terjamin keamanannya.

Salah satu ciri situs yang aman adalah yang menggunakan protokol https. Perhatikan URL situs tersebut dan pastikan URL ini diawali dengan ‘https’ dan terdapat icon kunci yang menandakan data Kamu terjamin aman di situs tersebut.

2. Menggunakan password yang kuat

Kita perlu memastikan semua akun yang kita miliki di internet aman dengan menggunakan password yang kuat yang akan sulit diretas. Password yang kuat umumnya merupakan kombinasi huruf kapital, huruf biasa, simbol, dan angka. Semakin kuat password yang kita gunakan, maka akun kita akan semakin aman.

Sebaiknya hindari menggunakan password yang mudah ditebak, seperti tanggal lahir, warna favorit, atau deretan angka berurutan tanpa kombinasi.

3. Menggunakan anti virus

Perangkat yang aktif digunakan untuk internet lebih rawan terhadap virus. Virus ini selain berbahaya bagi perangkat yang kita gunakan hingga dapat menyebabkan kerusakan, juga dapat mengambil informasi pribadi kita. Virus juga dapat memata-matai kegiatan internet kita.

Karena itu, untuk meningkatkan keamanan, sebaiknya gunakan anti virus pada perangkat yang Kamu gunakan untuk aktivitas internet.

Baca juga:

4. Hati-hati menggunakan sosial media

Hampir semua pengguna internet aktif di sosial media. Bahkan saat ini ada lebih dari 4 milyar akun pengguna sosial media di dunia. Dari mulai Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, atau Whatsapp, rasanya hampir semua orang tidak bisa lepas dari sosial media.

Aktif di sosial media dapat berarti sering membagikan sesuatu di sosial media tersebut. Hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai Kamu over-share di sosial media, dan membagikan hal-hal yang bersifat pribadi yang dapat disalahgunakan pihak lain. Membagikan hal atau informasi pribadi di sosial media dapat mengancam keamanan data pribadi dan privasi.

5. Menggunakan aplikasi dengan fitur keamanan yang baik

Saat ini banyak aplikasi yang telah memperhatikan keamanan data dan privasi penggunanya dengan memiliki fitur keamanan dan privasi. Misalnya fitur enkripsi end-to-end yang akan menjamin privasi saat chatting. Selain itu juga ada fitur one-time password atau OTP yang akan menjamin keamanan saat bertransaksi secara online.

Nah, itulah 5 hal penting yang harus Kamu perhatikan agar data pribadi milikmu tetap aman di internet. Semoga bermanfaat.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.