Skip to main content

Cara Membuat Notifikasi Sebelum Menutup Semua Tab di Google Chrome

multi tab chrome

Siapa yang tidak mengenal Google Chrome? Hingga saat ini, Google Chrome masih menjadi salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia.

Hal tersebut karena browser besutan raksasa internet Google ini hadir dengan berbagai kelebihan yang membuat para pengguna internet enggan beralih ke browser lainnya. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Google Chrome ini adalah memiliki desain tampilan antarmuka yang minimalis namun masih modern membuat pengguna nyaman berlama-lama menggunakan browser ini.

Selain itu, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Google Chrome ini antara lain yaitu dukungan sinkronisasi antar perangkat yang integrasi dengan akun Google, performa jelajah yang cepat, dukungan ribuan ekstensi tambahan, hingga dukungan keamanan browsing yang kuat.

Namun dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tapi ada satu fitur yang entah kenapa hingga sampai sekarang ini Google belum juga menyematkan kedalam Google Chrome. Adapun fitur yang dimaksud yaitu fitur “Warn before closing multiple tabs”.

Ya fitur tersebut belum ada di Chrome bahkan hingga versi terbarunya saat ini. Padahal di browser lainnya, seperti Firefox, Opera, hingga Microsoft Edge fitur tersebut sudah menjadi fitur bawaan browser.

Meskipun terdengar sepele, namun fitur tersebut sangat berguna bagi pengguna yang sering membuka beberapa tab sekaligus. Dimana jika fitur “Warn before closing multiple tabs” diaktifkan, maka pengguna akan mendapatkan peringatan menutup semua tab sebelum mereka menutup browser. Tentunya hal ini dapat mencegah kita yang tidak sengaja meng-klik tombol close di browser yang sedang membuka banyak tab.

Meski hal tersebut kebetulan terjadi jika kita menggunakan browser Google Chrome, kita masih bisa menggunakan tombol Ctrl + Shift + T untuk mengembalikannya, tetapi tetap saja hal ini agak merepotkan karena harus me-reload semua website yang telah dibuka sebelumnya.

Tapi tenang, di artikel ini aku akan membagikan sedikit trik agar Google Chrome memberikan notifikasi sebelum menutup semua tab yang terbuka.

Caranya simpel kok, kamu cukup mengunjungi sebuah website yang telah aku buat di https://prevent-close-browser.pages.dev/ melalui browser Google Chrome. Kemudian klik tombol klik tombol ini.

prevent close chrome

Hanya itu saja yang kamu lakukan, selanjutnya biarkan website tersebut tetap terbuka, kemudian kamu bisa mencoba browsing dengan membuka beberapa tab lalu coba close browser, maka akan muncul notifikasi konfirmasi untuk menutup semua tab.

prevent close chrome

Nah, agar lebih mudah mengakses kembali website tersebut, kamu bisa bookmark website tersebut atau juga bisa kamu tambahkan sebagai default homepage saat membuka Google Chrome. Caranya, buka Settings > On Startup. Lalu centang Open a specific page or set of pages terus tambahkan link website tersebut di kolom Add new pages.

custom homepage chrome

Itulah cara agar browser Google Chrome tidak otomatis menutup semua tab saat close browser. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.