Skip to main content

Deretan Platform Crypto Terbaik di Indonesia, Nomor Satu Paling Banyak Membernya

Platform Crypto

Aset kripto atau cryptocurrency semakin digandrungi para investor untuk berinvestasi. Aset mata uang digital tersebut semakin merajai dunia investasi era kini. Kali ini, kita akan membahas platform crypto terbaik di Indonesia.

Untuk memulai investasi kripto, memang disarankan untuk memilih platform jual-beli aset kripto yang sesuai dengan kebutuhan kita. Platform crypto terbaik di Indonesia ada beragam, mari kita ulas 5 Indonesia crypto exchange yang menawarkan jual beli kripto tersebut.

Namun sebelum lanjut ke deretan platform crypto terbaik di Indonesia, kita akan bahas lebih dulu apa itu kripto? Dan jenis-jenisnya.

Apa itu Kripto dan Jenis-jenisnya?

Mata uang kripto merupakan aset digital yang dirancang untuk bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, kemudian mengontrol proses pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset.

Mata uang kripto yang paling terkenal adalah bitcoin (BTC). Selain bitcoin masih ada ribuan mata uang kripto, di antaranya ethereum, litecoin, ripple, stellar, dogecoin, cardano, tether, monero, tron, dan lain-lain.

Mata uang kripto menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari mata uang digital terpusat dan sistem perbankan sentral.

Kontrol desentralisasi dari masing-masing mata uang kripto bekerja melalui teknologi ledger terdistribusi, biasanya rantai blok, yang berfungsi sebagai basis data transaksi keuangan publik.

Mata uang kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin misalnya, pertama kali dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka pada tahun 2009, umumnya dianggap sebagai mata uang digital terdesentralisasi pertama. Sejak rilis bitcoin, lebih dari 4.000 altcoin (varian alternatif bitcoin, atau mata uang kripto lainnya) telah dibuat.

5 Platform Crypto Terbaik di Indonesia

Berikut ini ada 5 rekomendasi aplikasi atau platform crypto terbaik di Indonesia yang dapat kamu gunakan dan sudah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti.

1. Indodax

Platform crypto terbaik di Indonesia pertama adalah Indodax. Indodax dibawah naungan PT Indodax Nasional Indonesia adalah platform untuk jual beli aset kripto pertama di tanah air.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi Indodax di apps store seperti Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi ini memiliki fitur analisis chat yang berguna bagi para penggunanya. Trading kripto menggunakan Indodax juga terbilang mudah dan simpel.

Platform crypto pertama di Indonesia tersebut saat ini memiliki jumlah member terverifikasi sebanyak 5,3 juta pengguna, menurut situs resminya, Indodax.com. Aset kripto yang dijual juga beragam dan banyak pilihan, totalnya lebih dari 200 aset kripto yang diperdagangkan.

Aplikasi crypto Indodax ini memiliki kelebihan seperti satu akun dapat tersambung ke beberapa perangkat. Kekurangan dari Indodax adalah biaya fee-nya yang cukup mahal.

2. TokoCrypto

Platform crypto kedua adalah TokoCrypto. TokoCrypto adalah exchange aset digital untuk melakukan transaksi aset kripto. Aplikasi TokoCrypto bisa kamu dapatkan di apps store. TokoCrypto dimiliki oleh PT. Crypto Indonesia Berkat.

Kelebihan aplikasi ini adalah biaya transaksi jual-beli tergolong cukup rendah serta tampilan aplikasi yang menarik dan user friendly. Namun, kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mendukung top up menggunakan credit card, deposit minimal yang cukup tinggi, dan terdapat nominal minimum untuk penarikan dana.

3. Luno

Platform crypto terbaik ketiga yang dapat kamu gunakan adalah Luno. Luno adalah aplikasi exchange jual, beli, simpan dan transfer aset crypto asal Inggris dan sudah ada di Indonesia sejak tahun 2014.

Platform Luno merupakan aplikasi crypto milik PT. Luno Indonesia Ltd. Kelebihan dari aplikasi crypto Luno adalah depositnya yang hanya Rp50.000. Namun aplikasi crypto Luno memiliki kekurangan yaitu proses transfer bank serta verifikasi foto yang terbilang rumit dan tidak fleksibel untuk dilakukan dalam waktu yang cepat.

4. Rekeningku

Platform crypto terbaik keempat adalah Rekeningku. Ini merupakan aplikasi milik PT Rekeningku Dotcom Indonesia. Rekeningku adalah marketplace cryptocurrency yang mempertemukan pembeli dan penjual cryptocurrency sesama member.

Beberapa kelebihan dari aplikasi crypto Rekeningku adalah one stop service untuk setiap aset digital investornya. Selain itu, aplikasi ini sudah hadir dengan 40 jenis aset yang berbeda.

Mulai dari Ethereum, Bitcoin, Stellar, dan lain-lain. Jika kamu menggunakan aplikasi crypto ini, kamu tidak perlu khawatir karena tingkat keamanannya cukup tinggi dan terdapat autentikasi 2 faktor. Namun, aplikasi crypto Rekeningku memiliki kekurangan, yaitu langkah verifikasi yang cukup rumit dan belum terdapat layanan proteksi asuransi.

5. Pintu

Platform crypto terbaik kelima yang dapat kamu gunakan adalah aplikasi bernama Pintu. Pintu adalah exchange untuk membeli, menjual, menyimpan, dan mengirim uang crypto berbasis aplikasi di smartphone.

Pintu merupakan aplikasi crypto milik PT. Pintu Kemana Saja yang sudah resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto.

Kelebihan dari aplikasi crypto Pintu adalah deposit yang cukup ringan, sehingga siapapun dapat membuat akun aplikasi ini.

Selain itu, dalam penjualan aset digital pada aplikasi ini, prosesnya tidak menggunakan sistem komisi. Kekurangan dari aplikasi crypto Pintu adalah terdapat biaya sebesar Rp4.500 untuk setiap penarikan saldo, pilihan top up sangat terbatas karena hanya bisa transfer ke bank BNI saja, dan proses verifikasi akun memakan waktu maksimal 7 hari kerja.

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai platform crypto terbaik di Indonesia. Setiap platform jual beli aset kripto memiliki kelebihan dan kekurangan, para pengguna disarankan menggunakan yang simpel dan banyak membernya lantaran sudah pasti terpercaya.

Baca juga:
Indra DP
Indra DP

Android Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.