--> Skip to main content

5 Tips Staycation Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi


Staycation

Tren staycation kini semakin diminati oleh masyarakat perkotaan selama pandemi Covid-19. Seminimal mungkin, mereka melakukan perjalanan wisata yang tidak jauh dari daerah sekitar rumahnya.

Staycation sendiri merupakan istilah yang dapat diartikan sebagai kegiatan liburan yang dekat dari rumah. Dengan staycation, maka kita dapat menghemat waktu dan uang serta memajukan kehidupan ekonomi dari sektor pariwisata yang ada di sekitar yang sempat menurun di masa  pandemi.

Kegiatan staycation bisa dilakukan sendiri. Tapi aka lebih seru jika bersama teman-teman, atau bahkan bersama keluarga. staycation sangat cocok untuk mengisi hari libur, merayakan sesuatu, atau sekedar menghabiskan waktu akhir pekan.

Tips staycation di tengah pandemi

Di masa pandemi Covid-19 ini, sangatlah penting merencanakan staycation yang tak hanya bertanggung jawab, tetapi juga cerdas. Dengan demikian, kita tidak hanya menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita sendiri, tapi juga terhadap orang di sekitar serta traveler lainnya.

Nah oleh karena itu, berikut ini tips smart staycation yang aman dan nyaman saat pandemi Covid-19:

1. Pastikan kondisi fisik sehat

Hal pertama yang harus diperhatikan saat merencanakan staycation adalah memastikan kondisi diri sendiri, keluarga dan teman yang akan diajak dalam keadaan sehat.

Jikalau merasa tidak enak badan, sebaiknya tunda dulu rencana staycation hingga dirasa benar-benar sehat.

2. Menyiapkan peralatan sanitasi sendiri

Sebelum berangkat staycation, sebaiknya siapkan seluruh peralatan sanitasi sendiri. Seperti handuk, sabun, sikat gigi, hingga hand sanitizer. Meskipun nantinya sudah disiapkan di hotel tempat menginap, tapi akan lebih higienis jika kita membawanya sendiri.

Selain membawa peralatan sanitasi sendiri, jangan lupa memakai masker sebelum keluar rumah.

3. Pilih hotel yang menerapkan protokol kesehatan

Saat staycation tentunya kita perlu menyewa sebuah kamar hotel untuk menginap. Tapi sebelum itu, sebaiknya pilih hotel yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Adapun protokol kesehatan yang biasanya diterapkan di hotel diantaranya pemberian satu set peralatan kesehatan, seperti masker, sarung tangan, hand sanitizer hingga face shield; mewajibkan tamu menggunakan masker dan hand sanitizer; dan selalu menerapkan protokol jaga jarak.

4. Cek terlebih dahulu kebersihan kamar hotel

Setelah melakukan check-in, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kebersihan kamar hotel. Bahkan jika memang diperlukan, cek seluruh sudut kamar hotel.

Jika memang menemukan bagian kotor, jangan sungkan meminta petugas hotel untuk segera membersihkan atau menggantikannya terlebih dahulu.

5. Hindari kerumunan

Menginap di hotel atau akomodasi lain berarti kamu akan lebih sering bersinggungan dengan orang lain yang sama sekali tidak kamu ketahui betul apa saja aktivitas mereka. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap jaga jarak dengan orang lain di tempat umum yang berpotensi banyak kerumunan, seperti di lobi, pusat perbelanjaan, atau lift setidaknya sejauh 1 sampai 2 meter.

Mulai rencakan staycation-mu sekarang

Setelah memahami beberapa tips staycation diatas, kini saatnya rencanakan staycation-mu dengan lebih mudah bersama program smart staycation dari Traveloka.

Traveloka menawarkan berbagai layanan yang menarik untuk membantu kamu menjadi smart staycation. Berikut ini berbagai layanan unggulan dari Traveloka:

  1. Traveloka clean partners 

    Traveloka dan para mitra telah berkomitmen untuk menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan sesuai dengan standar sertifikasi CHS-E (Clean, Health, Safety, and Environment) Kemenparekraf.

    Salah satunya layanannya yaitu Traveloka CleanAccommodation untuk ribuan tempat menginap di Indonesia yang berkomitmen menjalankan protokol kesehatan.

    Selain itu, ada pula  CleanTrip dan CleanFlight untuk pilihan transportasi mobil (antar jemput bandara, bus dan travel) dan pesawat serta ada CleanDining untuk kurasi mitra restoran yang semuanya telah menerapkan protokol kesehatan.

  2. Online check-in

    Melalui fitur online check-in hotel kamu tak hanya bisa membuat proses check-in menjadi lebih mudah, tapi juga meminimalisir kontak dengan staf dan petugas hotel sehingga bisa memaksimalkan protokol jaga jarak.

  3. Fleksibilitas jadwal dan pembayaran

    Kamu bisa menjadi traveler yang cerdas dengan memanfaatkan berbagai program Traveloka yang menawarkan jadwal dan sistem pembayaran yang lebih fleksibel. Diantaranya:

    • Buy Now Stay Later: Dengan membeli voucher “Buy Now Stay Later”, kamu bisa booking akomodasi tanpa perlu memilih tanggal menginap.
    • Pay upon Check-in: Kamu bisa memesan hotel sekarang juga dengan penawaran harga terbaik, dan melakukan pembayaran langsung di hotel pada saat check-in.
 

 Nah, itulah tips staycation aman dan nyaman saat pandemi. tetap stay safe dan selalu patuhi protokol kesehatan dimanapun kamu berada ya guys!

Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.