Skip to main content

Review Aplikasi Storytel, Asyiknya Menambah Wawasan dan Pengetahuan di Platform Audiobook

Storytel

Tak bisa dipungkiri, rasa minat membaca di kalangan generasi muda di era milenium ini semakin lama semakin menurun. Kita juga tahu, bahwa buku adalah jendela dunia. Karena membaca adalah salah satu cara untuk menambah wawasan dan pengetahuan Semakin banyak membaca, semakin banyak pula informasi yang kita dapatkan.

Namun sangat disayangkan, pada zaman sekarang ini, sudah jarang kita temukan generasi muda yang gemar membaca. Sebab, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia teknologi saat ini menjadikan anak muda lebih menghabiskan waktu mereka dengan kegiatan bermain game online hingga membuka sosial media.

Semakin pesatnya perubahan konvensional bermigrasi ke sistem online, kini banyak juga anak muda yang gemar mendengarkan audio secara online, seperti streaming musik hingga mendengarkan podcast.

Melihat fenomena tersebut, maka saat ini muncul tren mendengarkan buku melalui platform audiobook yang semakin populer bagi kalangan milenial. Dimana kita bisa mendengarkan berbagai rekaman yang diambil dari buku, novel, cerpen, hingga jurnal melalui smartphone.

Dan bicara soal audiobook, ini ada aplikasi audiobook yang sangat aku rekomendasikan untuk dicoba, aplikasi tersebut bernama Storytel.

Mengenal Aplikasi Storytel

Aplikasi Audiobook

Storytel merupakan layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan yang berasal dari Swedia dan juga merupakan salah satu platform audiobook terbesar di dunia.

Storytel ini telah hadir di 20 negara. Dan kabar baiknya, aplikasi audiobook ini juga telah hadir di Indonesia dengan menawarkan ratusan ribu koleksi novel fiksi, Buku Best Seller, hingga rekomendasi buku terbaik.

Seperti berbagai novel fiksi populer dari luar negeri, diantaranya, kumpulan novel Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, hingga Hunger Games.

Selain koleksi buku-buku dari luar negeri, judul-judul buku dari dalam negeri pun bisa didengarkan melalui aplikasi Storytel Indonesia di antaranya, Negeri Lima Menara, Dilan, Mariposa, Selamat Tinggal, Divortiare, dan masih banyak judul buku atau novel fiksi populer karya anak bangsa yang bisa kamu temukan di aplikasi audiobook Storytel Indonesia ini.

Aplikasi Storytel tersedia secara gratis. Kamu bisa mendownload Aplikasi Storytel untuk Android maupun Aplikasi Storytel untuk iOS.

Kamu juga bisa mencoba dulu aplikasi Storytel ini gratis selama 7 hari. Dan untuk selanjutnya, aplikasi Storytel menawarkan promo biaya berlangganan sebesar Rp 39.000. Cukup murah untuk dapat menikmati Baca Buku Online dari ribuan audiobook berkualitas yang ada di aplikasi Storytel ini.

Keunggulan Storytel Aplikasi Audiobook Indonesia

Audiobook Indonesia

Setelah kita mengenal Aplikasi Storytel, berikut ini berbagai keunggulan yang dimiliki oleh Aplikasi Storytel sebagai salah satu aplikasi Audiobook Indonesia terbaik saat ini. Berikut ini beberapa keunggulannya:

Memiliki Ratusan Ribu Koleksi Audiobook

Dengan aplikasi audiobook Storytel ini kamu bisa mendengarkan audiobook dan baca buku online dengan lebih dari lima ratus ribu buku digital dari berbagai penulis di seluruh dunia.

Beragam rekomendasi Audiobook Indonesia bisa kamu temukan di aplikasi Storytel ini. Diantaranya koleksi buku novel lokal, seperti Negeri Lima Menara, Dilan, Mariposa, Selamat Tinggal, Divortiare, dan lainnya.

Selain itu, ada pula koleksi buku novel fiksi populer dari mancanegara, seperti kumpulan novel Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, hingga Hunger Games.

Tentunya benefit tersebut dapat kamu nikmati jika kamu telah berlangganan di aplikasi Storytel.

Tersedia Beragam Kategori Audiobook

Agar mempermudah pengguna dalam menjelajahi koleksi audiobook, Storytel juga mengelompokkan koleksi audiobook-nya kedalam berbagai kategori buku.

Seperti diantaranya kategori Buku Best Seller, rekomendasi buku terbaik, buku berbahasa Indonesia, buku berbahasa Inggris, buku fiksi dan non fiksi serta berbagai kategori buku umum lainnya, seperti kategori biografi tokoh, sejarah, drama, cerpen, hingga personal development.

Narator yang Berpengalaman

Narator merupakan elemen terpenting dalam audiobook. Pendengar dapat menikmati dan memahami isi dari buku yang disampaikan jika narator berhasil membacakan isi dari buku dengan baik.

Oleh karena itu, Storytel memiliki banyak narator yang memang berpengalaman di bidangnya. Selain narator yang berpengalaman, beberapa publik figur juga turut menjadi pengisi suara di beberapa audiobook Storytel.

Fitur-fitur Aplikasi Storytel

Storytel hadir dengan beragam fitur yang memungkinkan pengalaman mendengarkan audiobook yang intuitif, serta mudah digunakan oleh semua pengguna. Berikut ini beberapa fitur yang ada aplikasi Storytel:

  1. Fitur pencarian untuk memudahkan pengguna mencari judul buku yang ingin didengar.
  2. Pengelompokan koleksi buku berdasarkan kategori.
  3. Filter buku berdasarkan abjad, penulis, narator, hingga tanggal rilis buku.
  4. Terdapat detail dan deskripsi singkat di setiap audiobook yang akan didengar.
  5. Save book, untuk menyimpan buku-buku favorit guna didengarkan di lain waktu. Pengguna dapat menemukan buku-buku yang telah disimpan di tab Rak Buku.
  6. Bookmark untuk menyimpan posisi terakhir dari buku yang sedang dibaca.
  7. Bisa mengatur kecepatan baca narator.
  8. Download buku agar buku dapat didengarkan saat offline di manapun dan kapanpun.
  9. Statistik untuk menampilkan laporan aktivitas membaca dan mendengar buku dalam 30 hari terakhir.
  10. Target cerita untuk memudahkan mengatur berapa lama serta berapa buah judul buku yang akan didengarkan.
  11. Selain mendengarkan, pengguna bisa menggunakan mode membaca di beberapa judul buku tertentu.
  12. Tersedia Mode Anak dengan beragam koleksi audiobook khusus anak-anak.
  13. Dilengkapi Password saat beralih ke Mode Anak ataupun sebaliknya.

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Storytel

Itulah berbagai fitur menarik yang ada di Storytel. Aku sendiri telah mencoba Storytel dan telah mendengarkan beberapa judul buku. Salah satunya yaitu buku dengan judul Pribadi Hebat karya Buya Hamka. Buku ini menjelaskan bagaimana agar pribadi hebat dapat muncul dari dalam diri kita.

Rekomendasi Buku

Jadi ibarat membangun sebuah bangunan salah satu bagian penting adalah kualitas batu bata yang digunakan. Batu bata berkualitas bagus akan membuat kuat bangunan yang didirikan. Begitulah gambaran satu persatu pribadi individu yang diibaratkan seperti batu bata. Pribadi yang kuat akan mampu menguatkan diri dan memberikan pengaruh positif terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya serta kepada agama bangsa dan negaranya.

Kesimpulan

Mendengarkan audiobook melalui aplikasi Storytel ini sangat aku rekomendasikan. Sebab kita bisa menambah wawasan dan belajar hal-hal baru dari berbagai buku self development seperti salah satunya buku Pribadi Hebat ini.

Juga dengan adanya layanan streaming audiobook seperti Storytel ini sebagai upaya untuk meningkatkan literasi anak muda dengan pendekatan yang lebih modern, lebih praktis dan lebih menyenangkan. Sebab kini kita bisa Baca Buku Online melalui audiobook di perangkat smartphone tanpa perlu ribet membawa buku-buku tebal kemana-mana.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.