Skip to main content

Cara Dapat Uang dari Internet Melalui Blog

blogging

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk dapat uang dari internet, termasuk salah satunya adalah dari kegiatan ngeblog. Sebab, saat ini, blog tidak hanya sebagai media menulis artikel saja, karena kita juga bisa menghasilkan uang dari blog melalui bermacam cara, yaitu dengan endorsement produk atau memasang banner iklan dari platform periklanan, seperti Google Adsense.

Membuat sebuah blog agar dapat menghasilkan uang tentunya tidak boleh asal-asalan. Sebab, kita perlu membangun blog berkualitas agar menghasilkan uang dari blog untuk jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, berikut ini adalah panduan lengkap membuat blog untuk pemula:

1. Tentukan Niche atau Topik Blog

Niche atau topik blog merupakan fokus bahasan yang akan kamu bahas dalam artikel di blogmu. Salah satu cara mudah untuk menentukan niche blog adalah memilih topik yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa memahami apa yang kamu bahas didalam artikelmu.

Misalnya saja, kamu sangat menyukai topik tentang teknologi. Maka kamu bisa mengulas berbagai artikel tentang teknologi, seperti smartphone, komputer, dan lain sebagainya

2. Tentukan Platform Blog

Untuk membangun sebuah blog, tentunya kita perlu platform blog. Diluar sana, ada banyak platform blog yang bisa kamu pilih, mulai dari WordPress, Blogger, Joomla, Drupal, hingga Magento.

Setiap platform tentunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, jika kamu menginginkan platform blog yang fleksibel, ada baiknya jika kamu memilih WordPress. Sebab, banyak alasan mengapa WordPress adalah platform blog terbaik yang bisa kamu pilih. Salah satunya yaitu WordPress sangat mudah dioptimasi dan memiliki banyak plugin.

Selain WordPress, platform blog yang bisa kamu pilih adalah Blogger. Blogger adalah platform blogging milik Google yang juga memiliki banyak pengguna di seluruh dunia. Blog dengan platform Blogger juga memiliki keunggulan dalam integrasi dengan berbagai layanan Google. Seperti Google Adsense, Google Analytics dan lainnya.

3. Tentukan Domain Blog

Domain adalah alamat yang digunakan untuk mengakses sebuah blog. Untuk membuat blog agar terlihat profesional, maka sebaiknya kamu memiliki nama domain sendiri untuk blogmu.

Memilih nama domain tentunya tidak boleh sembarangan. Sebab, nama domain yang baik adalah domain yang singkat, mudah dibaca, dan mudah diingat. Contohnya indradp.com, indradp.co.id, dan lain sebagainya.

4. Buat Konten yang Berkualitas

Setelah kamu berhasil membuat blog, kini saatnya kamu menerbitkan konten yang sudah kamu tentukan. Untuk menarik minat banyak pembaca, buatlah konten yang bermanfaat dan menarik.

Adapun konten yang bermanfaat dan menarik yaitu konten yang informatif, dan pembaca dapat menemukan solusi melalui artikel yang kamu tulis.

Selain itu, kamu bisa membuat judul yang sekreatif mungkin agar pembaca tertarik membaca artikelmu. Sebab, judul adalah hal yang pertama kali dilihat pembaca.

Dan agar lebih informatif, tambahkan pula beberapa gambar pendukung yang relevan, ilustrasi, infografik, atau video.

5. Tingkatkan Kualitas SEO Blog

Pengunjung blog bisa berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah dari search engine Google. Oleh karena itu, blog kamu harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Ada banyak cara meningkatkan kualitas SEO blog. Diantaranya membangun backlink, mempercepat loading blog, memilih kata kunci yang tepat dan lain sebagainya.

Tentunya untuk meningkatkan kualitas SEO blog membutuhkan waktu yang lama. Namun, jika kamu tekun, konten kamu akan berpotensi muncul dihalaman pertama, bahkan bisa menduduki peringkat pertama di pencarian Google.

6. Promosikan Blog di Media Sosial

Selain traffic organik dari Google, kamu bisa juga memanfaatkan media sosial untuk menjaring pembaca blog kamu. Silakan promosikan blogmu di berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, ataupun di berbagai grup komunitas.

7. Mulai Monetisasi Blog

Setelah membuat blog yang berkualitas dan blogmu sudah memiliki banyak pembaca, sekarang kamu bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog.

Ada banyak jalan yang bisa kamu pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Oleh karena itu, kamu bisa memilih salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

  1. Memasang banner iklan dari Google Adsense, atau menawarkan slot banner iklan mandiri.
  2. Endorsement. Berupa unboxing atau review produk.
  3. Mengikuti program afiliasi. Dimana kamu akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau registrasi data melalui link atau banner afiliasi milikmu.
  4. Menawarkan jasa sesuai keahlianmu, seperti desain grafis, pembuatan website, dan lain sebagainya.
  5. Menjual produk-produk buatan sendri.

Nah itulah cara membuat blog yang berkualitas agar dapat menghasilkan uang. Cara dapat uang dari internet melalui blog tentunya membutuhkan waktu yang tidak singkat. Namun dengan kegigihan dan mengikuti panduan yang tepat pasti kamu bisa berhasil.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.