Skip to main content

7 Tips untuk Membangun Pemirsa YouTube (Dan Mendapatkan Lebih Banyak Keterlibatan)

ilustrasi YouTube

Aspek paling penting untuk menjadi sukses di YouTube adalah memiliki pemirsa yang layak. Dan memiliki penayangan yang mengesankan berarti konten kamu disukai oleh pemirsa.

Tentu saja, untuk meningkatkan kemungkinan video kamu di sukai oleh pemirsa YouTube dilanggan oleh sekelompok besar pemirsa, kamu harus membuatnya menarik. Video yang menarik mendapatkan lebih banyak Keterlibatan (juga metrik YouTube Analytics) dan, oleh karena itu, dorongan untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan dan penayangan di platform.

Namun demikian, menjaga konsistensi dengan konten kamu untuk membuat audiens tetap bertahan adalah tantangan. Untuk hal yang sama, kamu perlu terus membangun ide-ide baru sehingga kamu tidak pernah kekurangan basis audiens. Untuk membantu kamu dalam hal tersebut, Berikut ini ada 7 tips untuk memastikan lebih banyak keterlibatan pengguna dan memungkinkan kamu membangun basis pemirsa YouTube yang mengesankan.

1. Buat Konten yang Bermanfaat

Saat membuat video YouTube apapun, kamu harus memastikan bahwa audiens kamu dapat mengaitkannya dengan video tersebut. Melalui konten kamu, kamu harus dapat membangun kepercayaan pada mereka sehingga mereka dapat mengikuti channel kamu dengan kepuasan penuh.

Saat kamu membuat video apapun, kamu harus memberi nilai tambah pada video kamu sehingga apa pun yang ditonton dan dibagikan pemirsa kamu bisa bermanfaat. Setelah kamu berhasil mempertahankan kualitas channel, segalanya akan berjalan lancar, dan orang-orang akan ingin menonton konten kamu lagi dan lagi.

Ketika kita berbicara tentang membuat konten yang bermanfaat bagi audiens kamu, kamu perlu memikirkan video yang dapat membantu memecahkan masalah orang dengan memperkenalkan mereka pada sesuatu yang baru, menjawab masalah/pertanyaan mereka, atau membahas sesuatu yang ingin mereka ketahui. Beberapa format video teratas di YouTube diantaranya:

  • Cara atau tutorial
  • Vlog
  • Ulasan produk
  • Tanya Jawab
  • Pendidikan

Juga, jangan lupa untuk menggunakan layanan penyunting video youtube untuk menambahkan keunggulan dan kualitas pada setiap video yang kamu buat.

2. Branding Channel

Kamu harus membuat channel kamu terlihat menarik. Ini karena manusia tertarik pada visual yang bagus. Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki lebih banyak pemirsa untuk channel kamu, itu harus terlihat menarik bagi pemirsa. Saat kamu melakukan pencitraan merek untuk channel kamu, itu membuatnya tampak profesional dan dapat dikenali.

Oleh karena itu, tanpa membuang waktu lagi, buatlah slogan, logo, font, dan tema keseluruhan untuk channel YouTube kamu. kamu juga dapat melakukan branding di situs web kamu. Tetapi perlu diingat bahwa itu harus relevan di semua sumber. Dengan branding, kamu dapat membangun identitas kamu.

Selain itu, bangun pondasi yang lebih kuat untuk tumbuh dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan untuk branding yang sukses:

  • Ikon untuk channel
  • Gambar Header
  • Thumbnail untuk setiap video
  • Deskripsi untuk channel
  • Watermark di dalam video

3. Konsisten

Kamu harus konsisten dalam memposting video di channel kamu. Sangat penting bahwa penerbitan kamu harus dapat diprediksi sehingga pemirsa tahu kapan kamu akan memposting video. Beberapa hal yang harus kamu ingat untuk menjaga konsistensi adalah sebagai berikut:

  • Jika kamu memublikasikan video setiap hari Senin, maka audiens kamu akan tahu kapan harus menantikan video berikutnya di channel kamu.
  • Jika channel kamu tentang tekno, kamu tidak boleh tiba-tiba mempublikasikan konten terkait olahraga.
  • Selalu gunakan metode yang sama untuk mempromosikan konten kamu, misalnya melalui situs web, buletin, dan email.
  • Jangan pernah melewatkan menanggapi komentar; itu menambah nilai channel kamu dengan memanfaatkan keterlibatan pengguna.

4. Membuat Cuplikan yang Menarik

Cuplikan untuk channel kamu adalah video sambutan yang ditampilkan kepada orang-orang yang tidak berlangganan. Dengan menggunakan cara ini, kamu dapat membuat kesan pada orang-orang dan meyakinkan mereka untuk berlangganan channel kamu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat cuplikan yang menarik:

  • Buatlah singkat dan menarik. kamu dapat menyorot bagian yang mencolok dari channel YouTube kamu sambil menambahkan pesan utama.
  • Selalu bersikap ramah dan menyenangkan saat berbicara dengan pemirsa.
  • Cuplikan kamu harus menarik, tetapi harus cukup panjang. Ini penting karena pemirsa umumnya memiliki rentang perhatian yang pendek.
  • Pastikan kamu menggunakan teknik Click to Action, meminta pemirsa untuk berlangganan channel kamu, atau membimbing mereka tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

5. Pengujian Konten

Untuk mengukur keberhasilan channel kamu, kamu harus mengetahui apakah konten kamu berhasil di sukai pemirsa atau tidak. Untuk ini, kamu perlu memahami apa yang dilakukan pembuat konten lain untuk mempromosikan konten mereka secara online.

Kamu juga dapat memilih metrik kinerja ulasan dari perpustakaan YouTube untuk memeriksa kinerja konten video kamu dan mencari tahu apa yang bekerja paling baik.

6. Berkolaborasi

Kamu mungkin suka membuat video sendiri, tetapi tidak ada salahnya berkolaborasi untuk mempromosikan video kamu. Untuk berkolaborasi, kamu tidak perlu menghubungi para profesional. Beberapa orang di tema yang sama seperti tema kamu mungkin tidak sesukses itu, tetapi kamu berdua dapat berkolaborasi untuk memperluas audiens kamu bersama-sama.

Saat kamu melakukan promosi konten, kamu tidak hanya mendapatkan kesempatan untuk muncul di channel lain, tetapi juga meningkatkan visibilitas kamu melalui pembuat konten lain. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak karena kamu berdua dapat dilihat oleh pemirsa yang mengonsumsi konten di tema kamu, yang kemudian dapat berlangganan channel kamu masing-masing.

7. Optimisasi Mesin Pencari

Memanfaatkan mesin pencari adalah teknik yang ampuh untuk menciptakan basis audiens yang besar. Karena Google memiliki YouTube, ini memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk menemukan video kamu dan memperluas jangkauan.

Untuk mengoptimalkan konten kamu, kamu harus spesifik dengan memilih topik tertentu sesuai dengan domain kamu sambil memastikan deskripsi dan judul yang jelas untuk konten kamu. Selain itu, pastikan bahwa judul dan deskripsi video kamu menjelaskan dengan tepat mengapa mereka harus menonton konten kamu dan kembali lagi.

Kesimpulan

Untuk keberhasilan setiap channel YouTube, ada beberapa hal penting untuk melibatkan banyak pemirsa. Tidak peduli berapa lama kamu telah meluncurkan channel kamu, jika kamu mengikuti tips sederhana seperti di atas, kamu akan dapat dengan lancar meningkatkan pemirsa di channel YouTube kamu.

Juga, pastikan untuk mengedit video kamu menggunakan editor video YouTube yang bagus, untuk membuat video menarik yang terlihat selesai dengan baik dan profesional.

Indra DP
Indra DP

Tech Enthusiast. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.