--> Skip to main content

7 Tips Membuat Thumbnail yang Bisa Meningkatkan View YouTube


Tips Membuat Thumbnail YouTube

Mungkin kita semua sudah mencoba berbagai cara untuk membuat video YouTube bisa ditonton banyak orang. Tapi tetap saja penonton video kita tidak terlalu banyak. Cobalah untuk mengganti model thumbnail YouTube. Mungkin, dengan menggunakan thumbnail yang lebih menarik, maka akan lebih banyak penonton nantinya. 

Walau pun banyak orang yang menganggap tabu untuk menilai sesuatu dari sampul (thumbnail) saja, tapi tidak dengan YouTube. Di sini, banyak orang yang justru tertarik menonton setelah melihat thumbnailnya. 

Kebanyakan dari mereka bahkan tidak membaca judul dan memilih video berdasarkan thumbnailnya. Bahkan, menurut YouTube, lebih dari 90% video yang memiliki performa baik biasanya juga memiliki thumbnail yang dibuat sendiri.

Jadi, walaupun YouTube memiliki fitur untuk menggunakan thumbnail yang ada dari salah satu adegan di video, sebaiknya kita tetap menggunakan thumbnail yang dibuat sendiri.

Karena itu, membuat thumbnail yang sangat menarik harus dikerjakan dengan tepat agar menarik minat penonton.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa di coba untuk membuat sebuah thumbnail YouTube yang menarik: 

#1. Thumbnail berkualitas tinggi

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Pastikan untuk menggunakan thumbnail yang berkualitas tinggi. Dalam artian resolusinya tepat, ukurannya tepat, rasionya tepat, dan filenya juga tidak terlalu kecil.

Gunakan salah satu dari format JPG, GIF, BMP, atau PNG. Ukuran maksimal dari thumbnail adalah 1280x720 pixel.

Jangan menggunakan ukuran yang lebih besar, tapi ukuran tersebut tidak boleh lebih rendah dari 640x360 pixel. Rasio yang digunakan haruslah 16:9 dengan ukuran file tidak lebih dari 2MB (megabyte). 

#2. Gunakan foto jarak dekat

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Foto jarak dekat atau close-up akan lebih baik daripada thumbnail video yang menggunakan foto jarak jauh. Hal ini karena gambar dalam thumbnail berukuran sangat kecil di smartphone dan akan lebih sulit untuk melihat detail gambar dari foto jarak jauh. 

Menggunakan foto jarak jauh bisa membuat penonton melewati video karena memang tidak menarik. Sebaliknya, foto jarak dekat sangat bisa dengan mudah dilihat. 

#3. Tampilkan wajah 

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Otak manusia dengan mudah fokus pada wajah. Hal ini karena kebanyakan orang ingin menonton konten video yang diberikan dan dibuat oleh manusia, bukan oleh robot.

Ketika kita menggunakan wajah di dalam thumbnail, secara tidak langsung kita telah memberikan informasi bahwa manusialah yang mempresentasikan video tersebut. Gunakan foto ekspresi wajah di dalam video. Hal ini akan membuat thumbnail menjadi lebih menarik.

#4. Aturan “sepertiga” 

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Aturan “sepertiga” adalah aturan di mana kita perlu membagi tiga bagian dari thumbnail. Sisi kiri, sisi tengah, dan sisi kanan thumbnail. Untuk thumbnail, sebaiknya kita mengisi paling tidak dua pertiga bagian thumbnail dengan subyek yang paling penting seperti judul, atau caption singkat video yang menarik. Sisanya, kita bisa gunakan untuk menempatkan logo atau wajah kita sendiri sebagai kreator video.

#5. Gunakan font yang jelas

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Sama seperti di beragam aturan desain lainnya, font yang diguanakan haruslah font yang mudah dibaca, dan sebaiknya berukuran tebal atau bold. Hal ini agar tulisan di dalam thumbnail bisa dengan mudah dibaca di smartphone yang akan membuat ukuran thumbnail menjadi lebih kecil lagi. 

#6. Tampilkan hasil akhir

Tips Membuat Thumbnail YouTube

Untuk kalian yang membuat video cara membuat sesuatu, sebaiknya menggunakan video hasil akhir di dalam video. Cara memasak, cara membangun, cara menghasilkan, dan beragam tips lainnya akan lebih menarik jika diperlihatkan hasilnya dalam thumbnail

#7. Jangan menipu 

Click-bait adalah strategi yang bagus dan perlu untuk dilakukan dalam membuat thumbnail, sehingga bisa membuat orang ingin meng-klik video yang dibuat. 

Tapi, bukan berarti harus berbohong. Jangan menuliskan judul atau caption thumbnail yang tidak benar. Hal ini akan membuat para penonton malas untuk menonton video kita yang lainnya.
Indra DP
Indra DP

Seorang Freelance Graphic Designer dan Blogger. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.