--> Skip to main content

Telegram Resmi Luncurkan Fitur Group Video Call


Telegram Group Video Call

Kabar gembira bagi pengguna Telegram, setelah lama dinanti akhirnya Telegram resmi merilis fitur grup panggilan video (group video call) untuk platform-nya. Sebelumnya, fitur video call di Telegram ini hanya bisa dilakukan antara pengguna dengan satu pengguna Telegram lainnya.

Menurut Telegram, fitur panggilan video grup dapat langsung dilakukan di berbagai perangkat, baik smartphone, tablet, hingga desktop PC.

Untuk menggunakan fitur group video call di Telegram, pengguna cukup membuka profil salah satu grup, kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan, lalu pilih "Voice Chat" yang berupa icon gagang telepon. Jika panggilan sudah berlangsung, pengguna nantinya akan menemukan opsi "Switch Your Video On" yang berada di icon kamera untuk mengaktifkan kamera.

Fitur group video call di Telegram ini memungkinkan melakukan panggilan video secara bersamaan hingga 30 orang.

Telegram Group Video Call

Telegram juga menyertakan fitur bernama Screen Sharing. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna yang ingin membagikan tampilan group video call dari desktop PC atau smartphone pribadi mereka. Ini sangat berguna saat seseorang ingin melakukan presentasi di hadapan pengguna Telegram lainnya secara online.

Selain itu, untuk menunjang kejernihan suara saat panggilan group video call sedang berlangsung, Telegram juga menghadirkan fitur peredam bising (Noise Suppression) untuk menjaga kualitas audio tetap jernih. Pengguna bisa mengaktifkan fitur ini melalui toggle "Noise Suppression" di menu yang tersedia.

Sayangnya meski sudah diluncurkan, untuk saat ini fitur group video call hanya tersedia di Telegram versi iOS, desktop PC, dan tablet. Belum diketahui, kapan fitur ini akan bisa dicoba oleh pengguna Telegram Android. Jadi, kita tunggu saja.

Baca juga: Begini Cara Pindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.