Mirip TikTok, Instagram Reels Sudah Hadir di Indonesia


Instagram Reels

Beberapa hari lalu pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa mencoba fitur berbagi video pendek bernama Reels. Sebelumnya, fitur ini telah dirilis secara global sejak November 2019 lalu.

Reels di Instagram memiliki cara kerja yang sangat mirip dengan TikTok. Sebab, tampilan antarmuka Reels mirip seperti halaman "For Your Page" (FYP) yang ada di TikTok.

Pengguna pun bisa men-swipe layar ke atas untuk melihat konten video pendek selanjutnya yang dibuat pengguna lain, dan men-swipe layar ke bawah untuk melihat konten yang sudah dilihat sebelumnya.

Selain itu, sama seperti di TikTok, pengguna juga bisa memberikan like dan membagikan konten tersebut ke aplikasi lainnya. Penempatan tombol like, comment, dan share berada di sisi kanan video sama juga seperti di TikTok.

Untuk mengakses fitur Reels ini, tentunya pengguna harus mengupdate aplikasi Instagram ke versi terbaru. Setelah itu, maka pengguna akan menemukan tombol Reels yang berada di sisi bawah. Letak tombol tersebut berada diantara ikon "Search" dan "Shop".

Sedangkan untuk membuat video Reels, pengguna bisa meng-klik icon kamera yang berada di pojok kanan atas lalu pilih apakah ingin merekam video atau mengambil video yang tersimpan di galeri smartphone. Pengguna pun bisa memberikan efek, stiker, caption, musik, dan lain sebagainya di dalam video sebelum diupload.

Video yang telah diupload di Reels bisa dibagikan di Instagram Stories, Feeds, maupun Direct Message. Selain itu, video di Reels bisa disetting ke publik atau private.

Jika pengguna memilih opsi publik, video Reels bisa dilihat oleh pengguna lain di halaman khusus Reels yang dimuat pada menu Explore.

Sama seperti Instagram Stories, video di Reels akan otomatis menghilang setelah 24 jam. Namun pengguna masih bisa menyimpan Reels yang mereka buat dengan fitur Hightlights.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mencoba Reels ini?

Post a Comment (0)