--> Skip to main content

Xiaomi Mi Mix Fold Resmi Dirilis, Harganya Rp 20 Jutaan!


Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi baru saja resmi meluncurkan smartphone lipat pertamanya yang diberi nama Mi Mix Fold dalam acara peluncuran yang digelar di China.

Penggunaan nama Mi Mix bukanlah hal yang baru bagi Xiaomi. Sebab, Xiaomi sebelumnya juga menggunakan Mi Mix pada ponsel futuristiknya, yakni Mi Mix Alpha yang memiliki layar yang mengelilingi seluruh bodinya.

Baca juga: Xiaomi Mi MIX Alpha Resmi Dirilis dengan Desain Berbalut Layar dan Kamera 108 MP!

Kembali ke Mi Mix Fold, ponsel ini mengusung desain yang umum ditemukan di ponsel lipat, seperti Samsung Galaxy Z Fold2 dan Huawei Mate X, yakni memiliki layar besar yang bisa dilipat seperti buku.

Untuk spesifikasi Mi Mix Fold, layar utama ponsel lipat ini mengusung layar OLED berbentang 8,01 inchi dengan resolusi 2.480 x 1.860 pixel. Layar ini diklaim sanggup di lipat-buka hingga 200.000 kali.

Sedangkan bagian luar, terdapat sebuah layar sekunder berukuran 6,52 inchi dengan refresh rate 90Hz. Di bagian kanan atas layar ini ada sebuah punch-hole untuk memuat kamera depan 20 MP.

Sektor dapur pacu, Mi Mix Fold diotaki oleh prosesor teranyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Chipset tersebut dipadukan dengan dua konfigurasi RAM dan penyimpanan, 12GB/256GB dan 16GB/512GB. Ponsel lipat ini ditopang oleh baterai berkapasitas 5.020 mAh, yang sudah mendukung fast charging 67 watt.

Untuk urusan fotografi, Mi Mix Fold dibekali tiga kamera belakang, masing-masing kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 13 MP (f/2.4), dan kamera telefoto 8 MP.

Xiaomi Mi Mix Fold

Satu hal yang menarik, kamera telefoto di Mi Mix Fold ini menggunakan teknologi lensa cair (liquid display), sehingga memungkinkan pengguna memotret objek dari jarak fokus dekat 3 cm, zoom optik 3x, atau zoom hybrid 30x.

Untuk fitur lainnya, Mi Mix dilengkapi dengan sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol power dan speaker besutan Harman Kardon. Sayangnya ponsel lipat ini tidak dibekali dengan slot MicroSD dan port jack audio 3.5mm.

Mi Mix Fold bakal dijual di pasar China mulai 16 April 2021 mendatang. Untuk harganya, Mi Mix Fold varian 12GB/256GB dibanderol seharga 9.999 Yuan (sekitar Rp 20,9 jutaan). Sedangkan varian 16GB/512GB dibanderol dengan harga 12.999 Yuan (sekitar Rp 27,2 jutaan).

Belum ada informasi lebih lanjut apakah ponsel lipat pertama dari Xiaomi ini juga bakal dirilis untuk pasar global, termasuk Indonesia, atau tidak.

Indra DP
Indra DP

Seorang opreker Android yang hobi rebahan. Suka berbagi pengalaman dan informasi seputar dunia teknologi.