25 February 2019

Smartphone Layar Lipat Huawei Mate X Resmi Diperkenalkan dengan Dukungan 5G


Huawei Mate X

Setelah Samsung dengan Galaxy Fold, kini giliran Huawei juga turut memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya yang bernama Huawei Mate X di ajang Mobile World Congress (MWC 2019) yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Mate X datang dengan panel layar OLED seluas 8 inchi saat dibentangkan dengan ketebalan perangkat hanya 5,4 mm. Namun jika dilipat, layarnya akan berubah menjadi seluas 6,6 inchi dan ketebalannya menjadi 11 mm.

Huawei Mate X

Selain itu, desain Mate X juga didukung oleh dengan teknologi Falcon Wing Mechanical Hinge yang menciptakan keseimbangan antara teknologi dan estetika.

Untuk sektor fotografi, Mate X dibekali dengan tiga kamera utama dan dua kamera didepan. Semua lensa kamera Mate X tersebut menggunakan lensa Leica. Sayangnya Huawei tidak menyebutkan berapa besar sensor kamera yang diusung perangkat layar lipatnya ini.

Huawei Mate X

Sedangkan untuk urusan performanya, Mate X ditenagai oleh prosesor Hisilicon Kirin 980, RAM 8GB, dan memori internal 256GB serta dukungan slot khusus nano memory card. Untuk catu dayanya, Mate X ditopang oleh baterai berkapasitas 4500 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat Huawei SuperCharge 55W.

Hal menarik lainnya, Mate X juga telah mendukung konektivitas 5G yang didukung chipset modem multi-mode 7 nanometer Balong 5000.

Bicara soal harga, Huawei bakal membanderol Mate X dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan Galaxy Fold, yakni seharga 2999 Euro atau sekitar Rp 36 jutaan. Mate X dijadwalkan akan segera tersedia mulai pertengahan tahun ini.